Resep Nasi Liwet Magic Com

Hampir setiap arisan dan kumpul-kumpul bersama teman, saya selalu disugukan dengan menu nasi liwet, dan saya sangat menikmatinya.

Nasi liwet yang biasanya ditemani dengan ayam goreng, cumi asin cabe ijo, tumis daun pepaya, jengkol balado, tempe mendoan, sambel dan kerupuk ini bisa membuat saya lupa akan diet.

Saking seringnya makan nasi liwet, saya pun penasaran bagaimana proses membuatnya. Buat saya yang tidak jago masak ini, membuat nasi liwet terlihat rumit dan sulit karena banyaknya bahan masakan yang harus dimasukkan ke dalamnya.

Tapi setelah saya googling dan saya beranikan diri untuk mencoba buat, ternyata nasi liwet itu sangat mudah, murah dan cepat. Berikut resepnya :

Bahan :

300 gram beras

Lihat harga terhemat beras dari berbagai supermarket di Indonesia!

400 ml air (ukuran air sesuai dengan berasnya atau sebanyak yang biasanya saat membuat nasi)

50 gram teri (jumlahnya bisa diganti sesuai selera)

10 butir bawang merah, iris-iris

4 butir bawang putih, iris-iris

10 buah cabe rawit (jika suka dengan pedas, tambahkan saja jumlah rawitnya, laluiris-iris agar lebih terasa pedasnya. Tapi jika akan dimakan anak-anak, lebih baik cabe rawitnya dibiarkan utuh)

1 buah cabe keriting, iris-iris

4 lembar daun salam

2 batang serai, Memarkan dan potong jika suka tapi saya lebih suka hanya di memarkan

5 sendok makan minyak goreng atau gunakan minyak goreng bekas menggoreng ikan asin

Lihat promo-promo paling hemat minyak goreng dari supermarket di kota Anda!

Cara Buat :

1. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting, daun salam, dan serai sampai harum.

2. Setelah harum, sisihkan terlebih dahulu.

3. Goreng teri, lalu sisihkan.

4. Cuci bersih beras, lalu tambahkan air seperti biasanya memasak nasi. Usahakan tekstur nasinya tidak terlalu lembek agar hasil nasi liwetnya jadi bagus.

6. Masukkan hasil tumisan ke dalam beras yang sudah di cuci lalu aduk sampai rata

7. Untuk resep pribadi, saya suka menambahkan garam dan MSG sedikit untuk memberikan rasa pada nasinya. Jadi rasa asinnya tidak hanya berasal dari teri saja, tapi nasinya juga akan terasa gurih. Tapi jangan terlalu banyak memberi garam.

8. Saat nasi setengah masak atau setelah magic com mengeluarkan uap, masukkan teri lalu aduk sampai rata, lalu tutup kembali dan biarkan sampai nasi matang.

9. Setelah nasi liwet matang, langsung sajikan nasi liwet selagi hangat dengan pelengkap lainnya. Untuk menambah kenikmatannya, Anda bisa menata nasi liwet dan lauk pauknya di atas daun pisang.

10. Bisa untuk 5 porsi.

Saya jamin, setelah anda mencoba sekali resep nasi liwet ini, Anda pasti jadi ketagihan untuk membuatnya lagi dan lagi, karena nasi liwet ini dimakan tanpa lauk pun tetap nikmat.

Suami dan anak-anak saya sudah ketagihan untuk makan nasi liwet selalu dan bisa juga disajikan untuk acara-acara santai maupun formal.

Nah, untuk melengkapi bahan-bahan dari resep nasi liwet ataupun bahan-bahan untuk pelengkapnya, seperti ayam maupun sayuran segar lainnya, Anda tidak perlu repot karena di hemat.id, Anda bisa mendapatkan promo-promo menarik dan juga lengkap di seluruh supermarket dan hipermarket di daerah Anda.

Bagikan cerita Anda saat mencoba resep nasi liwet ini, bagaimana respon keluarga anda, apakah mereka suka? Tulis masukan dan kritik Anda mengenai resep nasi liwet ini pada kolom komentar di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikannya ya.