Perbandingan Belanja Online di Alfamart vs Indomaret vs Shopee vs Tokopedia

Sudah memasuki tahun 2023, seperti biasa saat masuk tahun yang baru sebagian orang membuat resolusi-resolusi yang ingin dicapai. Khususnya resolusi kuangan. Supaya bisa menabung atau menyiapkan dana darurat, salah satu yang bisa kita lakukan adalah menerapkan gaya hidup hemat. Walaupun belanja kebutuhan sehari-hari tetap perlu ada, seperti minyak goreng, beras, dan semacamnya, bisa nggak ya lebih hemat?

Bisa, kita bisa lebih hemat dengan mempertimbangkan harga-harga produk yang lebih murah dari biasanya. Salah satu website yang sangat membantu saya adalah hemat.id. Saya dapat menemukan harga terhemat untuk kebutuhan sehari-hari saya dengan mudah. Ditambah lagi dengan adanya fitur terbaru dari hemat.id, yaitu menampilkan perbandingan harga dari berbagai supermarket seperti Alfamart dan Indomaret dengan harga di toko online yang popular seperti Shopee dan Tokopedia. Contohnya seperti harga kecap manis dimana yang paling murah saya bisa lihat di hemat.id.

#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga kecap terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga kecap di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga kecap terhemat

 

Jadi saya bisa menentukan dimana saya perlu membeli sembako. Apakah saya perlu belanja di toko online seperti Shopee atau Tokopedia ataukah saya perlu pergi ke supermarket offline seperti Alfamart dan Indomaret ataupun saya bisa belanja di aplikasi supermarket yang tersedia seperti Alfagift dan Klik Indomaret. Contohnya saya mau berbelanja kebutuhan sehari-hari. Tapi kira-kira mana yang paling hemat dari segi ongkos kirim, durasi pengiriman, dan ketersediaan varian produk. Simak selengkapnya di sini.

Perbandingan cara mendaftar, mana yang paling mudah?

Sama seperti aplikasi handphone pada umumnya, Anda perlu men-download terlebih dahulu di Google Play Store untuk pengguna Android ataupun di App Store untuk pengguna Apple. Di sini saya hanya menjelaskan untuk pengguna Android saja. 

Daftar akun di Alfagift, Klik Indomaret, Shopee & Tokopedia

Cara mendaftar di Alfagift & Klik Indomaret

Setelah men-download di Google Play Store, untuk mendaftar di Alfagift ataupun Klik Indomaret, Anda memerlukan nomor HP. Kemudian Anda perlu memeriksa dan memasukan kode OTP dari SMS sebagai verifikasi. Setelah itu, tinggal mengisi data diri seperti nama, email, tanggal lahir, jenis kelamin, dan buat kata sandi. Nah, Anda sudah bisa memulai belanja online Alfamart atau Indomaret.

Cara mendaftar di Shopee & Tokopedia

Berbeda dengan Alfagift/ Klik Indomaret, mendaftar di Shopee dan Tokopedia memiliki metode lain selain menggunakan nomor HP. Di aplikasi Shopee, Anda bisa mendaftar dengan WhatsApp, mendaftar dengan Google, ataupun mendaftar dengan Facebook. Sedangkan di aplikasi Tokopedia, Anda bisa mendaftar dengan akun Google. Jika Anda memilih mendaftar menggunakan akun Google atau akun Facebook, maka akan diarahkan untuk menghubungkan akun Google/Facebook milik Anda. Sedangkan jika mendaftar menggunakan alamat email atau nomor handphone, Anda perlu memasukan kode OTP untuk verifikasi dan melengkapi data diri. Setelah itu, Anda tinggal mengatur kata sandi dan bisa berbelanja online di Shopee atau Tokopedia. 

Mendaftar menggunakan akun Google atau akun Facebook bisa lebih cepat karena tidak perlu menunggu kode OTP dan biasanya nama akun akan disesuaikan dengan yang ada di Google ataupun Facebook. Namun, apabila tidak terbiasa dengan Google atau Facebook, mendaftar menggunakan nomor handphone lebih baik dan lebih mudah diikuti langkah-langkahnya. Anda tipe yang mana?

