7 Manfaat Tak Terduga Bagi Anak Jika Memelihara Hewan

Anak-anak secara alami menyukai hewan tapi kebanyakan dari kita orang tua yang merasa khawatir dan enggan mengizinkan anak kita memelihara hewan, biasanya alasan utama adalah bisakah mereka merawatnya atau nanti pada akhirnya malah kita yang akan kerepotan mengurus rumah dan juga peliharaan mereka.

Jangan dulu pesimis, jika sudah ada komitmen di awal dan pembiasaan pada anak bisa-bisa keberhasilan anak dalam merawat hewan peliharaan mereka akan lebih dari harapan anda.

Jika anda masih merasa khawatir anda bisa memulai dengan membiarkan anak memelihara hewan piaraan yang mudah untuk dirawat, seperti memelihara ikan atau mungkin hamster.

Karena ada banyak sekali manfaat memelihara hewan untuk anak, berikut manfaatnya :

1. Teman yang tidak menghakimi

Sumber : hir.ma

Menurut Mary Renck Jalongo, PhD, profesor pendidikan di Indiana University of Pennsylvania dan penulis The World of Children and Their Companion Animals. Telah lama diketahui bahwa hewan bisa membantu anak-anak yang mengalami perkembangan menantang, anak-anak bisa mendapatkan keuntungan dari adanya teman yang tidak menghakimi.

Dalam sebuah penelitian, anak-anak diminta membaca di depan teman sebaya, orang dewasa, dan seekor anjing. Periset memantau tingkat stres mereka, dan menemukan bahwa anak-anak paling rileks di sekitar hewan, bukan manusia.

2. Sumber Kenyamanan

Sumber : Parenting Healthy Babies

Hewan juga merupakan sumber kenyamanan bagi anak. Menururt Dr. Melson yang bertanya kepada sekelompok pemilik hewan berusia 5 tahun apa yang mereka lakukan saat mereka merasa sedih, marah, takut, atau ketika mereka memiliki rahasia untuk dibagikan. Lebih dari 40 persen secara spontan disebutkan beralih ke hewan peliharaan mereka. “Anak-anak yang mendapatkan dukungan dari teman hewan mereka dinilai oleh orang tua mereka karena kurang cemas dan menarik diri,” katanya.

3. Melatih anak untuk belajar mengurus orang lain

Sumber : reference.com

Dengan memelihara hewan akan memunculkan kemampuan untuk merawat orang lain melalui hewan peliharaan, kemampuan untuk merawat orang lain bisa dilatih dari saat mereka sangat muda.

4. Membangun rasa tanggung jawab

Sumber : Pinterest

Dengan mempunyai hewan peliharaan anak-anak akan mulai belajar untuk memiliki rasa tanggung jawab untuk mengurus kebutuhan hewan peliharaanya, mulai dari memberi makan, memandikan, dan merawat hewan peliharaan mereka.

Melakukan kegiatan ini akan memberi pelajaran mengenai tugas dan membuat anak merasa bisa di andalkan, mereka juga belajar mengenai empati dan kasih sayang dengan melalui hewan peliharaan mereka.

5. Membuat anak lebih bahagia

Sumber : Somerzby Chicken Coops

Saat mereka bisa melihat peliharaan mereka mulai tumbuh lebih besar, pasti akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi anak-anak. Karena mereka ikut andil dalam proses tumbuh kembang peliharaan mereka, ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada anak juga.

6. Menambah teman baru

Sumber : More4Momz

Dengan memiliki hewan peliharaan dapat membuka kesempatan untuk anak mendapatkan teman baru, karena hewan bisa menjadi jembatan untuk anak lain mau berkomunikasi dengan anak kita yang mungkin memiliki sifat pemalu dan tertutup.

7. Membuat anak lebih aktif

Sumber : quora.com

Dengan mempunyai hewan peliharaan anda bisa menjauhkan anak-anak dari gadget dan televisi, misalnya dengan mengajak anjing untuk bejalan-jalan di taman atau mengajak mereka bermain, mengajak kelinci atau kucing mereka untuk bermain di halaman rumah, jika anak memelihara kura-kura, mereka bisa mengajak kura-kura kesayangan mereka untuk berjalan-jalan di taman bermain dengan membawa tempat khusus untuk membawa kura-kura.

Ada banyak sekali pilihan hewan piaraan yang bisa anda pilih, baik dengan membelinya di toko hewan atau di tempat adopsi hewan. Ajak anak dan keluarga untuk memutuskan bersama-sama hewan peliharaan apa yang sesuai dengan keluarga dan lingkungan rumah anda.

Berikan makanan dan perawatan yang terbaik untuk hewan peliharaan anda, karena jika hewan peliharaan anda sehat dan terawat tentu akan berdampak baik untuk keluarga. Anda pun bisa membuka hemat.id untuk mendapatkan berbagai varian makanan untuk peliharaan anda dengan harga promo termurah dan juga perlengkapannya di berbagai supermarket, minimarket dan hypermarket di sekitar anda.

Apakah di rumah anda memiliki hewan peliharaan? hewan peliharaan apa yang anak anda pilih? bagikan pengalaman dan cerita anda mengenai hewan peliharaan anak anda di kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

1. https://www.parents.com/parenting/pets/kids/the-benefits-of-pets/

2. https://www.petcentric.com/articles/breeds/5-benefits-of-dogs-and-children-growing-up-together