Susu Pertumbuhan Untuk Anak Usia 6 Tahun Keatas

Kebanyakan anak-anak dari kerabat dan saudara saya yang menginjak usia SD atau sudah memasuki umur 6 tahun keatas, sudah tidak banyak yang mau minum susu lagi. Entah karena selera si anak untuk minum susu sudah berubah atau orang tua yang merasa kalsium tidak hanya bisa didapatkan dengan minum susu tapi dengan makanan padat lainnya. Jadi orang tua tidak terlalu merasa wajib memberikan susu kepada anak-anaknya. Ayu, anak pertama saya yang berumur 9 tahun, masih minum susu tapi tidak rutin setiap hari dan tergantung mood dia saja.

Dahulu kita mengenal “Empat Sehat Lima Sempurna” tapi sekarang semboyan ini sudah diganti menjadi Pedoman Gizi Seimbang yang digagas oleh Yusuf Kalla. Karena Empat Sehat Lima Sempurna menimbulkan salah kaprah di masyarakat dimana menganggap susu sebagai penyempurna dan tidak dianggap wajib untuk dikonsumsi secara rutin.

Walau hanya disebut sebagai pelengkap, minum susu seharusnya dimasukkan dalam menu anak sehari-hari. Selain kaya akan kalsium, susu juga mengandung Vitamin A, D, B12 dan fosfor. Apalagi dengan minum susu, anak akan terhindar dari kerusakan gigi, kanker usus, osteoporosis, melancarkan pencernaan dan membantu pembentukan otot. Berikut susu pertumbuhan untuk anak umur 6 tahun ke atas :

1. Chil School Platinum

Sumber : KALBE Store

Morinaga merupakan brand keluaran Kalbe yang telah memproduksi susu dengan menggunakan teknologi termuktahir untuk menyediakan nutrisi terbaik untuk generasi platinum yang multitalenta. Susu pertumbuhan ini dapat dikonsumsi anak usia 3 – 12 tahun.

Keunggulan :

1. Membantu perkembangan kecerdasan anak

Susu pertumbuhan ini mengandung Asam Linoleat (AL) dan Alfa Asam Linolenant (AAL) yang berfungsi untuk pembentukan AA dan DHA. Kolin dapat memperkuat daya ingat, mengandung zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi anak, sedangkan Omega 6 dan Omega 3 sebagai bahan pembentuk AA dan DHA.

2. Dapat meningkatkan daya tubuh

Chil School Platinum mengandung Lactoferin yang merupakan bagian dari sel darah putih (leucocyt) yang dapat membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh. Lalu ada prebiotik (laktulosa) yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan agar nutrisi dapat terserap dengan lebih baik serta dapat meningkatkan nafsu makan anak. Nukleotida didalamnya yang berfungsi untuk meningkatkan antibodi.

3. Mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Susu pertumbuhan ini memiliki kandungan kalsium, Magnesium, dan Vitamin D yang berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi dan Alfa Laktabumin yang dapat membantu tumbuh kembang anak. Beta Palmitat/OPO yang berguna untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dan lemak, serta vitamin dan mineral lain yang berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Cara Penyajian :
1. Siapkan air hangat sebanyak 180 ml
2. Masukkan 7 sendok takar atau sekitar 46.2 gr
3. Aduk sampai tercampur rata, susu siap diminum

Anjuran :
1. Susu Chil School Platinum dapat dinikmati baik dalam keadaan dingin dan hangat.

2. Tidak dianjurkan susu dihangatkan dengan microwave karena dapat merusak nutrisi yang terkandung didalamnya.

3. Minum minimal 3 gelas perhari.

Kelebihan :

Sudah memiliki label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kekurangan :

Susu yang sudah diseduh akan bertahan di suhu ruangan maksimal 6 jam saja.

Review :

“Anakku, Zahra 8 tahun dan Uni 5 tahun, suka sekali minum susu Chil School rasa vanila. Dulu pernah aku coba beri Dancow, tapi mereka kurang suka dan akhirnya balik lagi ke Chil School. Kadang juga diselingi dengan susu Zee…” – Mommy Dina, Tangerang, teman penulis.

Chil School memiliki varian rasa vanila, cokelat dan madu dengan ukuran yang tersedia 1600 gr, 800 gr, dan 400 gr. Untuk Chil School Platinum ukuran 800 gr harga mulai dari Rp. 197.925, lebih mahal dari Frisian Flag Karya 4-6 tahun dengan ukuran yang sama dengan harga berkisar Rp. 77.500.

2. Frisian Flag 456 Primanutri

Sumber : frisianflag.com

Frisian Flag sudah mendampingi anak-anak Indonesia dari tahun 1971 sampai sekarang. Frisian Flag berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas dengan tidak menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan anak. Mulai dari pengawetan sampai kemasan yang aman dari pertumbuhan bakteri parogen dan mikroba pembusukan. Frisian Flag Karya 4-6 sudah memiliki kemasan dan nama baru, yaitu Frisian Flag 456 Primanutri.

