Top 7 Mi Instan Paling Pedas dan Terenak

Mi sudah menjadi makanan favorit setiap orang, namun tahukah Anda siapa pencipta mi instan? Mi instan diciptakan oleh Momofuku Ando pada tahun 1958 yang kemudian mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi produk mi instan pertama di dunia yaitu Chicken Ramen rasa ayam. Di Indonesia sendiri, mi instan yang pertama kali dipasarkan adalah Supermi, yang diproduksi oleh PT Lima Satu Sankyu yang kemudian berganti nama menjadi PT Supermi Indonesia dan PT Sanmaru Foods Manufacturing Indonesia Ltd yang berdiri pada tahun 1968.

Sebagai makanan cepat saji yang mudah dibuatnya, asalkan tahu cara mengolah dan porsi yang tepat maka Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.

Baca selengkapnya Cara Menikmati Mie Tanpa Khawatir

Nah, berikut 7 daftar mi instan kuah dan mi goreng terpedas dan terenak rekomendasi Hemat.ID :

1. Gaga 100 Extra Pedas

Sumber : gagafood.co.id

Gaga 100 Extra Pedas memiliki 3 varian rasa, yaitu Goreng Lada Hitam Level 3, Goreng Jalapeno Level 5, Kuah Soto Level 2,dan Kuah Jalapeno Level 5. Dengan berat untuk varian kuahnya 75 gram dan goreng 85 gram.

Banyaknya bubuk cabe pada Mi Gaga 100 Jalapeno adalah 1,12% sedangkan pada varian lada hitam hanya 0,44%. Bisa disimpulkan dari segi kepedasan, varian Jalapeno memiliki tingkat kepedasan yang lebih tinggi tapi rasanya tetap enak.

Dengan harga mulai dari Rp 2.000 – 3.500 Anda sudah bisa memiliki mi yang memiliki rasa pedas yang cukup nendang tapi juga memiliki varian rasa yang nikmat. Ada beberapa review dari pecinta mi pedas bahwa mi instan kuah dari varian Gaga 100 Extra Pedas ini memiliki rasa yang lebih pedas daripada mi gorengnya.

2. Indomie Goreng Ayam Geprek

Sumber : indomie.com

Mulai dipasarkan pada tahun 2019, Mi Indomie Goreng Ayam Geprek ini merupakan versi Indomie yang paling pedas diantara varian Indomie pedas lainnya. Aroma bumbu minyaknya dominan pedas cabai dan juga ada biji-biji cabai didalamnya serta potongan cabai segar pada taburannya. Kepedasan mi ini tidak sepedas Samyang dan rasa bumbunya mendekati bumbu Pop Mie Pedes Gledek, tapi level pedasnya tidak sepedas Pop Mie Gledek. Berat bersihnya 85 gram dengan harga sekitar Rp 2.500 – 3.000, Anda sudah bisa menikmati kepedasan Indomie Goreng Ayam Geprek ini.

Salah seorang kerabat saya mencoba menambahkan ayam geprek utuh ke dalam mi ini dan menurutnya rasanya bertambah enak. Dia pun menyarankan agar sambalnya level 3-5 saja agar tidak bertambah pedas. Kecuali bagi Anda yang suka sekali dan tahan dengan pedas silahkan menantang batas toleransi kepedasan kalian.

3. Pop Mie Goreng Pedas

Sumber : popmie.com

Saat berpergian jauh, Pop Mie adalah salah satu makanan yang wajib di bawa. Selain praktis dan pas, juga cocok untuk mengganjal perut yang sedang lapar. Nah sekarang Pop Mie telah mengeluarkan varian mie instan pedas dalam kemasan cup, yaitu varian goreng yang bernama Pedes Gledeek dan varian kuah Pedes Dower.

Kedua varian ini sama-sama pedas, tapi banyak orang yang sudah mencoba mi ini dan mengatakan bahwa varian mie kuah Pedes Dower memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan varian yang goreng. Aroma bumbu cabainya cenderung tajam dan membuat indra penciuman menjadi tidak nyaman. Menurut pendapat saya pedasnya Mie Pedes Dower lebih pedas dari Mi Samyang dan untuk sensasi pedasnya mirip-mirip dengan Mi Gaga 100 Extra Hot Jalapeno. Anda bisa mendapatkan Pop Mie varian pedas ini dengan harga mulai dari Rp 5.000 – 6.000 dengan berat 75 gram.

4. Arirang Extra Hot Fried Noodle

Sumber : gagafood.co.id

Walaupun memiliki nama bernuansa Korea dan menggunakan teknologi yang sama dengan mi instan Korea, Arirang Extra Hot merupakan mi yang satu produksi dengan Gaga 100 Extra Pedas, yaitu dari PT. Jakarana Tama Food Industry. Jadi, dijamin mi instan ini adalah mi produksi asli Indonesia. 

Arirang Extra Hot ini memiliki tiga varian rasa yaitu Extra Hot Fried Noodle, Tasty Chicken Fried Noodle dan Noodle Soup Bone Marrow. Dari ketiga varian ini yang memiliki tingkat kepedasan tertinggi dan bumbu rempahnya lebih terasa adalah mi instan Extra Hot Fried Noodle.

Banyak sekali penyuka mi instan pedas yang menyandingkan mi ini dengan mi instan Samyang yang berasal dari korea. Karena dari segi kepedasan dan varian rasanya hampir sama-sama enak. Tekstur mi tebal dan tidak terlalu kenyal serta ada aroma daun jeruknya.

Harga untuk Mi Arirang Extra Hot jauh lebih murah dibandingkan Samyang, yaitu mulai dari Rp 15.000 – Rp. 20.000 dengan berat sebesar 130 gram. Logo “Halal” sudah pasti dapat ditemukan pada di setiap kemasan Mi Arirang Extra Hot, sedangkan pada Mi Samyang belum semua produknya memiliki label “Halal” pada kemasannya.

5. Mi Instan Samyang

Sumber : samyangfoods.com

Samyang adalah mi instan yang berasal dari negara Korea Selatan. Mi ini memiliki 5 varian rasa, yaitu Hot Chicken Flavor Ramen, Hot Chicken Cheese, Mala, Jjang dan Carbonara. Samyang masuk dalam Amazon Choice untuk kategori mi instan pedas. Yang menjadi tolak ukur masyarakat menyukai mi ini adalah dari tampilan nya yang menarik, rasa yang enak dan harganya yang sesuai.

Harga Samyang yang cukup mahal membuat orang-orang harus berpikir beberapa kali untuk membeli produk ini. Karena harga yang ditawarkan berkisar Rp 18.000 – 35.000 per produk, tergantung di mana anda membelinya.

Kisaran harga mi instan lokal biasanya tidak lebih dari Rp. 10.000. Saat Samyang muncul dengan harga yang cukup tinggi untuk sebungkus mi instan tentu menjadi sesuatu yang menghebohkan masyarakat luas, apalagi ditambah dengan munculnya “Samyang Challenge“.

Samyang Challenge adalah review orang-orang yang memakan mi ini, biasanya dibuat dalam bentuk vlog (direkam di depan kamera). Kemudian orang-orang ini langsung memberikan pendapat dan kesan mereka mengenai mi Samyang. Ketenaran konten ini membuat masyarakat luas semakin penasaran untuk langsung mencoba kepedasan mi ini.

Samyang walaupun sangat pedas (menurut saya pribadi), bumbu nya tetap terasa enak lho. Jadi tidak hanya rasa pedas yang mendominasi rasa mi ini. Saya pun membaca beberapa review, baik dari dalam dan luar negeri rata-rata mereka memberikan penilaian yang sangat baik mengenai mi Samyang. Bahkan di website Amazon.com, dari 1.251 orang yang sudah membeli mi instan Samyang, ada sekitar 863 orang yang memberikan bintang 5 (dari 5) untuk produk ini.

6. Mie Sedaap Korean Spicy

Sumber : wingscorp.com

Digadang-gadang sebagai samyang KW Super oleh beberapa penggemar mi pedas, rasanya lumayan enak dan rasa pedasnya sangat menonjol hingga membuat suami berkeringat karena kepedasan.

Level kepedasan nya bisa kita tentukan, di dalam kemasannya terdiri dari mi, bumbu, minyak bumbu pedas, bubuk cabe dan topping kriuk.

Review dari salah satu teman saya yang sudah pernah mencoba mi ini (Dn, 35 tahun) dia suka dengan rasa pedasnya yang lumayan (karena dina pencinta pedas) mi-nya juga enak dan cukup kenyal.

