Sereal Gandum VS Sereal Jagung Mana Yang Lebih Baik

Apakah sereal termasuk menu sarapan favorit keluarga? Jika sereal belum menjadi bagian dari menu sarapan Anda, maka mulai sekarang Anda perlu memasukkan menu sereal. Kenapa? Karena sereal termasuk menu sarapan yang sehat dan juga praktis. Dengan makan sereal, daya ingat dapat lebih meningkat dan kecepatan reaksi serta akurasi kerja dapat meningkat.

Terdapat beberapa merek sereal yang juga diperkaya dengan berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh kita. Apalagi setelah ditambahkan dengan susu, maka akan menambah kandungan kalsium, vitamin D, dan nutrisi sehat lainnya.

Nah, setelah mengetahui pentingnya sereal sebagai sarapan, mungkin Anda sekarang bingung untuk menentukan pilihan antara sereal gandum atau sereal jagung? Untuk menjawab kegelisahan Anda, saya akan menguraikan perbedaan sereal gandum dan sereal jagung serta manakah yang lebih baik di antara keduanya.

Sereal Gandum

Sereal gandum adalah sereal yang memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang cukup untuk tubuh. Selain sehat, sarapan dengan sereal gandum sangat praktis dan cepat. Anda cukup menyeduhnya dengan air panas, kemudian tunggu sampai gandumnya mengembang. Untuk lebih kaya rasa, Anda bisa menambahkan susu atau potongan buah atau madu.

Sarapan dengan sereal gandum dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Banyak orang yang sedang menjalankan program diet menjadikan sereal gandum sebagai salah satu menu diet mereka. Sereal gandum juga kaya akan vitamin B9 (Folat) dan vitamin B12 (Riboflavin). Vitamin B9 dapat membantu proses produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah. Sedangkan vitamin B12 memiliki peranan penting dalam menjaga saluran pencernaan, kesehatan kulit, dan sistem saraf.

Untuk anak-anak, Anda bisa memilih sereal yang memiliki kandungan gandum utuh (whole grain) sebagai alternatif sarapan mereka. Sereal dengan kandungan gandum utuh memiliki kandungan gula yang cukup, kandungan protein dan juga serat yang tinggi. Serta dapat menunjang aktivitas mereka sepanjang hari karena kaya akan vitamin dan juga mineral.

Berikut beberapa pilihan sereal gandum :

Sumber : Google Image
  • GoWell Instant Cereal
  • Koko Krunch
  • Nestle Honey Star
  • Energen Sereal
  • Milo Cereal Balls

Sereal Jagung

Sering dikenal dengan cornflakes, biasa dikonsumsi saat sarapan, terbuat dari serpihan jagung yang dipanggang. Sereal jagung umumnya memiliki sumber vitamin A, D, E, B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), B5 (Asam Pantotenant), B6 (Piridoksin), B9(Asam Folat), B12, Vitamin C, serta kaya akan kalsium dan zat besi.

Selain itu pilihlah cornflakes dengan rasa asli tanpa tambahan gula. Untuk membuat sereal lebih kaya rasa, Anda bisa menambahkan potongan buah segar, seperti stroberi, blueberry, pisang dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan memilih sereal gandum, disarankan untuk memilih sereal jagung dengan biji jagung utuh untuk anak-anak agar mereka kenyang lebih lama. Selain baik untuk anak-anak, sereal jagung juga ideal untuk orang yang memiliki riwayat penyakit jantung karena kandungan lemaknya rendah.

Berikut beberapa pilihan sereal jagung  :

Pilihan Sereal Jagung Terbaik Tahun 2021

Sumber : Google Image
  • Nestle Corn Flakes
  • Energen Jagung
  • Kellog’s Corn Flakes
  • Polococoa Corn Flakes

Biasanya kita hanya tahu sereal dapat dikonsumsi pada pagi hari, padahal sereal dapat dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari. Saat pagi dan siang hari atau pagi dan malam hari. Asal sesuai dengan saran penyajian, menggunakan susu low fat dan tidak menambahkan topping yang mengandung gula secara berlebihan.

Jadi kesimpulannya, mau sereal jagung ataupun sereal gandum pilihan tetap ada pada Anda. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda menginginkan sereal yang cocok untuk anak-anak, mungkin sereal gandum lebih disarankan karena memiliki lebih banyak varian rasa dan bentuk yang lucu sehingga anak-anak semangat untuk sarapan.

 

Sumber :

https://www.healthline.com/nutrition/are-breakfast-cereals-healthy#section1

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/whole-grains/art-20047826

https://id.wikipedia.org/wiki/Sereal_jagung

https://idnmedis.com/sereal-siap-saji-malt-o-meal-coco-roos-fakta-kalori-nutrisi