Rekomendasi Sarden dan Makanan Instan untuk Menu Sahur Simple

Mempersiapkan menu sahur perlu mempertimbangkan waktu untuk memproses masakan, bagaimana supaya dapat disajikan tepat waktu. Demi kepraktisan, makanan instan bisa menjadi pilihan menu sahur. Namun ada kekhawatiran yang sering sekali menjadi perhatian, apakah kandungan nutrisi dalam makanan instan dapat memenuhi kebutuhan tubuh selama menjalankan puasa seharian. Makanan instan identik dengan kandungan gula dan garam yang tinggi sehingga biasanya tidak dapat memberikan asupan nutrisi yang memadai untuk tubuh.

Namun, saat ini sudah banyak tersedia produk makanan instan yang sudah diperkaya dengan nutrisi tambahan seperti serat, protein, vitamin dan mineral. Misalnya, sahur dengan sereal instan yang diperkaya dengan serat dan vitamin, atau sarden kalengan yang kaya akan protein dan omega-3. Memilih makanan instan yang bergizi untuk sahur adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh selama berpuasa. Apalagi anda bisa mencari referensi resep di internet dengan bahan utama makanan instan. Berikut beberapa pilihan makanan instan yang cocok untuk sahur dan memiliki kandungan nutrisi yang seimbang:

1. Sarden kaleng

Ikan sarden adalah jenis ikan yang berminyak berukuran kecil, biasanya ditemukan di sekitar pulau Sardinia di Mediternia. Ikan sarden kaya akan vitamin dan mineral, dalam satu sajian ikan sarden dapan memenuhi 13% kebutuhan vitamin B, 25% niasin, dan 150% kebutuhan vitamin B12. Ikan sarden juga kaya akan mineral fosfor, kalsium, natrium besi dan selenium karena tulangnya pun dapat dimakan. Sarden juga merupakan sumber alami asam lemak omega-3 yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Merupakan sumber vitamin D, kalsium dan juga protein baik.

Apakah ikan sarden kaleng sudah matang?

Ya, ikan sarden kaleng siap disajikan langsung, karena sarden sudah dimasak terlebih dahulu sebelum dikemas ke dalam kaleng. Namun ikan sarden kemasan akan lebih enak apabila dikonsumsi saat hangat, sehingga saya lebih menyarankan untuk memanaskan terlebih dahulu sebelum disajikan. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan pendukung lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, cabe dan sedikit air untuk mengurangi kandungan garam dan gula.

Pilihan merek sarden untuk menu sahur

Berikut beberapa pilihan merek sarden kaleng yang bisa Anda jadikan menjadi menu sahur praktis:

ABC Sardines

ABC Sardines merupakan salah satu produk andalan yang diproduksi oleh perusahaan Kraft Heinz ABC Indonesia. ABC Sardines mengandung 51% ikan sarden, gula, garam, bawang putih, bawang merah dan tambahan bahan lainnya sesuai dengan variannya. Umur simpannya pun cukup panjang, yaitu 24 bulan. Berikut 3 jenis varian saus dari sarden ABC:

  • Tomat, tersedia dalam ukuran 155 gr & 425 gr
  • Cabai, tersedia dalam ukuran 155 gr & 425 gr
  • Extra Pedas, tersedia dalam ukuran 155 gr & 425 gr

Sarden merek ini adalah salah satu merek sarden kemasan kaleng yang sering saya beli, mudah didapat, sausnya lumayan kental & banyak, cocok di lidah dan potongan ikan sardennya juga lumayan besar.

Cek Promo Harga Abc Ikan Kaleng Terbaru Minggu Ini

Fiesta Sarden

Salah satu produk andalan dari CP Prima Seafood, pasti Anda sudah sering sekali mendengar nama merek ini. Saya tidak terbiasa membeli produk ini, namun saat saya makan sarden fiesta rasanya cukup enak dengan saus yang lumayan kental dan banyak, ukuran ikan sardennya standar dan harganya terjangkau. Fiesta Sarden mengandung ikan dengan 40% pasta tomat, 1.7% cabai kecil, 0.89% cabai besar, gula, garam, penguat rasa, paprika, merica, dan pengatur keasaman asam asefat. Saat ini sarden Fiesta hanya memiliki satu varian rasa, yaitu varian saus cabai dengan berat kemasan kaleng 155 gram. Tersedia juga Fiesta Makarel rasa saus cabai dalam ukuran 425 gram.

