Sup Telur, Sarapan Simpel Dan Menyegarkan

Olahan telur ayam adalah “comfort food” buat anak-anak saya, terutama untuk si kakak. Mulai dari telur yang di goreng mata sapi, dadar, balado, orak-arik, omelete, ternyata masih banyak lagi olahan yang bisa kita buat dari telur ini.

Sumber : pixabay.com

Kandungan dalam telur

Telur mengandung gizi yang cukup lengkap, terdiri dari karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino yang sangat berguna bagi tubuh. Pada telur, Omega3 terkandung 15 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam biasa. Asam lemak Omega3 ini sangat penting pengaruhnya untuk kecerdasan otak anak, walau kecerdasan seorang anak tidak hanya dipengaruhi oleh asupan nutrisi saja tapi juga dari faktor genetik dan stimulasi lingkungan. Sehingga ketiga faktor ini haruslah seimbang agar hasilnya maksimal.

Telur tidak hanya enak dimakan namun mudah diolah dan bergizi pula, lengkap ya! Kini yang menjadi tantangan saya adalah menyajikan menu-menu baru olahan dari telur. Tidak hanya bisa disajikan kering, telurpun bisa kita olah menjadi sup yang nikmat disantap sebagai sarapan atau dimasukkan dalam menu makan malam.

Ide Sarapan Terbaik Agar Si Kecil Semangat Bersekolah

Dan inspirasi ini (lagi-lagi) saya dapatkan saat menonton salah satu acara di TVN yang berjudul “Korean Hostle In Spain”. Pada acara tersebut, pengisi acara menyajikan sup telur bersama nasi goreng yang awalnya menurut saya aneh tapi setelah saya mencoba ternyata perpaduan ini cukup enak dan anak-anak saya menyukainya. Langsung saja, berikut ini resepnya :

Sumber : tasteasianfood.com

Bahan :

2 butir telur ayam

500 ml air atau air dari rebusan ayam

1/2 sendok makan kaldu ayam

1/4 sendok teh kecap asin

Garam secukupnya

1/4 sendok teh lada bubuk

1 batang daun bawang, iris-iris

2 siung bawang putih

Cara Buat :

1. Siapkan panci, tuangkan air dan kaldu ayam (atau jika ada dapat menggunakan air rebusan ayam). Panaskan dengan api sedang dan aduk sampai kaldu larut.

2. Kocok lepas telur, lalu masukkan telur dan aduk sampai muncul serabut-serabut telur.

3. Masukkan garam, kecap asin, dan lada bubuk. Aduk-aduk kembali dan biarkan sampai mendidih.

4. Setelah mendidih, masukkan daun bawang aduk-aduk sebentar lalu matikan api.

5. Sajikan selagi hangat.

Inspirasi Sarapan Anak, Simple Pizza Roti

Tips :

Untuk 1 batang daun bawang, jika terlalu besar lebih baik masukkan sedikit saja. Karena saat pertama mencoba recook resep ini saya masukkan daun bawang terlalu banyak dan rasa daun bawangnya terasa kuat sekali sehinga rasa sup telurnya sendiri jadi kurang terasa. Kemudian Bunda bisa tambahan 1/4 sampai 1/2 sendok teh atau sesuai selera minyak wijen, fungsinya untuk memberikan rasa yang lebih gurih pada sup telurnya. Anda juga bisa menambahkan bakso ayam, bakso sapi, atau tambahkan sayuran. Beri secukupnya jika Anda mau dan jangan terlalu banyak karena hasil akhirnya akan menjadi seperti sayur soup bakso. ??

Jika Bunda menginginkan serabut-serabut telur yang terlihat besar-besar, Bunda bisa mengaduk sup dengan perlahan-lahan dan tidak sering-sering di aduk. Sebaliknya jika Bunda menginginkan serabut telurnya terlihat lebih kecil-kecil maka untuk mengaduknya harus lebih sering.

Mudah bukan cara membuatnya? Bahan-bahannya juga sangat mudah didapatkan dan tidak banyak persiapan yang diperlukan. Persediaan telur di rumah habis saat akan recook resep ini? Anda bisa membuka hemat.id untuk mengetahui harga telur dan promonya untuk semua Supermarket, Hypermarket dan Minimarket di sekitar Anda. Berikan saran dan komentar Anda seputar resep ini, sudah kah Anda mencoba membuat sup telur ini? Apakah keluarga Anda menyukainya? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya…