Aman Dan Nyaman Saat Bersepeda

Di masa pandemi ini, pesepeda makin hari makin banyak saja. Terbukti dengan ramainya pesepeda yang berseliweran baik di jalan-jalan raya maupun yang sengaja menjajal rute di pelosok-pelosok kampung. Ada yang suka bersepeda sendiri, ada yang mengajak keluarga,  teman dan juga dengan pasangan. Bersepeda memang menyenangkan ya, apalagi jika dilakukan pada pagi hari, udara yang masih segar membuat kita fresh dan badan jadi sehat.

Pandemi COVID-19, Boleh Keluar Rumah, Asal…!

Anda bisa bersepeda secara rutin selama 30 menit setiap pagi atau sore secara rutin untuk mendapatkan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Ada banyak sekali manfaat bersepeda untuk tubuh kita, seperti untuk menjaga kesehatan jantung, mengontrol berat badan, mengurangi stress, depresi dan gangguan kecemasan.

Sayangnya masih saja ada beberapa orang yang lalai akan keamanan diri dan orang lain. Padahal keamanan dalam bersepeda sangat penting baik untuk pengendara sepeda itu sendiri maupun orang lain.

Kali ini saya akan mencoba untuk memberikan beberapa tips agar selalu aman dan nyaman saat akan bersepeda :

Sumber : AliExpress

1. Sepeda yang tepat

Pilihlah sepeda yang sesuai dengan tinggi dan badan dan panjang kaki Anda. Sesuaikan stang dengan panjang tangan Anda agar tidak mengalami pegal-pegal pada bahu. Pilih bantalan sepeda yang nyaman untuk Anda duduki dalam jangka waktu lama.

Sumber : Getty Images

2. Mematuhi protokol

Tentu kita sudah sangat memahami protokol apa yang harus dipatuhi di masa New Normal ini, seperti memakai masker dan tidak berkerumun atau menjaga jarak dengan orang lain selain rombongan kita sendiri.

3. Penggunaan masker

Sudah beberapa kali saya dengar tentang kejadian orang yang tiba-tiba pingsan atau bahkan sampai meninggal dunia karena memakai masker saat mereka sedang bersepeda. Hal ini dijelaskan oleh dr Vito A Damay, SpJP, Dokter jantung yang praktek di Siloam Hospital, bahwa penggunaan masker saat bersepeda sedikit banyak memang menghalangi pertukaran udara. Namun risiko penumpukan karbondioksida juga dipengaruhi dengan jenis masker dan seberapa rapat masker itu menutupi area wajah.

Untuk amannya gunakan face shield dan masker saat anda akan bersepeda, buka masker tapi tetap gunakan face shield saat sedang menggowes sepeda. Gunakan kembali masker Anda kembali saat berhenti, sedang berinteraksi atau mendekati kerumunan.

4. Gunakan lampu malam

Jika Anda akan bersepeda pada malam hari, maka jangan lupa untuk memasang lampu pada sepeda Anda. Letakkan di bagian belakang di bawah jok sepeda dan di bagian depan yang diletakkan di stang sepeda anda. Hal ini akan sangat berguna agar pengendara lain dapat melihat Anda, sehingga tidak terjadi kecelakaan.

Sumber : caask.ca

5. Gunakan kelengkapan dan pakaian yang tepat

Apa saja sih kelengkapan bersepeda? Gunakan helm dengan warna yang mencolok dan sarung tangan. Pakailah pakaian berlengan panjang dan nyaman, jangan gunakan pakaian yang membuat Anda jadi sibuk membenarkan pakaian Anda sepanjang perjalanan.

Gunakan celana sepeda atau legging, jangan gunakan celana jeans atau celana jenis kulot. Karena celana jeans sangat tidak nyaman digunakan saat bersepeda dan celana sejenis kulot sangat mengganggu konsentrasi Anda dalam bersepeda karena bentuknya yang sangat lebar di bagian bawahnya. Anda bisa menggunakan pakaian dengan bahan tetro-reflective seperti pada rompi pekerja konstruksi, yang mana warna yang dikeluarkan tampak lebih cerah dari warna lain.

Sumber : Wikabeton

6. Mengetahui tanda isyarat tangan dasar dalam bersepeda

Kalau kendaraan bermotor dan mobil memiliki lampu sein untuk memberi tanda pada pengguna kendaraan lain bahwa kita ingin berbelok ke kanan atau ke kiri sedangkan pada sepeda tidak ada. Solusinya adalah paling tidak Anda harus mengetahui tanda dasar isyarat tangan dalam bersepeda, untuk berbelok, berhenti, memberi jalan, atau memberi aba-aba meminta pengendara lain untuk pelan-pelan.

Selalu berkendara di bagian kanan jalan, jangan pernah melawan arus lalu lintas untuk menghindari kecelakaan. Jika Anda berkendara sendirian, Anda pasti akan tergoda untuk menggunakan headphone. Lebih disarankan untuk tidak menggunakan headphone atau gunakan volume yang rendah agar Anda tetap waspada pada sekitar Anda.

Belum punya sepeda? Wah, segera buka hemat.id untuk mendapatkan informasi promo sepeda terhemat di daerah sekitar Anda. Selain sepeda Anda juga bisa melihat-lihat kelengkapan sepeda lainnya agar Anda tetap merasa aman dan nyaman saat bersepeda.

Bagikan cerita Anda saat bersepeda? Apa hal menyenangkan yang paling Anda suka saat bersepeda? Tuliskan cerita Anda di kolom komentar di bawah ini.

Sumber :

//betterhealth.vic.gov.au/

//bicycling.com/

//caloriebee.com/

//exchange.aaa.com/

//www.geico.com/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!