Cek Promo Harga Fiesta Seafood Ikan Kaleng Terbaru Minggu Ini

King’s Fisher Sarden

Sarden King’s Fisher 100% asli Indonesia hasil produksi PT. Bali Maya Permai Food Canning Industry yang terletak di Bali. King’s Fisher Sarden mengandung 55% ikan sarden, air, gula, pasta tomat, minyak sayur, bawang merah, bawang putih, garam, pati modifikasi, penguat rasa dan jahe.

Sumber : https://www.kingsfisher.co.id/

Dilengkapi dengan 6 jenis varian rasa, yaitu :

  • Sambal Bangkok, tersedia ukuran : 155 gr & 424 gr
  • Sambal Hijau, tersedia ukuran : 155 gr & 424 gr
  • Goreng Saus Kecap, tersedia ukuran : 155 gr & 424 gr
  • Goreng Balado, tersedia ukuran : 155 gr & 424 gr
  • Saus Tomat, tersedia ukuran : 155 gr & 424 gr
  • Saus Sambal, tersedia ukuran : 155 gr & 424 gr

Produk sarden ini potongan ikannya cukup besar tapi hanya 3 potong, sausnya cukup encer, harganya terjangkau, tetap enak walau hanya dihangatkan dan langsung dikonsumsi dan tidak amis. Selain itu, King’s Fisher juga memproduksi makarel kaleng dan tuna kaleng.

Cek Promo Harga Kings Fisher Ikan Kaleng Terbaru Minggu Ini

Maya Sarden

Sarden Maya berisi saus kental dengan potongan daging berjumlah 4 buah dan lumayan besar. Tulang ikannya empuk tapi potongan daging suka pecah saat dimasak. Sebagai salah satu pelopor sarden PT Maya Muncar tidak hanya memproduksi sarden tapi juga makarel dan juga tuna kaleng. Terdapat 2 jenis varian rasa, yaitu :

  • Saus cabe, tersedia dalam ukuran 155 gr & 424 gr
  • Saus tomat, tersedia dalam ukuran 155 gr & 424 gr

Produk sarden ini mudah sekali untuk ditemukan baik di warung, minimarket sampai ke supermarket.

Cek juga Harga Maya Ikan Kaleng dan Promo Terbaik Hari ini

2. Sosis

Selain rasanya enak makanan instan berikut ini, sangat praktis untuk disajikan sebagai lauk sahur untuk anak-anak tanpa perlu ribet. Anda tinggal memanggangnya atau menggoreng lalu dioleskan dengan bumbu barbeque atau mentega atau bumbu lain sesuai dengan selera anak-anak.

Kanzler sosis

#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga Kanzler Sosis terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga Kanzler Sosis di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga Kanzler Sosis terhemat

Sosis dari Kanzler sudah tidak diragukan rasanya, kandungan dagingnya yang lebih banyak dibandingkan produk lain membuat sosis dari merek ini disukai oleh semua kalangan. Memiliki 2 kategori produk homepack dan single membuat konsumen memiliki pilihan untuk membeli banyak atau sosis satuan yang dapat langsung disantap atau dapat menjadi tambahan sayur dan lauk yang enak untuk sahur.

Informasi Nilai Gizi Kanzler Singles Original 65 gr
Energi: 130 kkal
Lemak: 8,00 g
Lemak jenuh: 4,000 g
Protein: 10,00 g
Karbohidrat: 6,00 g
Gula: 0,00 g
Sodium: 600 mg
Sumber: https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/kanzler/singles-original/1-bungkus

Champ Sosis

#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga Champ Sosis terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga Champ Sosis di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga Champ Sosis terhemat

Salah satu produk dari Fiesta ini memberikan banyak pilihan, seperti sosis sapi serbaguna, sosis sapi goreng, sosis bakar jumbo, sosis bakar mini, sosis ayam rasa madu dan varian Champ sosis siap santan rasa sapi panggang, otak-otak dan rasa ayam.

Informasi Nilai Gizi Champ Sosis Sapi 25 gram
Energi: 50 kkal
Lemak: 3,00 g
Lemak jenuh: 1,500 g
Protein: 2,00 g
Karbohidrat: 3,00 g
Gula: 0,00 g
Sodium: 160 mg
Sumber: https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/champ/sosis-sapi/1-porsi

Kimbo Sosis

#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga Kimbo Sosis terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga Kimbo Sosis di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga Kimbo Sosis terhemat