Perbandingan berdasarkan cara belanja & pillihan produk

Pada dasarnya, cara belanja di berbagai toko online hampir sama. Langkahnya seperti melakukan pencarian produk yang ingin dibeli, memasukkan ke keranjang, pilih metode pembayaran, dan checkout. Yang membedakan adalah pilihan varian produk, harga, pengiriman, dan metode pembayaran. Seperti saat melakukan pencarian produk, Shopee dan Tokopedia memiliki berbagai macam varian harga dari berbagai seller untuk satu varian produk tertentu. Sedangkan Alfagift dan Klik Indomaret hanya tersedia satu pilihan harga untuk satu varian produk tertentu.

Daftar kategori Alfagift, Klik Indomaret, Shopee & Tokopedia

Pilihan produk dan tips belanja di Alfagift & Klik Indomaret

Alfagift dan Klik Indomaret cocok untuk mencari produk kebutuhan sehari-hari yang umum dan ringan, seperti minyak goreng, beras, kecap, cemilan. Variasi produknya juga dibatasi sesuai dengan apa yang tersedia di toko terdekat dari lokasi Anda. Contohnya seperti Siip Minyak Goreng yang tidak ditemukan di Alfagift dan Klik Indomaret. Dan biasanya berbeda lokasi, berbeda juga stok yang tersedia. Contohnya apabila produk X sedang promo dengan harga paling murah, saat Anda cari di aplikasi Alfagift/Klik Indomaret tidak ada stok untuk produk X di cabang tertentu. Namun saat Anda pindah lokasi cabang, produk X tersedia sehingga bisa dibeli secara online. Supaya Anda tidak ketinggalan informasi promo terhemat, Anda bisa cek setiap Jum’at pagi untuk promo JSM Alfamart & Indomaret di hemat.id.

Pilihan produk dan tips belanja di Shopee & Tokopedia

Sedangkan Shopee dan Tokopedia, seperti yang kita semua ketahui, adalah tempat berkumpulkan seller-seller lokal hingga seller luar negeri yang menjual berbagai macam produk secara online, dari kebutuhan pokok, produk kecantikan, elektronik, dan lain sebagainya. Namun, kita sebagai pengguna perlu lebih jeli dalam memilih seller sehingga apa yang kita beli benar-benar bisa dipercaya. Anda bisa pastikan melalui ulasan-ulasan produk, sehingga Anda bisa yakin bahwa apa yang tertera di gambar sesuai dengan apa yang akan kita dapatkan. 

Perbandingan gratis ongkir, syarat minimal belanja berapa yang paling murah?

Hampir semua toko online menyediakan layanan gratis ongkir, namun biasanya diikuti dengan syarat minimal nominal belanja tertentu. Beda toko online, dapat berbeda persyaratan minimal belanja. Nah, ada tidak ya yang tanpa minimal belanja tertentu?

Syarat gratis ongkir belanja di Alfagift, Klik Indomaret, Shopee & Tokopedia

Apakah belanja di Alfagift gratis ongkir?

Ya, belanja di Alfagift gratis ongkir tanpa minimal belanja, lho. Gratis ongkir tanpa syarat ini berlaku karena apa yang kita beli di Alfagift akan dikirim oleh cabang Alfamart terdekat dari alamat yang kita cantumkan dan diantar oleh kru toko Alfamart sendiri (bukan melalui jasa pengiriman seperti J&T, JNE, atau semacamnya). Tim kami mencoba untuk membeli Cotton Bud seharga Rp5.500 dan benar bahwa total ongkos kirimnya adalah Rp0.

Gratis ongkir belanja di Alfagift

Gratis ongkir Klik Indomaret minimal berapa?

Untuk mendapatkan gratis ongkir dari belanja di Klik Indomaret, Anda perlu berbelanja dengan minimal pembelanjaan produk kebutuhan sehari-hari Rp100.000 kecuali pembelian Elpiji maupun Bright gas tabung. Apabila Anda berbelanja kurang dari Rp100.000, maka Anda akan dikenakan ongkir sebesar Rp5.000. Namun, untuk dapat berbelanja di Klik Indomaret, Anda perlu checkout minimal Rp50.000. Tim kami mencoba berbelanja air mineral di Klik Indomaret dengan nominal Rp50.500 dan dikenakan ongkir Rp5.000.

Perbandingan ongkir dari belanja kurang dari 100.000 dan belanja lebih dari 100.000 di Klik Indomaret
#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga air mineral terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga air mineral di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga air mineral terhemat

 

Shopee gratis ongkir minimal belanja berapa?

