Resep Wedang Ronde

Wedang ronde sangat pas dinikmati saat sedang hujan. Udara yang dingin pasti membuat kita mencari makanan yang hangat. Apalagi kandungan jahe dalam wedang ronde dapat membuat badan menjadi hangat.

Wedang ronde sering ditemui dijual pada malam hari. Penjual biasanya berkeliling menjajahkan jualannya, sehingga memudahkan orang yang sedang begadang dan harus kerja lembur dengan menyantap wedang ronde yang dapat membuat badan menjadi segar dan kerjaan jadi cepat kelar.

Nah, daripada beli, kali ini saya akan bagikan resep wedang ronde yang bisa Anda buat sendiri di rumah, berikut resep lengkapnya :

Bahan Ronde:

150 gr tepung ketan putih
1/4 sdt garam
135 ml air hangat
2 tetes pewarna hijau tua
2 tetes pewarna merah cabai

Lihat harga terhemat tepung di berbagai supermarket di kota Anda

Bahan Isi:

50 gr kacang tanah kupas, disangrai
25 gr gula pasir
1/8 sdt garam

Air jahe :

2.000 ml air
400 gr gula pasir atau bisa di ganti dengan gula merah
400 gr jahe dibakar lalu dimemarkan
1 sdt garam
4 lembar daun pandan
6 batang serai, dimemarkan

Lihat juga harga terhemat gula dari berbagai supermarket di kota Anda

Bahan Pelengkap :

200 gr kolang-kaling, direbus lalu diiris (optional)
3 buah roti tawar tanpa kulit, dipotong kotak
25 gr sagu mutiara merah

Cara Buat :

Membuat Isian :

Langsung blender kacang tanah yang sudah disangrai, tambahkan gula pasir dan garam. Blender sampai terlihat bumbu sudah merata. Lalu, keluarkan adonan dan bentuk menjadi bulatan kecil-kecil, sisihkan.

Membuat Ronde :

1. Campur tepung ketan dan garam lalu aduk rata, tambahkan sedikit demi sedikit air hangat sambil terus diuleni sampai adonan menjadi kalis.

2. Setelah adonan menjadi kalis, bagi adonan menjadi tiga bagian. Untuk bagian pertama, tambahkan pewarna merah. Sedangkan untuk bagian kedua, tambahkan pewarna hijau. Sisa adonan lainnya biarkan berwarna putih.

3. Ambil sedikit bahan ronde warna apa saja, pipihkan dengan menggunakan roll dan beri isian. Isian tidak perlu terlalu banyak agar mudah saat dibentuk. Setelah diisi, bentuk adonan menjadi bulat, lakukan sampai adonan habis.

4. Rebus air sampai mendidih. Setelah mendidih, masukkan adonan ronde yang sudah dibentuk bola-bola. Rebus adonan sampai adonan ronde mengapung, angkat dan tiriskan.

Membuat Air Jahe :

1. Rebus air, gula pasir, jahe, daun pandan, dan serai dengan api kecil sampai mendidih dan harum.

2. Saring air jahe agar tidak ada ampasnya.

Penyajian :

Sajikan ronde bersama air jahe, sagu mutiara, kolang-kaling dan roti yang sudah dipotong. Nikmati wedang ronde selagi hangat.

Anda bisa membuka hemat.id untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat wedang ronde. Di sini, Anda akan memperoleh informasi mengenai promo-promo yang sedang berlangsung di semua supermarket, hypermarket dan minimarket di daerah sekitar Anda.

Bagikan foto dan kesan Anda saat membuat resep wedang ronde ini, apakah ada yang kurang pas atau mungkin ada bahan yang kurang. Silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah ini, agar kita bisa berbagi masukan dan saran dalam membuat wedang ronde lebih nendang dan tak kalah nikmat dari wedang ronde yang biasa dijual di luar.

Summary
Published On

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!