Agar Anak Betah di Kamar, Lakukan Hal Ini

Kamar adalah sebuah ruangan terpribadi di rumah, tidak hanya untuk orang dewasa kamar tidur pun memiliki makna istimewa bagi anak-anak. Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda, ada anak yang suka sekali berlama-lama di kamar, tapi ada juga anak yang lebih suka bermain outdoor. Meski pada akhirnya mereka akan menghabiskan banyak waktu di kamar, seringkali kita menata kamar anak hanya memikirkan yang penting ada kasur, lemari pakaian dan meja belajar. 

Padahal perlu juga menata kamar anak sedemikian rupa untuk mengasah kemampuan dan imajinasi anak. Penataan kamar yang tepat dapat menaikan mood anak untuk belajar karena mereka akan merasa nyaman berada di kamar tersebut. Berikut beberapa tips yang harus Anda lakukan agar anak betah dan nyaman dengan kamar tidur mereka :

1. Dengarkan keinginan anak

Sebelum mulai mengisi kamar anak, akan lebih baik Anda menanyakan kepada anak kamar seperti apa yang mereka inginkan? Tidak melulu mereka suka dengan apa yang sedang trend saat ini, contohnya seperti anak saya yang berumur 10 tahun. Saat temannya sedang cinta-cintanya dengan K-Pop, anak saya malah tidak suka saya mengisi kamarnya dengan barang-barang atau hal-hal yang bernuansa K-Pop. Dia lebih suka mengisi kamar nya dengan youtuber dan gamer Funneh And The Krew dan menginginkan kamar nya bernuansa ungu dan pink.

Ketahui juga aktivitasnya sehari-hari, jika anak suka membaca maka membuat pojok baca akan tepat dilakukan. Letakkan karpet dengan ukuran 110 x 143 cm dan bantal besar atau cushion yang nyaman untuk anak duduk sambil membaca buku favoritnya, serta rak buku yang tinggi nya masih bisa di gapai anak.

Bantal Cushion
Sumber : Courts

Atau jika anak Anda suka menggambar, maka persiapkan meja belajar lengkap dengan kursi yang nyaman untuk mereka duduk berlama-lama. Agar tidak salah dalam mendapatkan meja belajar yang tepat, Anda bisa membaca Tips Memilih Meja Belajar Untuk Si Kecil di Rumah.

2. Tetapkan budget

Tetapkan budget yang Anda butuhkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan anak. Buat daftar yang sudah diberi peringkat dari yang paling dibutuhkan dan yang tidak terlalu mendesak. Untuk membantu Anda dalam mengatur budget belanja, Anda bisa membuka hemat.id atau Aplikasi Kliptalog untuk mengetahui harga-harga produk furnitur terhemat dan terupdate.

Saya tidak menyarankan untuk memasukkan televisi ke dalam daftar belanja Anda. Karena televisi dapat membuat anak sulit berkonsentrasi saat mereka harus menyelesaikan tugas sekolah mereka. Apalagi jika dilengkapi dengan game konsol. Akan lebih bijak jika Anda meletakkan televisi dan game konsol di kamar bermain atau ruang keluarga agar Anda bisa tetap mengawasi apa yang menjadi tontonan anak dan membatasi berapa lama anak boleh menonton televisi dan bermain game

AC dan Tempat Sampah
Sumber : Hemat.id

Nah, barang yang satu ini jangan sampai lupa untuk dimasukkan, yaitu tempat sampah. Produk dust bin dari Courts dengan kapasitas sampah 5 liter ini dilengkapi dengan pedal sehingga anak tidak perlu menyentuh untuk membukanya. Dengan adanya penutup, bau sampah yang ada di dalam tidak mencemari kamar anak dan tidak mengundang nyamuk atau lalat.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah memberikan kenyamanan saat mereka sedang tidur maupun belajar, jadi kita perlu menambahkan pendingin ruangan untuk anak, baik AC maupun kipas angin. Sebagai referensi, Anda bisa memilih Daikin 2MKC30QVM, AC multi split 1/2 PK untuk kamar anak yang berukuran kecil. AC ini hemat listrik, dapat menyala secara otomatis, memiliki mode senyap dan berdimensi 55 x 68 x 29 cm.

Jika Anda merasa cukup dengan kipas angin, akan lebih baik jika Anda memilih kipas angin yang dapat dipasang di dinding. Selain membuat kamar lebih terasa luas dengan memasang kipas di dinding serta tidak berisiko melukai anak. Sebagai orang tua, saya sendiri sering sekali mendapati anak saya mencoba memasukkan jarinya ke kisi-kisi kipas angin, atau mengarahkan kipas angin ke badannya secara terus-menerus dengan kecepatan tertinggi. Padahal ini sangat tidak baik untuk keselamatan dan kesehatan tubuhnya.

