5 Tips Menata Kamar Tidur yang Sehat & Nyaman

Kamar tidur tidak hanya berfungsi sebagai tempat beristirahat di malam hari. Kamar tidur pribadi pada umumnya menjadi ruang favorit ternyaman untuk menikmati waktu sendiri, atau yang sering disebut “me time”. Selain tempat untuk beristirahat dan menyimpan barang pribadi, kamar tidur juga menjadi tempat yang memiliki privasi di saat Sahabat Hemat bisa melakukan hobi atau kegiatan lainnya tanpa ada interupsi dari kerabat Anda. Tentunya akan lebih nyaman dan bikin betah jika kamar Sahabat Hemat didekorasi sesuai dengan karakteristik yang Anda sukai. Penting juga untuk memperhatikan poin-poin penting yang menjadikan kamar Anda sehat untuk dinikmati dalam jangka waktu yang lama saat Anda di dalam kamar.

Tidur yang cukup dan berkualitas merupakan hal primer dalam menjaga kesehatan. Rata-rata manusia memakai sepertiga waktu hidupnya untuk tidur guna memenuhi kesehatan fisik dan mental. Tak hanya untuk memulihkan tenaga dan fungsi otak, tidur juga dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh atau imunitas seseorang. Saat tidur terjadi regenerasi sel-sel tubuh, otot menjadi rileks,suhu tubuh dan tekanan darah menjadi turun, napas menjadi lebih lambat dan otot jantung berdenyut lebih santai. Saat tidur sel-sel seluruh organ tubuh termasuk sel otak, sel kulit dan sistem hormon memiliki kesempatan untuk regenerasi. Dengan memiliki waktu tidur yang berkualitas dan cukup, Sahabat Hemat dapat menjaga metabolisme tubuh, mengurangi resiko serangan jantung,mengatasi hipertensi, meningkatkan imunitas tubuh, memiliki kulit yang lebih sehat dan menajamkan kecerdasan otak serta memiliki emosi dan mental yang sehat.

Menyadari betapa pentingnya tidur bagi kesehatan, tentunya Sahabat Hemat perlu mencari tahu apa saja yang diperlukan untuk mencapai tidur yang berkualitas agar mengurangi resiko dari berbagai penyakit akibat kurang tidur. Mencegah lebih baik daripada mengobati, betul ? 

Perihal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas ialah asupan makanan dan minuman yang tepat, pengaturan kegiatan saat Anda terjaga seperti kegiatan bekerja, olahraga dan rekreasi, termasuk membatasi keterikatan pada gawai jika sudah tiba waktunya tubuh Anda tidur dan beristirahat. Bagi saya, menciptakan suasana kamar tidur yang sehat dan nyaman merupakan poin yang menjadi tonggak utama, karena akan sulit mencapai kondisi tidur lelap jika kasur maupun suasana kamar tidak nyaman.

Berikut 5 tips menata kamar tidur yang sehat & nyaman:

Sirkulasi udara dan pencahayaan yang memadai

Kamar yang sehat mutlak perlu memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan sinar matahari yang cukup. Bukalah jendela setiap pagi dan siang agar terjadi pergantian udara dan sinar matahari masuk, agar kamar terhindar dari udara  lembab dan mencegah timbulnya jamur. Jika kamar Sahabat Hemat tidak memiliki jendela, Anda dapat membuka pintu saat siang hari untuk beberapa saat agar terjadi pergantian udara. Memasang  AC dan air purifier juga dapat menjadi salah satu solusi untuk kamar yang tidak memiliki jendela. Pilihlah AC yang ekonomis sesuai kondisi ruangan, dipadukan dengan memakai air purifier  atau penyaring udara agar menjadikan udara di kamar Anda menjadi bersih dan sehat. 

Kami memiliki rekomendasi pilihan hemat AC dan air purifier untuk melengkapi kamar Anda:

SHARP AH-A5VEY | AC 1/2PK

AC ini memiliki fitur turbo cooling yang dapat mendinginkan ruangan dengan cepat, memakai freon yang ramah lingkungan serta yang menarik adalah konsumsi daya listrik yang hemat yaitu 350 watt saja.

DAIKIN MC30VVM-H | Air Purifier

Penyaring udara Daikin ini cocok untuk kamar seluas 21,5 meter, dengan deodorizing HEPA filter serta memiliki fitur economode atau mode ekonomis dimana konsumsi daya listrik dapat otomatis menyesuaikan antara 5.5/6/11/16 watt

Sumber gambar: pexels.com

Baca juga Pilihan AC Dengan Filter Anti Bakteri & Virus

Cat dinding kamar dengan cat tembok yang memiliki fitur anti virus dan anti mikroba

Warna dinding kamar dapat berpengaruh pada suasana kamar dan hati Anda. Sahabat Hemat dapat memilih warna cerah dan hangat untuk kamar tidur Anda. Mengecat ulang kamar tidur dibutuhkan jika beberapa bagian dinding sudah mulai mengelupas atau berjamur dan kusam. Saat ini sudah ada cat tembok dengan bahan anti virus dan anti bakteri, salah satunya cat tembok virus guard+ dari Nippon paint.

