5 Hal Penunjang Work from Home

Pandemi yang sedang terjadi saat ini membawa perubahan bagi banyak hal. Salah satu perbedaan yang sangat dirasakan oleh para pekerja karena adanya virus Covid-19 ini adalah rutinitas bekerja baru dari rumah yang kini umum disebut work from home atau sering disingkat sebagai WFH. Arahan dari pemerintah untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah, membuat banyak perusahaan menerapkan kebijakan work from home. Cara ini dirasa paling efektif dan juga efisien untuk membantu mengurangi angka penularan Covid-19. Apakah Anda setuju terkait kebijakan ini?

Di balik bermacam alasannya, bekerja dari rumah tentu memiliki tantangan tersendiri serta memiliki berbagai kelebihan maupun kekurangan bagi para pekerja. Jika kita lihat dari segi keuntungannya, pastinya waktu untuk quality time dengan keluarga menjadi lebih banyak, ongkos perjalanan dan biaya makan menjadi lebih hemat, tidak perlu bersusah payah menghadapi kemacetan, lebih fleksibel, hingga bisa bangun tidur lebih siang dari biasanya. Sementara kekurangan dari kebijakan work from home, antara lain seringkali terjadi gangguan seperti sinyal internet yang kurang baik, suara ribut dari anak yang sedang bermain atau bahkan menangis, juga tagihan listrik, pulsa dan internet yang membengkak.

Work from home yang nyaman merupakan dambaan banyak orang. Oleh karena itu, berikut ini kami sajikan 5 hal penunjang work from home nyaman yang bisa Anda terapkan di rumah :

1. Komputer dan internet

Perangkat paling krusial yang saat ini perlu dimiliki untuk dapat bekerja dari rumah adalah laptop atau komputer. Jika kita menggunakan komputer, biasanya diperlukan pula webcam untuk mendukung interaksi face to face secara jarak jauh. Di samping itu, perangkat-perangkat pendukung seperti mouse hingga head set juga sangat dibutuhkan untuk mempermudah pengoperasian laptop maupun komputer, terutama saat melakukan meeting online.

Tidak dapat dipungkiri, internet dengan sinyal yang baik juga sangatlah diperlukan untuk kenyamanan work from home. Oleh karenanya, berbagai provider internet pun gencar menawarkan berbagai pilihan promosi di tengah pandemi yang sedang berlangsung ini. Pastikan Anda selektif untuk memilih provider internet dengan jangkauan sinyal terbaik. Tentu akan sangat menyebalkan apabila koneksi internet terputus-putus saat Anda sedang meeting online bersama klien.

Pastikan perangkat laptop atau komputer yang Anda punya, memiliki fitur-fitur unggulan yang dapat mendukung proses kerja Anda. LCD hingga televisi android, juga menjadi beberapa alternatif pilihan perangkat pendukung WFH yang dapat dengan mudah diintegrasikan dengan perangkat personal computer. Khusus bulan ini, Courts mengadakan promo terbaik untuk produk laptop khususnya untuk brand Asus, Lenovo dan HP. Cek informasi lengkapnya dengan klik di sini dan pilih produknya sesuai kebutuhan Anda.

Untuk menunjang kelancaran bekerja dari rumah, saat ini banyak sekali aplikasi virtual yang menyediakan sarana video conference gratis. Beberapa aplikasi meeting online penunjang work from home yang umum digunakan antara lain Zoom, Skype, Microsoft Teams hingga Google Meet. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda sendiri sudah coba aplikasi yang mana?

Baca Juga : Zoom, Google Meet & Ms Teams, Apps Mana yang Terbaik?

2. Ruang kerja nyaman

Selain laptop, hal penting lainnya yang perlu disiapkan selama kerja di rumah adalah ruang kerja dengan meja dan kursi kerja yang nyaman. Ditambah setiap harinya duduk di depan layar selama kurang lebih 8 jam bahkan lebih, tentu bukanlah perkara yang mudah jika tidak diimbangi dengan fasilitas yang mendukung kenyamanan di ruang kerja kita. Untuk ruangan, pilihlah sudut ruangan terbaik sebagai tempat kerja Anda, setidaknya jauh dari kebisingan dan lalu lalang orang-orang di rumah. 

Apakah Anda suka bekerja sambil memangku laptop di atas paha? Jika iya, hindari segera kebiasaan buruk ini! Paparan panas yang ditimbulkan laptop bisa menimbulkan efek yang berbahaya pada kesehatan, apalagi jika secara terus menerus bersentuhan langsung dengan kulit. Bagi Anda yang ingin lebih praktis, menggunakan meja lipat sebagai alas laptop menjadi solusi terbaik. Penggunaannya pun membuat kita mudah berpindah tempat atau mobile, sehingga tidak mudah bosan saat bekerja. Selain itu, harganya yang lebih murah pun bisa menjadi pertimbangan.

