Resep Mudah Ketupat Cetakan Tanpa Janur dan Opor Tanpa Santan

Lebaran tahun 2020 di masa pandemi Covid-19 kali ini akan memiliki kenangan tersendiri dengan segala situasi dan tantangan yang ada. Situasi saat ini yang tidak memungkinkan, membuat banyak orang bahkan tidak dapat mudik ke kampung halaman hingga tidak bisa menjalani tradisi makan ketupat bersama seluruh keluarga. Salah satu tantangan kecil yang mungkin dialami adalah sulitnya mendapatkan anyaman janur kelapa untuk membuat ketupat. Pada artikel ini, kami akan berikan solusi praktisnya. Mari mencoba membuat sajian khas Lebaran untuk mengobati kerinduan akan kampung halaman agar tetap semangat ya, Sahabat Hemat !

Kata Lebaran berasal dari bahasa Jawa, ‘Lebar-an’ yang artinya sudah-an/usai-an, merupakan perayaan setelah usainya ibadah puasa di bulan Ramadhan. Hidangan khas Lebaran yang kerap disajikan dari zaman leluhur tentunya ketupat dan opor ayam. Kami ingin berbagi informasi dan pengalaman dalam membuat menu makanan khas lebaran dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Mengingat saat ini masih diberlakukan PSBB, serta mengurangi resiko tertular virus dari wabah Covid-19 saat berdesak-desakan di pasar. Sehat dan aman itu harus dimulai dari diri sendiri.

Sekilas Asal Usul Ketupat dan Lebaran

Mengapa ketupat atau yang lebih dikenal dengan sebutan kupat di Jawa Barat, kerap kali muncul saat menjelang Lebaran ? Menurut cerita sejarah yang tersampaikan turun temurun dari masyarakat Jawa, pendiri Kerajaan Demak, sebagai Kerajaan Islam pertama di tanah Jawa, Sunan Kalijaga. Beliau lah yang awalnya mengenalkan perayaan Lebaran yang dipenuhi dengan suasana saling bermaaf-maafan dilengkapi suatu sajian yang menyiratkan kerendahan hati, mengakui kesalahan, bahasa Jawa-nya ialah ngaku lepat yang kemudian disingkat jadi kupat (nga-Ku le-Pat). Anyaman daun janur pun mengingatkan  untuk menganyam kembali tali silahturahmi dengan sesama dan sejak saat itu, kupat selalu menjadi sajian saat Lebaran.

Anyaman janur ketupat memang sarat makna, namun bila kesulitan mendapatkannya, kita tetap bisa menyajikan kupat dengan bahan dan alat yang ada di rumah saja. Yuk kita mencoba membuat ketupat tanpa janur.

Aktivitas Ramadhan Tetap Bermakna Selama di Rumah Aja

Resep Masak Ketupat dengan rice cooker

  1. Masak beras dengan rice cooker, dengan takaran air yang lebih banyak dibandingkan saat memasak nasi, kita gunakan perbandingan beras dan air  1 : 3, beri sedikit garam. Setelah matang, diamkan selama 15 menit lalu pindahkan nasi yang sedikit lembek ke dalam wadah cetakan tahan panas sambil ditekan-tekan dengan centong nasi sampai padat sehingga butiran nasi saling melekat kuat.
  2. Diamkan sebentar di suhu ruangan hingga uap panas dari nasi tidak ada lagi, lalu masukkan ke kulkas dan dinginkan minimum 5 jam.
  3. Keluarkan dari cetakan, ketupat sudah terbentuk dan siap untuk dipotong agar dapat disajikan bersama dengan opor.
cetakan ketupat lontong
Sumber : Dokumentasi pribadi

Opor Ayam dan Hidangan Lebaran yang Sehat

Opor ayam merupakan sajian yang sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu. Di tanah Jawa, opor ayam dapat ditemui dalam dua rupa, yaitu opor ayam putih dan opor ayam kuning.