Frisian Flag menggunakan teknologi tinggi dalam memproduksi susunya agar kandungan gizi yang ada di dalam susu tidak rusak. Formula susu ini didukung oleh para ahli dari Friesland Campina di Indonesia, Belanda dan Singapura. Frisian Flag 456 Primanutri ini diperkaya dengan :

1. Kombinasi minyak ikan, Omega 6 (LA), Omega 3 (ALA), dan zat besi. Zat gizi ini sangat membantu dalam mendukung otak dan konsentrasi anak.

2. Serat pangan inulin, Vitamin A, E, C, Zinc (seng) dan selenium, yang dapat membantu memelihara fungsi saluran pencernaan.

3. Kalsium dan juga Vitamin D, berfungsi untuk membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi anak.

Kelebihan :

Bisa diminum dalam keadaan hangat dan juga dingin.

Kekurangan :

Susu yang sudah diseduh akan bertahan di suhu ruangan maksimal 6 jam saja.

Review :

“Si kecil sudah 5 tahun minum susu ini, dari Frisian Flag 123 dan sekarang Frisian Flag 456, dia suka sekali dengan rasa vanila”. – Mommy Trie Wahyoenie, Jakarta, forum www.IbudanBalita.com

Frisian Flag 456 Primanutri memiliki pilihan rasa madu, vanila, dan cokelat dengan memiliki varian ukuran kemasan 200gr, 400gr, 800 gr, dan 1200 gr. Ukuran 800 gr harga mulai dari Rp. 77.500. Frisian Flag 456 Primanutri harganya lebih tinggi dibandingkan Dancow Datita dengan ukuran 1000 gr dengan harga mulai dari Rp. 74.450.

3. Dancow Datita 5-12 Tahun

Sumber : kalbestore.com

Dancow merupakan produk susu pertumbuhan andalan dari PT. Nestle Indonesia yang ditujukan untuk anak usia 5 sampai 12 tahun. Berikut kandungan dalam susu ini :

1. 8 jenis vitamin dan 5 mineral

2. Kaya akan zat besi, Zinc, Kalsium, dan juga Vitamin B1

3. Minyak ikan yang dikenal sebagai sumber DHA, Omega6 (LA), Omega3 (ALA)

Kelebihan :

Diperkaya ekstra buah dan sayur

Kekurangan :

Hanya memiliki 2 varian rasa

Review :

“Dancow rasanya gurih, bergizi, dan rasanya enak sangat disukai anak saya”. – Mommy Ike Sugiarti, Serang, Halaman Facebook Dancow Parenting Consultant.

Varian ukuran kemasan Dancow Datita 5-12 Tahun yaitu 1000 gr, 900 gr, 500 gr dengan varian rasa vanila dan madu. Untuk ukuran 1000 gr harga berkisar Rp. 83.800. Dancow Datita harganya lebih mahal dibandingkan SGM Eksplor 5 Plus dengan ukuran 900 gr dengan harga Rp. 66.000.

4. SGM Eksplor 5 Plus

Sumber : generasimaju.co.id

Susu produk keluaran Sari Husada yang sudah berpengalaman dalam dunia susu anak-anak ini bisa dikonsumsi oleh anak umur 5 sampai 12 tahun, mengandung :

1. Asam Linoleat Omega 6 dan Protein

Berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

2. Kalsium dan Vitamin D3

Kalsium yang berperan penting dalam pembentukan dan kepadatan tulang dan gigi sedangkan Vitamin D3 berfungsi agar kalsium terserap secara maksimal.

3. Zinc dan Vitamin A

Berfungsi untuk membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan.

4. Zat Besi dan Vitamin C

Merupakan komponen hemogoblin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Kelebihan :

1. Walau harganya cenderung terjangkau oleh kalangan menengah dan bawah tapi nutrisi tetap terjaga.

2. Mudah ditemukan di Supermarket, Hypermart, dan Minimarket.

3. Ragam varian ukuran kemasan, dari 180 gr sampai 800 gr membuat konsumen memiliki banyak pilihan.

Kekurangan :

Memiliki kadar total gula tertinggi dibanding susu pertumbuhan lain di daftar ini, yaitu 18 gr.

Review :

“Anakku suka SGM 5 yang varian madu katanya enak dan manis. Setiap dibuatkann susu SGM langsung diminum sampai habis”. – Mommy Dwi, Tegal, Review di www.hometesterclub.com

SGM Eksplor 5+ memiliki ragam ukuran kemasan : 400 gr dan 900 gr, rasa yang tersedia : madu, vanila dan coklat. Ukuran 900 gr harganya berkisar Rp. 66.000.

