Sarapan Sehat Dengan Sup Jagung

Pagi hari adalah waktu yang sangat menantang buat saya sebagai ibu, semua hal ditanyakan ke saya dari pakaian, buku pelajaran sampai ke perlengkapan tulis. Dan pertanyaan paling krusial yang sering di tanyakan di pagi hari oleh anak saya yang paling kecil adalah “kita sarapan apa ma hari ini?”.

Karena beberapa hari ini sering hujan di pagi hari, saya pikir sarapan dengan yang hangat dan berkuah pasti akan disukai oleh keluarga saya.

Sepertinya Sup Jagung cocok sekali dijadikan sajian untuk sarapan. Sup jagung cocok untuk diberikan untuk si kecil yang sedang terserang sakit flu atau badanya sedang tidak dalam kondisi fit. Selain memiliki rasa yang lezat, kandungan gizi dari isian dalam sup jagung juga cukup lengkap.

Sup jagung sering ditemui di acara pernikahan atau di beberapa restoran cepat saji. Daripada harus menunggu dapat undangan dan atau harus keluar untuk membeli sup jagung, akan lebih sehat jika kita membuatnya sendiri di rumah. Kita tahu sekali kebersihannya dan proses masaknya, sehingga tidak perlu khawatir saat akan menyajikannya untuk keluarga.

Berikut kita simak resep sup jagung lengkapnya :

Sumber : Selarasa.com

Bahan :

3 sisir jagung manis

1 buah wortel, di potong dadu

1 butir telur ayam

250 gram fillet dada ayam, potong dadu

1 batang daun bawang

3 buah bawang putih, cincang

1,5 sendok teh garam

secukupnya gula

secukupnya kaldu ayam atau kaldu jamur

1 sendok teh merica

1,5 liter air

1/2 buah bawang bombay, cincang

1 sendok makan minyak wijen

1 sendok makan kecap asin

secukupnya tepung maizena, lalu larutkan dengan air

Cara Buat :

1. Panaskan wajan dengan minyak goreng sekitar 3-4 sendok makan, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu dan berbau harum.

2. Masukkan potongan ayam, aduk-aduk sampai daging ayam berubah warna lalu masukkan kecap asin.

3.  Tambahkan air, kemudian tunggu sampai air mendidih.

4. Setelah air mendidih masukkan wortel dan jagung manis, aduk-aduk sebentar.

5. Bumbui dengan garam, gula, merica dan juga kaldu ayam atau kaldu jamur.

6. Kocok lepas telur, lalu secara perlahan sambil terus di aduk sampai terbentuk serabut-serabut.

7. Tambahkan larutan maizena, kemudian di tes rasanya.

8. Masukkan daun bawang dan minyak wijen saat sup jagung sudah akan mendidih.

Selain sayuran wortel, Anda juga bisa menambahkan brokoli, kembang kol atau telur puyuh agar lebih mengenyangkan dan memberi lebih banyak variasi sayuran. Apabila keluarga Anda lebih menyukai sup yang tidak kental, larutan maizena bisa dilewatkan saja.

Anda bisa mengganti fillet dada ayam dengan ceker yang sudah anda rebus terlebih dahulu malam sebelumnya. Agar saat akan diolah menjadi sup jagung ceker sudah empuk dan Anda bisa menggunakan kaldu rebusan ceker pada resep sup jagung ini. Sup jagung enak dimakan sendiri atau sebagai lauk, kalau seperti suami saya makan sup jagung dengan nasi wajib hukumnya.

Untuk mendapatkan bahan-bahan sup jagung secara lengkap, Anda bisa membuka hemat.id. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk mendapatkan harga promo selama periode yang sedang berlangsung.

Jangan lupa untuk membagikan cerita anda dalam me-recook sup jagung untuk sarapan, bagaimana tanggapan keluarga anda? Bahan-bahan apa yang Anda sarankan untuk dimasukkan di resep kali ini? Bagikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!