Perlukah Membeli Microwave?

Microwave sangat membantu saya mempersingkat waktu dalam hal memanaskan dan juga memasak suatu masakan simple. Microwave sering sekali saya gunakan apalagi saat menyiapkan sarapan. Misalnya karena suami yang terbiasa sarapan pagi dengan nasi dengan lauk pauk lengkap. Entah saya akan memasak makanan pada malam sebelumnya atau menyisakan makanan malamnya dan memasukkannya ke dalam kulkas.

Jadi saat akan dihidangkan, saya hanya perlu memanaskan masakan saya dengan microwave. Nah, berikut beberapa alasan lainnya kenapa Anda mungkin membutuhkan microwave dirumah :

Sumber : Freepik.com

1. Untuk menghangatkan makanan

Seperti contoh yang sudah saya sebutkan diatas, punya microwave berarti Anda tidak perlu khawatir dengan makanan yang sudah dingin atau makanan sisa yang baru saja dikeluarkan dari lemari es. Anda tinggal memasukkan makanan tersebut ke dalam microwave dan setting lamanya pemanasan sesuai dengan tingkat kepanasan yang anda inginkan.

Fun fact : sebagai ibu dan orang yang bekerja di rumah, saya sering sekali menggunakan microwave untuk menghangatkan kopi yang sudah dingin karena lupa diminum akibat si kecil yang tiba-tiba merengek minta sesuatu, microwave bagi saya sangat membantu.

2. Anti gosong

Microwave memiliki fitur waktu atau timer untuk setiap prosesnya, misalkan Anda ingin menghangatkan sayur yang berkuah cukup di suhu sedang dengan waktu 3 menit. Tapi jika masih kurang panas, tambahkan lagi 3 menit. Setelah 3 menit, maka microwave akan segera mati secara otomatis. Jadi tidak perlu khawatir gosong.

Baca Juga : Tagihan Listrik Melonjak? Coba Tips Hemat Listrik Berikut

3. Mempersingkat waktu

Memasak atau menghangatkan makanan atau minuman dengan microwave cenderung lebih cepat daripada menggunakan kompor, paling cepat 2-3 menit tergantung jenis makanan dan kebekuan makanan. Dengan singkatnya waktu menghangatkan maka kita juga menghemat energi. 

4. Praktis

Anda tidak perlu mengganti wadah dari makanan saat akan dihangatkan di microwave. Berbeda jika Anda akan menghangatkan makanan atau minuman dengan menggunakan kompor. Anda perlu memindahkan makanan ke panci atau wajan masak dahulu baru bisa mulai menghangatkan.

Sumber : ichef.bbci.co.uk

5. Dapat memasak makanan yang sederhana

Microwave tidak melulu hanya untuk menghangatkan makanan saja tapi juga bisa memasak beberapa masakan sederhana, seperti :

  • Telur orak-arik

Kocok 1-2 butir telur ke dalam mangkuk, lalu masukkan ke dalam microwave dengan suhu sedang selama 30 detik.

  • Brownies dalam mug

Campurkan telur, mentega, tepung dan bubuk coklat ke dalam mug, masak dengan microwave hingga matang.

  • Mie instan

Didihkan terlebih dahulu air dalam microwave, masukkan mie instan. Panaskan kembali sampai mie lembut dan masukkan bumbu-bumbunya, aduk rata.

  • Popcorn

Cukup masukkan jagung ke dalam kantong berbahan kertas atau wadah anti panas yang memiliki tutup, lalu masak beberapa menit saja. Setelah matang anda bisa tambahkan bumbu kesukaan Anda dan keluarga.

6. Fitur defrosting

Fitur ini berguna untuk mencairkan makanan yang beku, jadi anda tidak perlu mendiamkan daging ke rak kulkas bawah sehari sebelum. Tapi anda bisa langsung mencairkan daging yang baru saja dikeluarkan dari freezer.

Tapi di samping kelebihannya yang cukup banyak, microwave memiliki beberapa kekurangan, seperti :

a. Penggunaan daya nya yang cukup besar, sekitar 600 watt sampai dengan 1000 watt.

b. Hanya wadah tertentu yang bisa dimasukkan ke dalam microwave, jika menggunakan wadah plastik maka hanya gunakan plastik yang bebas BPA.

Gunakan wadah yang memang memiliki tanda aman untuk dimasukkan ke dalam microwave, karena ada beberapa piring keramik yang bisa pecah dan wadah berbahan plastik yang bisa meleleh jika dimasukkan kedalam microwave.

c. Harganya cukup mahal, berkisar diatas Rp. 1.000.000 – Rp. 5.000.000.

Pilihlah microwave yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Anda bisa membuka hemat.id untuk mendapatkan detail spesifikasi, harga promo terbaik dan dimana bisa membeli microwave yang cocok untuk kebutuhan keluarga. 

Microwave apa yang Anda gunakan di rumah? Microwave merk apa yang Anda rekomendasikan? Tuliskan di kolom komentar di bawah ya..

Sumber :

  1. //id.sharp/
  2. //science.nasa.gov/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!