Berinvestasilah untuk kasur yang sehat dan nyaman

Karena tidur yang berkualitas merupakan kebutuhan primer bagi kesehatan Anda, memilih kasur berkualitas yang dapat mendukung kesehatan Anda merupakan suatu investasi yang bijak. Pilihlah produsen kasur yang memberikan garansi setidaknya 10 tahun, sehingga walau harganya lumayan tinggi, namun kualitasnya terjaga untuk waktu yang lama. Kasur yang dapat menopang tubuh dengan sempurna akan membantu kesehatan tulang dan postur tubuh Anda. Bila Sahabat Hemat merasakan pegal-pegal atau sering disebut istilahnya “salah bantal”, bisa jadi karena kasur Anda tidak dapat menopang tubuh dengan baik, sehingga saat bangun tidur otot terasa pegal. Sahabat Hemat dapat memilih jenis kasur orthopedic, agar postur tubuh dapat terjaga dengan baik.

Sumber gambar: courts.co.id

Quantum orthopedic springbed dapat menjadi salah satu pilihan kasur orthopedic dengan harga terjangkau dibandingkan harga dari produsen sejenis lainnya. Quantum springbed merupakan perusahaan dalam negeri yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun produksi. Quantum orthopedic matras memakai bahan hypoallergenic natural latex yang tahan lama dan memiliki fleksibilitas yang tinggi dan didukung dengan pegas jenis bonnel yang kuat untuk menopang tulang belakang.

Beli Promo Quantum orthopedic springbed di Courts BTM

Beli Promo Quantum orthopedic springbed di Courts Bintaro

Beli Promo Quantum orthopedic springbed di Courts Megastore KHI

Beli Promo Quantum orthopedic springbed di Courts MBH

Bila Sahabat hemat sedang membutuhkan satu set tempat tidur yang dilengkapi dengan kasur orthopedic, Courts sedang memberikan diskon sebesar 60 % di bulan November 2021 untuk Lady Americana Dr.Hard Bed Set Queen ukuran 160 x 200 cm. Anda bisa mendapatkan bed set dengan kasur orthopedic Dr Hard Lady Americana yang menggunakan teknologi pegas flexsense yang dapat menopang tulang punggung Anda dengan maksimal, disertai dengan tambahan bonus gratis 2 bantal, 2 guling dan mattress protector.

Baca juga: Spring Bed Versus Kasur Busa, Mana yang Terbaik?

Hindari menyimpan terlalu banyak barang di dalam kamar tidur

Pilihlah furnitur yang sesuai dengan luas kamar Anda, dengan memperhitungkan penempatan dan ruang gerak yang nyaman. Letakkan barang pribadi dengan rapi dan terlindung dari debu. Hindari menumpuk barang di kasur atau di meja kamar, selain dapat menyimpan debu, juga tak baik secara psikologis jika ada tumpukan barang di dalam kamar tidur. Sahabat Hemat dapat meletakkan sebuah lemari pakaian dan sebuah meja dengan jumlah laci yang cukup. Memilih furnitur yang satu set atau satu tone warna dapat memperindah tampilan kamar.

Lemari tiga pintu dapat menjadi pilihan yang tepat, jika jumlah pakaian Anda tidak terlalu banyak, ruang dalam lemari juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan koleksi tas hingga buku.
Dapatkan info promo diskon harga lemari di hemat.id di sini.

Meletakkan tanaman hias dan dekorasi simpel

Dekorasi kamar tidur dapat meningkatkan mood dan kenyamanan Anda. Pilihlah dekorasi yang sesuai dengan karakter Sahabat Hemat. Memasang pigura foto atau lukisan yang Anda sukai dapat menjadi pemanis dinding yang bermakna. Anda juga dapat meletakan pot mini dengan tanaman dekoratif yang sesuai untuk di dalam ruangan. Tanaman hias dapat menambah kesejukan udara di dalam kamar, menyerap polutan, membersihkan udara dan juga memperindah tampilan interior kamar tidur Anda. Jenis tanaman hias yang sehat untuk diletakkan di dalam ruangan diantaranya:

Peace Lily

Peace Lily merupakan salah satu tanaman pembersih udara terbaik, yang dapat menyerap berbagai polutan seperti karbon monoksida, formaldehida dan benzena. Kemampuannya membersihkan udara dapat memberi dampak positif untuk mengurangi sakit kepala, gangguan tidur maupun sakit tenggorokan yang disebabkan oleh formaldehida. Peace Lily atau Spathiphyllum cocok diletakkan dalam ruangan dengan intensitas cahaya rendah, dan tidak repot dalam perawatannya, cukup disiram seminggu sekali atau jika tanah dalam pot telah terlihat kering.

Sansevieria

Sansevieria atau lebih dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua di Indonesia, merupakan tanaman indoor yang juga memiliki kemapuan menyerap polutan sehingga menjadikan udara dalam kamar Anda lebih bersih. Ada beberapa jenis sansevieria, namun semuanya dapat dijadikan pemanis sekaligus penyegar udara ruangan Anda.

Semoga tips dari tim Hemat.id bisa menginspirasi para Sahabat Hemat untuk menjadikan kamar tidur Anda lebih nyaman juga sehat. Pastikan untuk selalu mengecek harga hemat kebutuhan Anda di web hemat.id dan aplikasi kliptalog untuk mendapatkan update katalog promo terkini agar proses belanja menjadi efisien dan hemat.