Opor ayam kuning berasal dari pulau Jawa dengan menambahkan kunyit agar rupa masakannya menjadi lebih cantik (atau luwih ayu dalam bahasa Jawa). Ternyata, selain membuat penampilan opor ayam menjadi lebih cerah, penambahan kunyit pada masakan ini dapat membuat tubuh sehat dan berfungsi sebagai penyeimbang dari santan. Di samping itu, warna kuning karena penambahan kunyit pada masakan ini juga sering diasosiasikan dengan warna emas yang melambangkan kemakmuran. Opor ayam dengan santan juga dijadikan simbol permintaan maaf. Karena santan di tanah Jawa dianggap mempunyai makna pangapunten, yang artinya meminta maaf.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyuguhan opor sebagai pendamping ketupat mempunyai makna simbolis sebagai pengakuan kesalahan dengan tulus yang disertai dengan tindakan memohon maaf.

Akan tetapi Sahabat Hemat, perlu diingat bahwa hari raya Lebaran juga kerap kali menjadi penyebab kolesterol meningkat. Bagaimana tidak? Dengan banyaknya makanan yang mengandung kadar lemak dan gula yang tinggi seperti kue-kue lebaran, gorengan dan juga santan, dibarengi dengan canda tawa di kala silaturahmi dengan sanak keluarga dan teman-teman tersayang, tentulah sulit bagi kita untuk dapat mengontrol makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Maka dari itu, kami disini juga ingin berbagi tips dalam mempersiapkan hidangan lebaran sehat, diantaranya :

  1. Kurangi menu gorengan, ganti dengan menu kukus / panggang / tumis.
  2. Ganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun, atau canola. Walaupun lebih mahal, namun lebih sehat.
  3. Hindari terlalu banyak makan daging berlemak, pertimbangkan untuk mengganti menunya dengan ikan laut yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.
  4. Gunakan gula rendah kalori saat membuat kue-kue lebaran.
  5. Perbanyak jumlah hidangan sayur dan buah-buahan segar.
  6. Mencoba penyajian masakan pendamping ketupat tanpa santan seperti opor ayam.

Baca juga: Tips Penyimpanan Bahan Masakan Agar Lebih Awet

Ketika pertama kali mendengarnya, mungkin terasa aneh, opor ayam kok tidak pakai santan? Tapi setelah dicoba ternyata rasanya tidak kalah enak loh. Apalagi dari segi kesehatan jauh lebih baik, jadi tidak ada salahnya kan dicoba.

Resep Opor Ayam Tanpa Santan

bahan masakan resep opor ayam
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Bahan yang disiapkan :
– 1 ekor ayam kampung, cuci dan potong, rebus sebentar sampai setengah matang, tiriskan
– 1 liter air
– 2 buah kentang, kupas, potong, rendam dalam air garam
– 3 lembar daun jeruk
– 3 lembar daun salam
– 2 cm ruas jahe
– 3 cm lengkuas, memarkan
– 2 batang serai, memarkan
Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt ketumbar
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 8 butir kemiri sangrai

Cara memasak :

  1. Tumis bumbu, daun salam, daun jeruk, serai, jahe dan lengkuas sampai harum.
  2. Tuang air, setelah mendidih masukkan ayam yang telah direbus terlebih dahulu hingga setengah matang, masak sampai matang, lalu masukkan kentang,  rebus hingga ayam dan kentang menjadi empuk, dapat ditambahkan juga dengan tahu dan telur rebus, kecilkan apinya. Ingat untuk mengecek rasanya, bisa ditambahkan garam atau merica sesuai selera.
  3. Angkat dan sajikan dengan bawang goreng

Sebelum mempersiapkan bahan untuk memasak, pastikan untuk membuka hemat.id untuk mendapatkan informasi bahan masakan yang sedang promo di supermarket dan minimarket di sekitar Anda.

Sahabat Hemat juga dapat mencari promo terbaik menyambut Idul Fitri di Aplikasi Kliptalog untuk produk bahan masakan, buah-buahan segar, kue lebaran, furnitur, elektronik, hingga kebutuhan rumah tangga. Salam sehat dan tetap hemat.

Sumber :

//historia.id/politik/articles/mengunyah-sejarah-ketupat
//guebanget.com/hidangan-opor-ayam-bersama-ketupat-di-hari-lebaran.php

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!