Apabila Anda belanja di hari spesial seperti tanggal 1 Januari, 2 Februari, 3 Maret, dan semacamnya, biasanya bisa mendapatkan gratis ongkir dengan minimal belanja Rp0. Namun, apabila Anda berbelanja Shopee bukan di hari spesial, maka untuk memperoleh gratis ongkir, Anda perlu berbelanja minimal Rp40.000. Gratis ongkir yang didapatkan adalah diskon ongkir sebesar Rp15.000. Jadi, dengan biaya kirim sebesar Rp20.000, Anda bisa membayar hanya Rp5.000 untuk minimal belanja Rp40.000. Atau Anda bisa membayar ongkir Rp0 apabila Anda berbelanja minimal Rp80.000 atau Rp120.000 (tergantung kebijakan gratis ongkir terbaru dari Shopee).

Perbandingan syarat gratis ongkir dari belanja di Shopee pada hari biasa vs pada hari spesial

Gratis ongkir Tokopedia setiap tanggal berapa?

Tokopedia memberikan gratis ongkir setiap hari namun dengan nominal minimal belanja yang berbeda. Setiap tanggal 25 sampai akhir bulan (periode Waktu Indonesia Belanja) dan setiap tanggal 9-12 (periode GoPay Kebut), gratis ongkir di Tokopedia bisa diperoleh hanya dengan minimal belanja Rp20.000. Sedangkan pada hari biasa, minimal belanja yang dikenakan untuk dapat gratis ongkir adalah sebesar Rp50.000. Apabila Anda melakukan pengiriman belanja Anda dari pulau yang sama, maka Anda dapat memperoleh diskon ongkir maksimal Rp20.000. Namun, apabila pengiriman dilakukan dari pulau yang berbeda, maka Anda dapat memperoleh diskon ongkir maksimal Rp40.000.

Belanja di Alfagift atau Klik Indomaret, untuk menggunakan layanan gratis ongkir kita tidak perlu klaim voucher apapun, karena sudah otomatis terhitung apabila memenuhi syarat bebas ongkir. Sedangkan untuk menggunakan layanan gratis ongkir di Shopee atau Tokopedia, kerap kali memerlukan untuk klaim voucher gratis ongkir atau bebas ongkir sebelum checkout.

Perbandingan pilihan kurir dan durasi pengiriman

Setiap belanja online, sebagian orang tidak sabar untuk paket belanjaannya segera sampai di lokasi tujuan. Apabila kita tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta atau Bandung di mana sebagian besar lokasi pengiriman belanja online ada di kota yang sama, sangat memungkinkan untuk memilih layanan instant delivery atau same day delivery. Namun setiap aplikasi belanja online biasanya memiliki ketentuan yang berbeda-beda terkait pilihan layanan pengiriman.

Tipe layanan pengiriman Alfagift, Klik Indomaret, Shopee & Tokopedia

Berapa lama pengiriman belanja di Alfagift?

Pengiriman akan dilakukan 1 jam setelah pembayaran diterima untuk produk yang tersedia di toko. Ketentuan tersebut berlaku apabila kita berbelanja di Alfagift dalam waktu operasional toko yaitu dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam. Pesanan akan dikirim oleh kru toko tersebut. Biasanya pesanan sudah sampai kurang dari 1 x 24 jam. Cepat atau lama pengiriman cenderung tergantung jarak alamat kita dari toko ataupun tergantung dengan banyaknya daftar pesanan yang masuk ke toko tersebut. Namun, apabila produk yang kita beli bukan berasal dari toko, melainkan dari gudang atau merupakan produk Alfagift Fresh, maka pengiriman akan dilakukan H+1 setelah pembayaran diterima.

Berapa lama pesan di Klik Indomaret?

Anda akan menerima pesanan dalam 4-6 jam setelah pembayaran diterima untuk produk grocery. Anda juga bisa memilih kapan pesanan Anda perlu dikirimkan, apakah Anda ingin dikirim hari ini, atau besok, sampai 7 hari ke depan. Sedangkan untuk produk selain grocery yang bukan dari toko, akan dikirimkan melalui layanan IndoPaket atau bisa Anda ambil di toko Indomaret langsung.

Berapa lama pengiriman barang di Shopee & Tokopedia?

Shopee maupun Tokopedia memiliki beberapa tipe layanan pengiriman yang bisa kita atur sesuai dengan durasi yang kita butuhkan ataupun sesuai dengan biaya kirim yang kita inginkan. Tipe layanan pengiriman di Shopee dan Tokopedia hampir sama.

