Yuk, Membuat Cendol Nutrijel Untuk Berbuka Puasa

Siapa yang suka dengan makan es cendol? saya dan keluarga suka sekali dengan jenis minuman ini karena rasanya yang manis dan gurih. Es cendol nikmat sekali diminum saat cuaca sedang panas atau sebagai minuman pembuka untuk berbuka puasa.

Baca juga : 5 Resep Pilihan Segar Untuk Berbuka Puasa

Tekstur cendol yang kenyal dan berwarna hijau dipadukan dengan air gula merah dan santan membuat cendol disukai banyak orang. Banyak penjual yang menambahkan es cendol dengan varian topping yang beraneka ragam seperti dengan remahan biskuit, bobba, cokelat sampai menambahkan alpukat.

Tidak hanya di Indonesia, cendol juga populer di Asia Tenggara seperti Brunei, Cambodia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Myanmar. Cendol yang dijual umumnya berwarna hijau tetapi jika anda membuatnya sendiri anda bisa bereksperimen dengan warna-warna lain yang lebih menarik, kali ini saya akan membagikan kepada anda cara membuat cendol dari nutrijel yang dijamin berhasil dan rasanya enak

Cek promo Nutrijel disini

Sumber : Dokumentasi pribadi

Bahan-bahan :

A. Bahan untuk membuat cendol

1 sachet agar-agar nutrijel plain

500 ml air

5 sendok makan tepung beras

2-3 tetes pewarna makanan hijau

1/4 sendok teh garam

B. Bahan untuk membuat air gula

500 ml air

2-3 buah gula merah

1-2 sendok makan gula pasir, diiris-iris

1 lembar daun pandan

C. Bahan untuk membuat air santan

1 santan kara @65ml

130 ml air

1 lembar daun pandan

Secukupnya susu kental manis

Secukupnya es batu

Sumber : Dokumentasi pribadi

Cara buat :

A. Cara membuat cendol

  1. Campurkan tepung beras, garam dan air, aduk sampai rata
  2. Masukkan nutrijel, aduk kembali
  3. Nyalakan api sedang, masak sambil terus diaduk sampai cendol meletup-letup dan mengkilap
  4. Dinginkan adonan sebentar, lalu siapkan piping bag plastik dan gunakan spuit dengan bentuk kembang
  5. Siapkan air es dalam mangkuk, semprotkan adonan ke air es dengan bentuk yang didinginkan. Boleh bentuknya agak besar atau sama persis seperti cendol yang umumnya dijual di pasaran.

B. Cara membuat santan

  1. Masukkan santan, air, daun pandan, dan garam ke dalam panci
  2. Masak dengan api sedang sampai mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah

C. Cara membuat air gula

  1. Masukkan air, sisiran gula merah, gula pasir, dan daun pandan ke dalam panci
  2. Masak sampai air mendidih atau sampai gula merahnya larut
  3. Lalu saring, sisihkan

Penyajian Cendol Nutrijel :

Siapkan gelas, isi dengan es batu kemudian masukkan air gula, cendol, santan cukup dua sampai dengan tiga sendok makan dan secukupnya susu kental manis. Es cendol homemade siap disajikan.

Daripada beli dengan membuat sendiri anda bisa menyajikan es cendol empat sampai dengan enam gelas sedang, selain itu es cendol homemade ini bisa menjadi salah satu usaha musiman di bulan Ramadan tahun ini.

Bisnis Musiman di Bulan Ramadan Dan Hari Raya Idul Fitri

Batasi mengonsumsi minuman ini secukupnya. dr. Ida Gunawan, MS, SpGK(K), dokter spesialis gizi klinis menyebutkan dalam program Ayo Sehat di TvOne. “salah satu efek dari minum es cendol adalah dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh dengan cepat.”

Kandungan dari tepung beras yang merupakan karbohidrat, masuk kedalam tubuh diubah menjadi glukosa. Otomatis kadar gula akan naik, selain itu dalam segelas es cendol ukuran sedang terkandung 285 kalori yang dapat menyebabkan obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencoba membuatnya? siapkan bahan-bahannya dengan membuat daftar belanja di aplikasi Kliptalog dan dapatkan informasi harga promo di Hemat.id, jangan lupa bagikan cerita re-cook anda di kolom komentar di bawah ini.

Sumber :

id.wikipedia.org