Mi nya tebal mirip seperti Samyang jadi makan satu bungkus mi ini lumayan membuat kenyang. Harganya pun cukup murah sekitar 2.500 – 3.000, dengan berat 87 gr per kemasan.

7. Mi BonCabe

Sumber : boncabe.com

Boncabe yang lebih di kenal dengan sambal tabur akhirnya memperkenalkan produk terbaru nya di tahun 2020 ini, namanya Mi BonCabe. Mi-nya kenyal, dan tidak seperti mi pada umumnya yang berwarna kuning di kepingan mi nya juga sudah mengandung BonCabe sehingga warna mi-nya agak kemerahan, di makan langsung pun rasanya sudah enak.

Tekstur mi nya kenyal dan KOBE mengklaim Mi BonCabe lebih sehat karena tidak melalui proses goreng seperti mi instant biasa tapi di panggang dengan menggunakan oven, dibuat tanpa pengawet dan pewarna buatan. Bumbu nya terdiri dari 1 saset mini BonCabe Sambal Tabur level 15, 1 bungkus bumbu minyaknya.

Review dari Tyas yang berasal dari Jakarta Selatan di ambil dari Hometesterclub.com, memberikan bintang 4 dari 5 untuk mi BonCabe ini. Tyas memuji kemasan nya yang unik dari mi instan pada umumnya, dari segi rasa bumbunya enak dan tidak terlalu gurih. Mi-nya kenyal, porsi nya juga banyak sehingga Mi BonCabe ini wajib di coba. Lalu ada Soraya di Tangerang Selatan yang memberikan bintang 5 dari 5, lagi-lagi memuji kemasannya yang unik dan rasa pedasnya yang juara. Sayangnya mi BonCabe masih susah untuk ditemukan dan hanya tersedia di supermarket tertentu. Dengan berat bersih 105 gram harga Mi BonCabe berkisar antara Rp. 6.500 sampai dengan Rp. 11.000.

Kesimpulan :

Jika berbicara selera, tentu sifatnya relatif karena setiap orang memiliki selera masing-masing. Ada yang suka dengan rasa bumbu pedas tajam, ada juga yang lebih suka tekstur mi yang besar dan kenyal. Menurut saya sendiri, Indomie Goreng Ayam Geprek adalah juaranya. Saya suka dari segi kepedasan nya yang masih bisa ditoleransi oleh lidah dan tentu rasanya sangat enak. Dan untuk versi kuahnya Mie Sedaap Korean Spicy Chicken pantas bersanding dengan Indomie Goreng Ayam Geprek.

Tingkat toleransi kepedasan pada setiap tiap orang juga berbeda-beda. Tidak bisa dipungkiri bahwa mi instan Samyang adalah mi dengan level pedas tertinggi, tapi walau sebagai pendatang baru Mi BonCabe juga memiliki kelebihan tersendiri dari segi kepedasannya. Mi BonCabe menyertakan sambal bubuk level 15 andalannya yang terkenal pedas ditambah lagi di mi nya sendiri sudah terkandung sambal bubuk BonCabe jadi tidak salah jika mi ini saya sandingkan dengan mi instant Samyang dari segi kepedasannya. 

Untuk harga, mi instan Samyang memiliki harga tertinggi dengan isi 140 gram. Ini masih terbilang cukup wajar, mengingat isinya yang lebih banyak hampir 2 kali lipat dari mi instan lokal pada umumnya, yaitu sekitar 75 – 105 gram (tergantung merek dan variannya). Didukung dengan ketenarannya sebagai mi pedas yang cukup viral dan sudah banyak dikenal masyarakat. Tapi saat ini semua mata sedang tertuju pada Mi BonCabe yang sedang booming, apalagi di dukung oleh harga yang masih cukup terjangkau di bandingkan mi instant Samyang dan rasa pedasnya yang juga nendang, bisa-bisa penggemar mi instan Samyang berpindah ke Mi BonCabe nih…?

Jadi, Anda sudah coba mi instan pedas yang mana? Bagikan cerita Anda di kolom komentar ya.

Sumber :

  1. //indomie.com
  2. //popmie.com
  3. //gagafood.co.id
  4. //amazon.com
  5. //boncabe.com
  6. //wingscorp.com
  7. Review personal penulis, beberapa teman dan keluarga penulis.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!