Resep Spesial Idul Adha : Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker

Hari Raya Idul Adha atau disebut juga Lebaran Haji adalah salah satu perayaan penting bagi umat Islam. Idul Adha ditandai dengan tradisi penyembelihan hewan qurban yang kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Disamping itu, Idul Adha memperingati momen umat Islam yang sedang menunaikan ibadah Haji.

Biasanya setelah melaksanakan Sholat Ied di Hari Raya Idul Adha, saya dan keluarga makan ketupat, opor ayam hingga sambal. Tahun ini saya ingin menyantap menu spesial yang berbeda dari biasanya, yaitu Nasi Kebuli Kambing. Bedanya, nasi kebuli ini bisa dimasak dengan rice cooker ataupun dimasak dengan cara dikukus. Kali ini saya akan membagikan resep Nasi Kebuli Kambing yang dimasak dengan menggunakan rice cooker, anti ribet dan cepat. Jika tidak suka daging kambing karena aromanya, Bunda bisa mengganti daging kambingnya dengan daging sapi atau ayam. Simak berikut ini resep lengkapnya :

Sumber : blueband.co.id
Sumber : blueband.co.id

Bahan :

350 gram daging kambing

1 liter beras putih atau bisa diganti dengan beras basmati

7 butir bawang putih

10 butir bawang merah

1 batang serai

2 lembar daun salam

1/2 buah bawang bombay

4 lembar daun jeruk

2 cm lengkuas, geprek

2 cm jahe, geprek

2 butir kapulaga

1 cabe merah besar

2 butir kemiri

1 kembang lawang

4 butir cengkeh

1 sendok teh pala bubuk

1 batang kayu manis

1 sendok teh ketumbar bubuk

1/2 sendok teh jinten

1/2 sendok teh kunyit bubuk

1/2 sendok teh merica bubuk

65 ml atau 1 bungkus santan kental

Secukupnya kismis (jika suka)

Cara Buat :

1. Haluskan dengan blender atau ulekan bawang putih, jahe, kemiri dan juga tomat.

2. Cuci daging kambing, kemudian rebus bersama serai, daun jeruk, daun salam, lengkuas, cengkeh, kayu manis. Kemudian tambahkan kunyit, pala, merica, ketumbar, yang sudah dihaluskan, lalu garam dan penyedap rasa. Biarkan daging direbus sampai mendidih, lalu matikan api. Angkat daging setelah agak dingin kemudian potong dadu dan sisihkan.

3. Tumis bawang merah dan juga bawang bombay. Setelah berbau harum dan layu, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tumis lagi sampai harum.

4. Masukkan santan dan gula secukupnya di atas api yang kecil, lalu masukkan daging dan juga air rebusannya. Koreksi rasa, tunggu sampai air berkurang dan cukup untuk memasak nasi.

5. Cuci bersih beras, lalu masukkan ke rice cooker bersama dengan daging dan juga air rebusannya. Tunggu Nasi Kebuli Kambing sampai matang, setelah matang Anda bisa menaburkan kismis jika suka.

6. Nasi Kebuli Kambing siap untuk disantap bersama emping, taburan bawang merah goreng, acar dan sambal mangga.

Jika ingin menggunakan beras basmati, sebelum dimasak, beras direndam dahulu selama 2 jam jika akan dikukus dan cukup 30 menit saja jika akan dimasak dengan rice cooker. Untuk tips mengolah daging, Anda dapat membaca artikel ini.

Berikut ini resep Sambal Mangga pendamping Nasi Kebuli Kambing yang wajib juga Anda coba.

Sumber : fimela.com

Bahan :

1 buah mangga Indramayu, pilihlah yang 1/2 matang

5 buah cabe keriting merah

1 buah gula merah

5 – 10 buah cabe rawit merah (jika mau pedas Anda bisa tambahkan lagi cabai rawitnya)

Secukupnya garam

Memasak Olahan Ayam Segar, Ini Tipsnya

Cara Buat :

1. Cacah atau potong-potong kecil memanjang mangga.

2. Rebus cabai keriting dan cabai rawit.

3. Setelah cabai agak layu, masukkan ke ulekan, tambahkan gula merah, garam lalu tumbuk kasar.

4. Masukkan mangga yang telah dicacah.

5. Sajikan Sambal Mangga bersama Nasi Kebuli Kambing

Lengkapi bahan-bahan untuk membuat Nasi Kebuli Kambing dan cari promo hematnya di website Hemat.id . Dapatkan harga dan juga promo terbaik yang sedang berlaku di semua Supermarket dan minimarket sekitar Anda.

Bagikan rencana Anda dan keluarga dalam menyambut Hari Raya Idul Adha tahun ini. Apakah Anda berminat untuk membuat resep Nasi Kebuli Kambing dan Sambal Mangga? Atau Anda memiliki resep spesial yang menjadi favorit keluarga? Tuliskan di kolom komentar ya….