Resep Roti Tawar Lembut Buatan Rumahan

Bisa dibilang roti adalah salah satu makanan yang wajib ada di rumah. Apalagi roti tawar yang menjadi kesukaan anak-anak untuk sarapan dan camilan sore. Sebenarnya ada alat elektronik dipasaran yang khusus untuk membuat roti, mudah digunakan, hemat waktu dan tanpa pengawet. Namun dari segi harga nya cukup mahal dan dibutuhkan penggunaan listrik yang cukup tinggi watt-nya sehingga tidak bisa semua orang dapat menggunakannya di rumah.

Di daerah saya sendiri, roti bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp. 5.000 – 18.000, dari yang bermerek sampai yang tidak ada bermerek. Meski rasanya enak, namun saya cukup mengawatirkan bahan pengawet yang digunakan karena bisa dilihat bahwa roti dipasaran bisa bertahan sampai 1 minggu bahkan lebih.

Memang kalau membuat roti sendiri bentuknya agak sulit untuk “seindah” buatan pabrik. Karena untuk konsumsi keluarga, saya tetap merasa puas dengan hasilnya dan tentu tidak khawatir karena saya mengetahui benar bahan-bahan yang ada di dalamnya. Berikut ini saya bagikan resepnya untuk Anda :

Sumber : Sajian Sedap – Grid.ID

Adonan water roux :

25 gram tepung terigu

125 ml air

Cara membuat adonan water roux :

  1. Masukkan tepung terigu dan air dalam panci. Sebelum diletakkan di atas kompor, aduk dahulu bahan sampai tidak ada yang menggumpal atau Anda juga bisa menyaringnya.
  2. Setelah yakin tidak ada gumpalan, masak adonan dengan api kecil sambil terus diaduk, selama kurang lebih 1 menit dan sampai adonan mengental.
  3. Pindahkan adonan ke mangkuk, lalu tutup dengan plastic wrap lalu biarkan sampai dingin.

Coba Inspirasi Resep Roti Lainnya, Pudding Roti Mudah Dan Enak

Bahan lainnya :

250 ml air hangat atau susu hangat

7 gram ragi

30 ml madu

60 ml minyak goreng

1 sendok teh SP (pelembut makanan)

1 sendok teh garam

600 gram tepung terigu

40 gram gula

Cara membuatnya :

1. Siapkan cangkir atau mangkuk. Kemudian masukkan ragi, gula dan air hangat sedikit lalu aduk. Diamkan proses ragi sampai kurang lebih 5 sampai 7 menit, jika ragi mengembang naik artinya ragi aktif.

2. Campur air, gula, madu, minyak goreng, tepung terigu, garam, SP, adonan water roux. Kemudian aduk sampai rata dengan menggunakan spatula atau mixer. Agar mudah diuleni, pindahkan adonan ke papan yang diolesi minyak atau bisa juga ditaburi dengan tepung terigu agar tidak lengket.

3. Uleni adonan selama 7 sampai 10 menit. Agar adonan lebih cepat lentur Anda bisa membanting-banting adonan.

3. Pindahkan adonan ke wadah lain yang sudah diolesi dengan minyak goreng agar adonan tidak kering. Lalu tutup dengan plastic wrap dan kain. Diamkan adonan selama kurang lebih 40 menit sampai 1 jam, tergantung suhunya.

4. Jangan terlalu lama mengistirahatkan adonan agar tidak berbau ragi dan roti tidak berat. Setelah mengembang, kempeskan adonan agar angin dalam adonan keluar.

5. Bagi roti menjadi dua bagian, siapkan loyang yang ukurannya sesuai dengan roti yang ingin dibuat dan jangan lupa untuk mengoleskan loyang dengan minyak terlebih dahulu. Dari adonan ini Anda bisa membuat roti tawar, roti sobek atau pun roti isi sesuai keinginan Anda.

6. Biarkan sejenak roti agar mengembang lagi, lalu panaskan oven dengan suhu 180 derajat dan gunakan api atas dan api bawah.

7. Panggang sampai sekitar 10 menit. Lalu siapkan mentega dan madu untuk dioleskan di atas roti agar rotinya lebih lembab.

Sumber : Pakaroti.com

Tips dari pembuat resep asli, Nikmatul Rosida, pada saat memanggang jangan menunggu roti benar-benar berwarna cokelat. Karena setelah dikeluarkan, roti akan tetap dalam keadaan memasak dan roti lama kelamaan akan berwarna menjadi lebih cokelat lagi. Untuk melapisi agar adonan tidak lengket, Anda bisa mengganti minyak goreng dengan mentega, tanpa dilelehkan terlebih dahulu.

Jika Anda merasa adonan kurang air, Anda bisa menambah air hangat secara sedikit demi sedikit. Kemudian Anda juga dapat menambah takaran gula atau madu jika ingin membuat roti menjadi lebih manis. Pastikan ragi yang digunaknan aktif agar hasil roti menjadi baik.

Dalam penyajiannya, potong roti dengan pisau khusus pemotong roti (yang bergerigi) agar potongan terlihat lebih rapi dan cantik. Untuk roti yang belum di makan bisa Anda masukkan ke dalam kontainer dan disimpan di dalam kulkas.

Saya sudah recook resep ini beberapa waktu yang lalu, tapi sayangnya tidak saya abadikan lewat foto. Namun dapat saya katakan bahwa hasilnya memang benar-benar lembut dan rasanya enak. Nah, sekarang giliran Anda untuk mencoba membuat sendiri roti di rumah. Beli bahan-bahan untuk membuat roti di website Hemat.id ya. Ada banyak promo-promo menarik yang bisa Anda dapatkan di Supermarket sekitar Anda.

Sumber :

//youtube.com/watch?v=JUeuU0-FA08