Resep Puding Merah Putih Chia Seed

Di masa pandemi seperti ini, membuat masakan sendiri di rumah adalah salah satu cara menjaga kebersihan konsumsi keluarga. Untuk menyambut hari besar, biasanya kita ingin menyajikan hidangan dengan tema yang berkaitan dengan hari besar tersebut. Seperti di bulan kemerdekaan ini, saya ingin berbagi resep dessert Puding Merah Putih Chia Seed. Puding adalah salah satu dessert yang sangat pas disantap dalam kondisi dingin. Puding terbuat dari rumput laut atau gelatin dan memiliki kadar air dan serat yang tinggi. Bisa dijadikan cemilan siang atau sore hari yang menyegarkan atau menjadi ide hidangan saat mengikuti lomba masak tujuhbelasan. Meski sekarang berbagai ide puding kini sudah banyak divariasi mulai dari rasa manis hingga rasa yang gurih.

Puding merah putih chia seed ini sangat mudah dibuat dan rasanya pasti bisa diterima semua kalangan. Saya menggunakan susu cair sebagai bahan utama puding putih. Untuk puding merah saya menggunakan jus strawberry sebagai pewarna alami. Bisa juga menggunakan pewarna alami lain seperti jus semangka atau jus buah naga. Strawberry juga bisa digunakan sebagai perasa asam-segar di puding merah yang sangat cocok dikombinasikan dengan puding putih yang creamy. Jika dirasa kurang kontras warnanya, bisa ditambahkan pewarna makanan sesuai preferensi warna yang disukai. Saya juga menambahkan chia seed untuk menambah nilai nutrisinya. Seperti yang kita tahu, chia seed memiliki segudang manfaat untuk kesehatan salah satunya sebagai sumber antioksidan alami. 

Sumber : Pexels

Anda bisa menemukan promo buah menarik disini  : Semangka Merah

Sudah penasaran dengan resepnya? Yuk simak resep puding merah putih chia seed yang sangat mudah di bawah ini.

Bahan – bahan :

Puding Merah

  1. 350 gr strawberry yang sudah di haluskan dengan blender
  2. 4 sdm gula pasir
  3. 1/2 bungkus agar-agar putih
  4. Pewarna makanan (merah) secukupnya jika diinginkan

Puding Putih

  1. 350 ml susu cair putih
  2. 3 sdm gula pasir
  3. 1 butir kuning telur
  4. 1/2 bungkus agar-agar putih

Chia seed dan potongan buah secukupnya sebagai variasi

Cara Membuat :

Puding Merah

  1. Blender strawberry tanpa air, saring agar terpisah dari serat buahnya, gunakan 350 ml jus strawberry. Campurkan dengan semua bahan puding merah.
  2. Didihkan larutan puding merah dengan api sedang, angkat lalu tuang kedalam cetakan.
  3. Tunggu hingga terbentuk lapisan tipis yang mulai mengeras dipermukaan puding, lalu taburkan chia seed secara merata. Tunggu dingin. Kemudian simpan di lemari es.
Sumber : Pinterest

Puding Putih

  1. Campurkan semua bahan kecuali agar-agar, aduk rata lalu saring kedalam panci.
  2. Masukkan agar-agar, didihkan, angkat. Lalu tuang diatas puding merah yang sudah mengeras, tunggu dingin lalu masukkan kedalam lemari es.
  3. Jika sudah mengeras sempurna, sajikan. Untuk menambah variasi rasa, puding bisa disantap dengan vla sesuai selera.

Puding bisa dihias dengan berbagai cara. Bisa dibuat layer merah putih beberapa lapisan. Bisa juga dicetak didalam gelas-gelas cantik lalu dihias dengan beraneka ragam buah sebagai topping pelengkap atau buah sebagai isian dalam puding. Penyajian puding yang paling nikmat adalah saat kondisi dingin. Tips dari saya, jangan lupa menyimpan puding dengan kondisi tertutup rapat saat disimpan didalam kulkas untuk mencegah puding mengalami kontaminasi bau dari bahan makanan yang ada di dalam kulkas. 

Baca juga : Resep Pudding dengan Saus Butterscotch

Bagaimana Sahabat Hemat, mudah kan cara membuatnya? Untuk bahan-bahannya Anda bisa mencari di website hemat.id atau dengan install Aplikasi Kliptalog untuk mengetahui informasi promo-promo menarik yang sedang berlangsung di supermarket sekitar Anda. Jika sudah me-recook masakan ini, jangan lupa bagikan ceritanya di kolom komentar di bawah ini ya..

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!