Kimbo sosis lauk dan serba guna menyajikan makanan yang siap saji dan dapat diolah ke berbagai macam menu masakan, dengan kadar daging yang lebih tinggi dibandingkan produk sejenis. Diproduksi dengan proses modern dengan pengemasannya yang steril dalam selongsong PVDC sehingga memungkinkan untuk disimpan di suhu ruang tanpa mengurangi umur produknya walau tidak disimpan dalam lemari pendingin. Berikut beberapa jenis pilihan sosis, yaitu : Sosis sapi serbaguna, sosis ayam serbaguna, sosis lauk rasa baso sapi, dan sosis siap santap rasa ayam bakar, sapi serbaguna, dan ayam serbaguna

Informasi Nilai Gizi Kimbo Sosis Sapi 30 gram
Energi: 40 kkal
Lemak: 1,00 g
Protein: 7,00 g
Karbohidrat: 1,00 g
Sodium: 180 mg
Sumber: https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/kimbo/sosis-sapi/1-buah

3. Sereal dan Oatmeal 

Sereal atau oatmeal menjadi salah satu andalan saya saat anak-anak sedang tidak mood untuk makan sahur atau saat terlambat bangun sahur. Makanan ini sangat mudah untuk disajikan dan cepat tanpa perlu dimasak terlebih dahulu, kecuali produk oatmeal Quaker Quick Cook (penjelasan ada di paragraf bawah).

Untuk artikel yang lebih dalam membahas tema ini, Anda bisa menemukannya di artikel Sereal Gandum VS Sereal Jagung Mana Yang Lebih Baik dan juga artikel Kurang diminati, inilah rahasia kesehatan di dalam oatmeal.

Quaker Instant Oatmeal & Quick Cook

#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga Quaker Oatmeal terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga Quaker Oatmeal di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga Quaker Oatmeal terhemat

Bagi orang yang sedang diet atau menjaga pola makan sehat pasti sudah tidak asing dengan oatmeal Quaker. Oatmeal ini terbuat dari 100% oat utuh, tinggi serat, dan sebagai sumber protein.

Quaker oatmeal tersedia dalam dua kemasan biru dan merah, perbedaan terdapat di cara penyajiannya. Quaker oatmeal kemasan merah (Quaker Instant Oatmeal) adalah instant oatmeal, yang mana anda hanya cukup diseduh dengan air mendidih lalu ditambahkan dengan buah segar jika suka. Sedangkan Quaker oatmeal kemasan biru (Quaker Quick Cook) adalah quickcook oatmeal yang harus dimasak terlebih dahulu, namun keduanya sama-sama terbuat dari gandum utuh.

Informasi Nilai Gizi Quaker Instant Oatmeal 35 gram
Energi: 140 kkal
Lemak: 3,50 g
Protein: 4 g
Karbohidrat: 24 g
Sumber: https://nilaigizi.com/gizi/detailproduk/1261/nilai-kandungan-gizi-quaker-instan-oatmeal

Oatsy Oatmeal

Sumber : https://myoatsy.com/

Mengandung 100% gandum utuh dan tanpa bahan tambahan buatan dan artificial serta penguat rasa. Mengandung sumber serat larut BETA – D – Glucans (Beta-Glucan), yang mampu membantu menurunkan kadar kolestrol jahat LDL. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner, pelancarkan proses pencernaan, membantu menstabilkan kadar gula dalam darah, menurunkan resiko diabetes, dan bisa menjadi menu diet.

Terdapat empat macam oat yang ditawarkan Oatsy, yaitu :

  • Oatsy Instant Oatmeal
  • Oatsy Quick Cook Oatmeal
  • Oatsy Rolled Oats
  • Oatsy Steel Cut Oats
Sumber : https://myoatsy.com/

Selalu pastikan untuk pastikan untuk memeriksa kondisi kemasan dari makanan instan yang akan anda konsumsi, hindari kondisi kaleng yang sudah mengembung, penyok, berkarat, atau retak. Dan kemasan yang bocor pada makakan instant yang di kemas dalam plastik, lakukan pemeriksaan secata seksama sebelum membeli agar dapat terhindar dari bakteri berbahaya mungkin mengkontaminasi makanan dalam kemasan.

Walaupun makanan instan tidak berbahaya tapi disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan instan terlalu sering, dan selalu sajikan bersama tumis-tumisan atau sayuran yang dimasak cah agar makan Anda dan keluarga makin nikmat. Untuk referensi makanan instan lainnya, anda bisa membuka hemat.id dan mendapatkan informasi harga promo terbaik di semua supermarket, hypermart dan minimarket di area sekitar anda.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sarden_(makanan)
https://healthfully.com/can-eating-salt-prevent-weight-loss-5778837.html