Harga SGM Eksplor 5+ lebih rendah dibandingkan Sustagen School 6+ dengan ukuran 800 gr harga mulai dari Rp. 136.000 sampai Rp. 143.200.

5. Sustagen School 6+

Sumber : sustagen.co.id

Sustagen School 6+ diformulasikan oleh PT. Mead Johnson Indonesia yang mengandung nutrisi yang penting khusus untuk anak usia 6 sampai 12 tahun, mengandung :

1. Appetit Support Nutrients

Berfungsi untuk menambah nafsu makan anak.

2. Zat Besi

Merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

3. Asam Folat

Memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah.

4. Tiamin

Berperan sebagai koenzim perubahan karbohidrat menjadi energi.

5. Viramin A

Bermanfaat untuk mempertahankan keutuhan lapisan permukaan.

6. Vitamin C

Bermanfaat untuk membantu pembentukan dna pemeliharaan kolagen.

7. Vitamin B12

Sebagai koenzim dalam pembentukan asam nukleat.

8. Protein

Salah satu komponen esensial dalam pembentukan dan perkembangan anak, serta berperan dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Kelebihan :

Total gula dari susu pertumbuhan ini terendah dibandingkan total gula dari susu pertumbuhan lain di daftar ini, yaitu sebesar 11 gr.

Kekurangan :

Memiliki harga tertinggi di antara susu pertumbuhan yang lain yang ada di daftar ini.

Review :

“Sustagen adalah susu kesukaan anak saya yang pertama dan kedua karena lezat dan tentnya penuh nutrisi. Keduanya jadi anak yang aktif & tidak mudah sakit”. – Mommy Cristina, Jakarta, www.madjur.co.id

Sustagen School 6+ memiliki ragam ukuran kemasan 350 gr dan 800 gr, dengan varian rasa coklat, vanila, dan madu, tersedia juga dalam kemasan kotak dan kaleng. Ukuran 800 gr harga mulai dari Rp. 136.000 sampai Rp. 143.200. Harga susu Sustagen School 6+ lebih mahal Chil School Platinum dengan ukuran yang sama harganya berkisar Rp. 197.925.

Untuk mengetahui harga dari produk susu pertumbuhan di daftar diatas yang terupdate serta promonya Anda bisa membuka halaman hemat.id di seluruh Supermarket, Hypermarket, dan Minimarket di daerah di sekitar Anda.

Kesimpulan :

Itulah beberapa susu formula yang namanya sudah dikenal luas dan mudah didapatkan. Baik atau tidak baiknya suatu produk susu formula tidak hanya bisa dinilai dari harga tapi juga harus dibandingkan dari segi kandungan, dan yang terpenting kecocokan dari anak-anak kita sebagai konsumen yang sebenarnya. Misalnya dengan membandingkan total kadar gula pada tiap-tiap produk susu pertumbuhan yang cocok untuk anak umur 6 tahun keatas, total kadar gula Chil School Platinum 17 gr, Frisian Flag 456 Primanutri 15 gr, Dancow Datita 5-12 tahun 17 gr, SGM Aktif 4 Presinutri 18 gr, dan Sustagen School 6+ 11 gr.

Dari data total kadar gula di atas diketahui bahwa susu pertumbuhan Sustagen School 6+ memiliki total kadar gula terendah dibandingkan susu pertumbuhan yang lain. Namun Sustagen School 6+ harganya tertinggi dibanding susu pertumbuhan yang lain.

Setelah membandingkan dari segi nutrisi, kita akan dihadapkan dengan cocok tidaknya anak akan susu tersebut, karena setiap anak memiliki kondisi yang berbeda-beda. Tapi sayangnya untuk susu yang memiliki total kadar gula terendah di daftar ini, yaitu Sustagen School 6+ tidak memiliki kemasan kecil yang bisa menjadi tolak ukur bagi kita untuk mengetahui cocok tidaknya susu ini dengan anak. SGM memiliki kemasan terkecil yaitu 150 gr dan harganya juga sangat terjangkau. Untuk kandungan total gula pada susu pertumbuhan SGM tertinggi di antara susu pertumbuhan lainnya yaitu sebesar 18 gr.

Semoga tulisan ini dapat membantu bunda dalam menentukan pilihan produk susu yang tepat untuk si kecil, tuliskan pendapat, pertanyaan, dan juga bagi pengalaman bunda dengan satu atau beberapa produk susu yang pernah anak Anda coba.

Sumber :

//morinagaplatinum.com/id/produk/morinaga-chil-school-platinum

//klikdokter.com/tanya-dokter/

//frisianflag.com/produk/susu-ibu-balita/frisian-flag-4-5-6-primanutri

//sustagen.co.id/produk/6-tahun-keatas/sustagen-school-6

//sarihusada.co.id/Produk/SGM-Eksplor/SGM-Eksplor-5PLUS

//rewards.sahabatnestle.co.id/products/datita-3-5

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!