Tanaman Herbal Ini Dapat Menstabilkan Tekanan Darah Anda

Hipertensi atau lebih dikenal dengan darah tinggi merupakan penyakit yang sering disebut sebagai “pembunuh diam-diam”. Hal ini dikarenakan penyakit semacam ini sulit terdeteksi dan tersembunyi serta penderita hipertensi dapat mengalami komplikasi yang dapat mengancam nyawa.

Ada beberapa tanaman herbal yang bisa membantu menstabilkan tekanan darah Anda. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk mulai pengobatan herbal, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dahulu ke dokter agar mendapatkan saran yang akurat mengenai pengobatan herbal. Jenis herbal apa yang benar-benar sesuai dengan kondisi Anda, karena ada beberapa tanaman herbal yang dapat memberikan efek samping negatif jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dan jumlah yang besar. Berikut tanaman herbal yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah Anda :

1. Mengkudu

Menurut dr. Devika Y, dilansir dari website Alodokter, buah mengkudu mengandung banyak senyawa seperti alkaloida, betasitosterol, asam lemak, flavonoid, lignan, iridoid, Vitamin A-B3-C, kalsium, potasium, damnacanthal, sodium, katekin, zat besi, karbohidrat hingga serat. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara terbaik mengonsumsi mengkudu adalah dengan memarut buah mengkudu, lalu peras dan saring airnya hingga Anda mendapatkan 1 gelas. Kemudian tambahkan 2 sampai 3 sendok madu murni agar memberikan rasa manis.

2. Jahe

Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga dapat membantu untuk menstabilkan tekanan darah yaitu dengan meningkatkan sirkulasi darah dan juga mengendurkan otot-otot sekitar pembuluh darah. Anda dapat menambahkan irisan jahe segar ke dalam semua makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.

Ini Dia, Tanaman Herbal yang Mudah Ditanam dan Banyak Manfaatnya!

Sumber : pexels.com

3. Timun

Timun mengandung kalium, Vitamin C dan juga antioksidan. Kandungan kalium pada timun berguna untuk melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Periksalah tekanan darah Anda setiap 2 minggu sekali untuk mengetahui perkembangan tekanan darah. Jika tekanan darah sudah kembali normal disarankan untuk tidak meneruskan konsumsi timun. Timun dapat dikonsumsi dengan diparut lalu diambil sarinya untuk diminum atau bisa juga dijadikan lalap.

Sumber : pexels.com

4. Bawang putih

Bawang putih mampu melemaskan serta melebarkan pembuluh darah sehingga dapat melancarkan aliran darah dan berefek menurunkan tekanan darah. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat menyiapkan 2 siung bawang putih dan air panas sebanyak 250 ml, haluskan bawang putih, lalu masukkan ke dalam air panas. Air campuran bawang putih dapat diminum setelah air menjadi hangat. Selain di minum, bawang putih bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya ke makanan kesukaan Anda.

Sumber : pexels.com

5. Ketumbar

Dikenal sebagai bumbu masakan yang dapat menciptakan masakan yang nikmat. Ketumbar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Efek samping yang mungkin timbul adalah alergi, dehidrasi, penurunan kadar gula yang drastis sampai dengan sensitif terhadap cahaya. Ibu hamil dan menyusui tidak disarankan untuk mengkonsumsi ketumbar sebagai obat herbal.

Sebagai obat herbal, siapkan 1-2 sendok makan ketumbar, madu secukupnya dan air sebanyak 300 ml. Rebus ketumbar dan air dengan api kecil sampai air berubah warna, kemudian angkat dan dinginkan. Setelah hangat saring airnya dan berikan madu secukupnya.

Baca Juga : Jaga Kesehatan Jantung dengan Ini

Sumber : pexels.com

Pada kasus hipertensi, sebagian besar dipengaruhi dari genetik. Pilihan gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak terkontrol, kurang olah raga hingga stress dapat menjadi salah satu pencetus awal mula penyakit ini.

Dikutip dari Liputan6.com, Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Arijanto Jonosewoyo, Sp. PD menyarankan, untuk mengonsumsi obat-obatan herbal di pagi hari dan obat statin dikonsumsi pada malam hari. Hal ini dilakukan agar kedua obat tidak saling bertemu sehingga menyebabkan pengobatan menjadi tidak dapat bekerja secara maksimal.

Apakah Anda atau anggota keluarga Anda ada yang menderita penyakit hipertensi? Bagikan cerita Anda di kolom komentar di bawah pengobatan herbal apa saja yang Anda gunakan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sumber :

//hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/10-pilihan-obat-darah-tinggi-herbal/

//alodokter.com/komunitas/topic/darah-tinggi-dan-mengkudu