  • Dikirim dalam satu hari, seperti layanan instant delivery dan same day delivery
    Ada layanan instant delivery yang dalam beberapa jam pesanan sudah bisa diterima, atau same day delivery yang maksimal 8 jam sejak paket diterima kurir. Biasanya layanan tersebut menggunakan jasa GoSend, GrabExpress, atau Shopee Xpress khusus Shopee. Layanan ini cenderung hanya tersedia untuk pengiriman dalam satu daerah, tergantung area pengantaran.
  • Diterima keesokan harinya, yaitu layanan next day delivery
    Pesanan akan Anda terima maksimal 1 hari setelah paket diterima oleh kurir. Jasa pengiriman dengan layanan next day ada JNE atau SiCepat untuk belanja di Shopee. Sedangkan di Tokopedia menggunakan SiCepat, AnterAja, JNE, Tiki, Paxel tergantung seller.
  • Diterima dalam durasi 2-9 hari, seperti layanan regulerekonomi/hemat, dan kargo
    Tipe layanan yang biasa dipilih orang yang tidak buru-buru menerima paket. Biasanya menggunakan jasa Shopee Xpress, J&T, SiCepat, Pos Kilat Khusus, Ninja Xpress, ID Express, JNE, AnterAja untuk Shopee. Sedangkan Tokopedia menggunakan jasa SiCepat, J&T, AnterAja, JNE, Tiki, Lion Parcel, Pos Indonesia, Wahana, REX, Ninja Xpress, atau Kurir Rekomendasi.

Perbandingan metode pembayaran

Metode pembayaran di Alfagift, KlikIndomaret, Shopee, dan Tokopedia hampir sama. Bisa dilakukan dengan COD (Cash On Delivery), ataupun dengan dompet digital seperti GoPay (kecuali Shopee), ShopeePay (kecuali Tokopedia), ataupun Bank Transfer, ataupun Credit Card/Debit Online. Yang membedakan adalah masing-masing memiliki coin/poin digital yang bisa digunakan untuk pembayaran. Seperti Alfagift memiliki A-Poin, Klik Indomaret memiliki Poinku, Shopee memiliki Shopee Koin, Tokopedia terhubung dengan GoPay Coins. 

  • Alfagift : Cash On Delivery (COD), Shopeepay, GoPay, Virgo, BCA Virtual Account, Mandiri Virtual Account, Transfer Bank Lainnya, Credit Card/Debit Online
  • Klik Indomaret : i.saku, Visa, Mastercard, JCB, BCA, CIMB Niaga, Mandiri, BNI, BCA Klik Pay, Rekening Ponsel, Akulaku PayLater, Indomaret, Cash On Delivery, Bank BRI
  • Shopee : ShopeePay, SPayLater, Cash On Delivery (COD), Transfer Bank/Virtual Account, Kartu Kredit/Debit, cicilan Kartu Kredit, BRI Direct Debit, OneKlik, Mitra Shopee, Agen BRILink, BNI Agen46, Alfamart, Indomaret, dan Akulaku PayLater
  • Tokopedia : GoPay, GoPay Point, Saldo Tokopedia, GoPayLater, OVO, Virtual Account, Transfer Bank, BRI Ceria, BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, LinkAja, BRImo, Jenius Pay, Cicilan/Kartu Kredit, Gerai, JakOne Mobile, Cicilan tanpa kartu kredit, Kredivo, Indodana, Home Credit, Cash On Delivery (COD)

Perbandingan harga produk, mana yang lebih hemat?

Untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti minyak goreng, beras, susu, popok anak, dan sebagainya, sudah tersedia banyak pilihan tempat untuk membeli yang bisa kita tentukan dan pertimbangkan. Terutama pertimbangan dalam hal harga. Toko online seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya sering menawarkan diskon khususnya saat hari spesial seperti 1.1, 2.2, 3.3 dan seterusnya. Sehingga toko online bisa menjadi pertimbangan untuk membeli kebutuhan pokok secara online. Namun, dibandingkan dengan beli di minimarket yang biasa menjadi tempat belanja groceries paling dekat selain warung/pasar, mana ya yang lebih hemat? Apakah lebih hemat beli di Alfagift/ Klik Indomaret atau beli di Shopee/ Tokopedia?

Untuk menentukan beli kebutuhan pokok di mana yang hemat, kini bisa lebih mudah karena di hemat.id tersedia informasi perbandingan harga untuk memudahkan Anda berhemat. Anda juga bisa langsung segera membeli dengan klik “Beli sekarang di Indomaret” atau “Beli sekarang di Shopee” atau toko lainnya, maka Anda akan diarahkan ke situs/aplikasi belanja online tersebut. 