Referensi meja laptop dari Courts ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Selain bisa menghemat biaya dan tempat, penyimpanannya pun mudah yaitu cukup dilipat saja. Cara membersihkannya pun juga sangat mudah, apalagi jika Anda suka menyanding air minum hingga kue di meja. Sering-sering untuk mengelap permukaan meja dengan kain atau tisu basah. Keuntungan lain dari penggunaan meja lipat adalah memungkinkan kita untuk bekerja di atas sofa maupun tempat tidur yang memberikan kesan comfy.

meja laptop
Sumber : Courts

Selain meja kerja, jika ada budget lebih, kita bisa menambahkan sofa yang nyaman di ruang kerja. Sofa tersebut memungkinkan kita untuk beristirahat sejenak dari penat ketika waktu istirahat tiba atau selama ada jeda meeting. Bersandar sebentar tentu akan menjadikan tubuh kita semakin rileks setelah sibuk bekerja seharian. 

Harga Terbaik untuk Produk Sofa, Cek di Sini

Sofa
Sumber : Courts

3. Jam Dinding

Bekerja dari rumah seringkali membuat kita lupa akan waktu untuk makan, mandi, beristirahat dan sebagainya. Sehingga sangatlah penting untuk menyematkan jam dinding di ruangan tempat kita bekerja.

Sering mendengar ungkapan waktu adalah uang? Seperti yang kita tahu, ungkapan tersebut mengingatkan kita bahwa waktu adalah sesuatu yang sangat berharga dan tidak boleh kita sia – siakan. Oleh karena itu, jam dinding di ruang kerja tentu bisa membantu kita untuk senantiasa mengingat waktu makan dsb, atau kita bisa menggunakan alarm pada handphone untuk menandakan waktu meeting, istirahat maupun makan.

4. ATK dan hiasan meja

Tentu alat tulis kerja atau biasa disingkat sebagai ATK merupakan hal wajib yang perlu ada di meja kerja. Mulai dari pulpen, spidol, pensil, penghapus, hingga stabilo mungkin akan kita butuhkan untuk menunjang pekerjaan kita, kalkulator juga mungkin diperlukan.

Untuk mengurangi kesan monoton dan menjadikan meja kerja kita terasa lebih hidup, kita juga bisa menambahkan hiasan meja berupa tanaman seperti artificial plant yang minim perawatannya. Tanaman hidup seperti kaktus mini juga bisa ditambahkan agar kita lebih semangat dalam bekerja dan sekaligus berguna untuk mempercantik meja kerja.

Artificial plant
Sumber : Courts

Selain itu, lampu kerja juga perlu disiapkan jika kita sering bekerja hingga larut malam. Apalagi jika ruangan kerja yang kita ciptakan berlokasi di kamar tempat anak atau pasangan kita tidur ketika malam tiba. Tentunya keberadaan lampu kerja sangatlah dibutuhkan untuk kenyamanan bekerja.

Simak di Sini : 6 Tips Tetap Produktif Meski Sedang #DiRumahAja

5. Cemilan dan air minum

Selain berbagai hal di atas, poin berikut juga tidak boleh dilewatkan begitu saja, karena akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan performa kerja kita. Walaupun sedang dalam keadaaan sangat sibuk sekalipun, penting bagi kita untuk menyempatkan diri rutin minum air putih setidaknya sebanyak 2 liter atau minimal 8 gelas dalam satu hari. Perhitungan tersebut bisa berbeda pada setiap orang, bisa disesuaikan dengan aktifitas dan kondisi tubuh masing – masing.

Manfaat air putih antara lain menghindarkan kita dari resiko dehidrasi, meningkatkan kinerja otak, membantu melancarkan proses pencernaan, meningkatkan imun tubuh, menghindari gangguan ginjal, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga dipercaya dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Sebagai penambah energi, Anda juga bisa menyiapkan berbagai jenis snack atau cemilan yang sebaiknya memiliki gizi seimbang. Beberapa contoh cemilan sehat yaitu salad, buah – buahan, kurma, almond, granola, edamame, dark chocolate, yoghurt, oatmeal, ubi, atau kismis. Anda juga dapat membuat cemilan homemade agar terjamin kualitasnya. Sementara untuk informasi cemilan yang sedang promo, Anda bisa mengeceknya di Hemat.id dan Aplikasi Kliptalog. Sandingkan minuman hingga makanan ringan di meja kerja Anda sebagai recharge energi saat bekerja.

Demikian 5 hal penunjang work from home nyaman versi Hemat.id. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan WFH Anda semakin lebih produktif ya. Selain 5 poin di atas, apa hal – hal lain yang dirasa perlu untuk menunjang kenyamanan work from home? Silahkan share di kolom komentar di bawah ini.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!