Untuk memenuhi kebutuhan akan kipas angin, ada kabar gembira bagi Anda, karena Courts saat ini sedang mengadakan promo spesial HUT RI ke 75 Paket Merdeka B yang isinya terdiri dari kipas angin, kompor, dan setrika elektrik dengan merk tertentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Paket elektronik ini bisa Anda dapatkan dari harga normal Rp. 829.000 menjadi hanya Rp. 750.000 saja. Masih banyak promo-promo paket bundling hemat lainnya yang bisa Anda lihat di hemat.id, jadi jangan sampai ketinggalan.

Lemari Pakaian
Sumber : Hemat.id

3. Pilih produk yang aman untuk anak

Pastikan perabotan yang akan dibeli aman untuk anak. Cari beberapa referensi untuk bisa Anda bandingkan baik dari segi keamanan, harga, kualitas dan apakah produk tersebut sesuai dengan keinginan anak Anda. Tidak ada sudut tajam dan konstruksi nya kokoh, Domo Jazz Lemari 2 Pintu ini cocok untuk diletakkan di kamar anak. Tersedia juga laci-laci yang berguna untuk menyimpan aksesoris seragam sekolah seperti topi, dasi, atau kaos kaki. 

Didalamnya sudah tersedia dua pilihan tempat untuk baju yang digantung dan baju yang dilipat, cukup untuk memenuhi kebutuhan anak. Dengan dimensi lemari 178cm x 48cm x 8cm, cocok diletakkan di kamar tidur yang tidak terlalu luas. Dengan kombinasi warna colombia oak dan hitam yang minimalis sesuai dengan kombinasi warna dinding apapun.

Tempat Tidur
Sumber : Hemat.id

4. Furniture multifungsi

Pertimbangkan bahwa anak masih dalam masa pertumbuhan dan cepat sekali tinggi. Perabotan yang paling krusial tapi juga rentan cepat diganti adalah tempat tidur. Anak saya misalnya, ia tidak suka memiliki kasur yang terlalu luas karena katanya membuat dia merasa takut.

Akhirnya, saya dan suami membelikan kasur yang dapat dipanjangkan dan dipendekkan agar dia tidak merasa tidak nyaman untuk tidur sendiri. Tempat tidur dari Elephant Scarlett Super Single Bed Set, dengan dimensi 120 x 200 cm dan memiliki dua tingkat kasur ini cocok digunakan untuk anak yang berbagi kamar. Kasurnya bisa dipisah dengan mudah untuk digunakan apabila si kakak dan si adik tidur dalam satu kamar yang sama. Tapi tempat tidur ini juga bisa digunakan untuk anak yang sudah berani untuk tidur sendiri. Pembelian Elephant Scarlett Bed Set saat ini sedang ada promo spesial gratis 2 bantal dan 2 guling serta cashback Rp. 75.000, berlaku hanya sampai 31 Agustus 2020. Pilihkan perabotan untuk dekorasi kamar anak minimalis dan pilih warna natural.

Kamar Tidur
Sumber : Pexels

5. Perbanyak Referensi

Anda bisa mengajak anak untuk melihat-lihat majalah-majalah interior design, pinterest, atau mengajak langsung anak ke toko-toko perabotan yang terdapat berbagai jenis replika ruangan yang pada umumnya ada di rumah termasuk kamar anak. Dengan memperbanyak referensi, diharapkan Anda sudah ada bayangan kamar seperti apa yang sesuai dengan si anak dan jangan lupa untuk selalu mendiskusikan dengan anak Anda juga rencana-rencana yang ingin Anda lakukan pada kamar mereka.

Terkadang perabotan yang Anda butuhkan tidak dapat ditemukan di pasaran, misalnya Anda ingin meja belajar yang menyatu dengan cabinet, bunk bed yang sudah termasuk meja belajar dan lemari pakaian, atau lemari pakaian dengan desain tertentu. Nah, jika anda memiliki masalah ini Anda bisa memesan perabotan custom made. Selain Anda bisa mendapatkan perabotan yang sesuai dengan keinginan, Anda pun bisa memilih material yang digunakan menyesuaikan dengan budget atau selera si kecil. Selain itu juga Anda bisa memadupadankan warna yang disukai anak. Anda bisa membaca di sini untuk mengenal custom made furniture secara detail. Ketahui juga kelebihan dan kekurangan dalam memesan perabotan kustom tersebut.

Selain itu Anda bisa mengunduh aplikasi untuk mendesain kamar tidur, ada yang dirancang seperti game dan ada yang dibuat memang untuk membantu kita dalam menata rumah. Ada banyak sekali aplikasi seperti ini, Anda hanya tinggal mengunduhnya di Play Store dan pilih aplikasi yang tidak dipungut biaya alias gratis. Misalnya Dekoruma: Furniture, Dekorasi, Interior & Properti yang mendapat bintang 3.8 dan merupakan salah satu pilihan terbaik editor.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum menata kamar anak, bagaimana Anda menata kamar anak Anda? Apakah menurut Anda perlu berdiskusi dengan anak mengenai bagaimana sebaiknya kamar mereka? Tuliskan alasan dan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini. 

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!