Contohnya, beli susu kental manis Indomilk ternyata lebih hemat di Alfagift atau Klik Indomaret saat sedang ada promo. Apabila tidak ada promo Rp13.400 di bawah ini, beli di Shopee lebih hemat.

Contoh lainnya, beli popok bayi Sweety Silver Pants lebih hemat di Shopee atau Tokopedia, kemungkinan karena belum ada promo di Alfagift atau Klik Indomaret.

Kesimpulan

Perbandingan belanja kebutuhan di Alfagift, Klik Indomaret, Shopee dan Tokopedia
  Cara daftar Pilihan produk Syarat gratis ongkir Durasi pengiriman sejak transaksi lunas
Alfagift Menggunakan nomor ponsel Kebutuhan pokok Tanpa syarat 1 jam – 1 x 24 jam
Klik Indomaret Menggunakan nomor ponsel Kebutuhan pokok Minimal belanja Rp100.000 4 – 6 jam
Shopee Menggunakan nomor ponsel/ WhatsApp/ Google/ Facebook Beraneka ragam: kebutuhan pokok, elektronik, furnitur, fashion dll

Minimal belanja Rp0 di hari spesial

Minimal belanja Rp40.000 di hari biasa

Instant delivery (3 jam – 1 hari) – regular delivery (2-9 hari tergantung S&K)
Tokopedia Menggunakan nomor ponsel/ Google Beraneka ragam: kebutuhan pokok, elektronik, furnitur, fashion dll

Minimal belanja Rp20.000 di periode spesial

Minimal belanja Rp50.000 di periode reguler

Instant delivery (3 jam – 1 hari) – regular delivery (2-9 hari tergantung S&K)

Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Alfagift dan KlikIndomaret lebih cocok untuk berbelanja kebutuhan yang memang pokok namun tidak sanggup untuk keluar rumah melangkah ke minimarket terdekat. Sedangkan Shopee dan Tokopedia lebih cocok untuk berbelanja kebutuhan yang banyak/besar atau yang tidak bisa dibeli di minimarket. Namun berdasarkan harga, harga di minimarket online mungkin bisa lebih hemat dibandingkan di toko online apalagi saat sedang promo JSM. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan promo JSM Alfamart dan Indomaret, sehingga Anda bisa gercep belanja kebutuhan sehari-hari dengan harga hemat.

Yang saya suka dari Shopee dan Tokopedia, karena ada cashback atau poin yang bisa digunakan untuk berbelanja lagi terutama saat kita belanja dengan nominal transaksi yang cukup tinggi. Walaupun memang ongkos kirimnya lumayan saat berbelanja bukan di promo spesial seperti 12.12, 1.1, 2.2. Suami saya sering berbelanja di Tokopedia, karena untuk keperluan pekerjaanya dengan nominal yang cukup mahal sehingga bisa dapat cashback atau poin yang lumayan besar juga. Sedangkan saya lebih sering berbelanja di Shopee karena nominal belanja saya sedikit, dan dulu sering dapat ongkos kirim gratis tanpa ada batas minimal belanja. Tapi sekarang sudah susah mendapatkan ongkos kirim gratis tanpa minimal belanja karena cuma ada di periode tertentu saja.

Saya juga sudah sering menggunakan aplikasi Alfagift dan Klik Indomaret walaupun kedua lokasi minimarket ini tidak jauh dari rumah. Selama menggunakan pelayanannya, saya sangat merasa puas. Alfagift akan memberitahukan jika akan ada keterlambatan dan saya selalu menerima barang pesanan saya kurang lebih 1 jam atau sesuai dengan jadwal yang diberikan kepada saya melalui WhatsApp. Apalagi gratis ongkir tanpa minimal belanja. Berbeda dengan Klik Indomaret, Anda harus berbelanja minimal Rp100.000 baru akan mendapatkan ongkos kirim gratis, triknya adalah mengajak teman atau tetangga untuk ikut sekalian berbelanja agar mendapatkan ongkos kirim gratis. Anda juga bisa menggunakan poin untuk memotong total biaya belanja.

Mau di Shopee, Tokopedia, Alfagift atau Klik Indomaret, saya lihat harga yang paling hemat dulu di hemat.id, baru saya bisa tahu dimana belanja yang paling menguntungkan. Bagaimana pengalaman Anda saat berbelanja di salah satu platform berbelanja di atas? Bagikan di kolom komentar di bawah untuk bisa saling berbagi tips atau bahkan berbagi link voucher yang Anda temukan.