Sebelum Adopsi Kucing, Siapin Ini Dulu Ya !

Masa pandemi membuat orang mencari kegiatan menyenangkan di rumah. Ada yang menanam tanaman hias, memulai menanam dengan hidroponik, dan memelihara hewan peliharaan, seperti kucing. Saya sudah menjalani hampir semua hal. Sekarang saya menambah kegiatan di rumah dengan mengadopsi seekor kucing betina berumur 2 tahun yang diberi nama Momo oleh anak bungsu saya.

Karena saya tidak pernah memelihara kucing sebelumnya, saya pun mencari tahu perlengkapan utama apa saja yang saya harus miliki agar apa yang saya beli adalah perlengkapan yang memang penting terlebih dahulu. Perlengkapan utama yang akan saya paparkan di bawah ini mungkin tidak sama dengan sesama pencinta kucing lainnya, karena masing-masing kebutuhan kucing berbeda, apalagi jika kucing tersebut memerlukan perlakuan khusus.

Tapi perlengkapan utama ini adalah perlengkapan yang saya beli berdasarkan tips dari beberapa pencinta kucing dan pengalaman pribadi saya sendiri :

Sumber : Dok. Pribadi

 

1. Makanan dan camilan

Belilah makanan kucing dalam kemasan kecil jika Anda tidak mengetahui merek makanan apa yang biasanya dimakan oleh kucing. Tapi akan lebih baik jika Anda memberikan merek makanan kucing yang sama untuk menghindari masalah pencernaan pada kucing Anda.

Camilan, penting Anda miliki. Anda bisa memberikan camilan pada kucing Anda untuk menenangkan mereka saat berada di perjalanan jauh. Saat berada di lingkungan baru, atau saat mengajarkan hal baru. Hal ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman ke kucing Anda. Tapi jangan terlalu sering ya, karena dapat membuat kucing Anda jadi tidak mau makanan utamanya. Anda bisa membuka hemat.id untuk mendapatkan makanan dan camilan kucing yang berkualitas tapi hemat.

Lihat harga promo makanan kucing di Alfamart dan Indomaret

 

2. Vitamin

Vitamin perlu diberikan secara rutin ke kucing Anda, agar mereka selalu sehat dan tumbuh secara optimal. Jika kucing yang Anda adopsi adalah kucing bulu panjang, Anda bisa menambahkan asupan vitaminnya dengan vitamin untuk melebatkan dan membuat bulunya lebih bersinar.

 

3. Litter box dan pasir kucing

Tentunya Anda butuh tempat dan pasir kucing agar kucing Anda bisa dengan nyaman untuk buang air besar dan buang air kecil. Tapi ada banyak sekali pilihan pasir kucing, sehingga Anda perlu mencari banyak informasi sebelum menentukan pilihan.

Anda pun bisa memanfaatkan barang di rumah yang bisa menjadi litter box, tapi pastikan litter box-nya memenuhi syarat kriteria litter box ya. Misalnya, memiliki ukuran yang sesuai dengan umur kucing Anda, tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil agar peliharaan kita merasa nyaman saat buang air.

 

4. Perlengkapan grooming

Anda bisa melakukan grooming di pet shop sebulan sekali untuk memperoleh grooming lengkap. Dan Anda bisa melakukan grooming sendiri seminggu sekali. Berikut perlengkapan grooming yang umumnya Anda butuhkan adalah

  • Sampo + sikat gigi (untuk menggosok area bagian wajah)
  • Gunting kuku kucing
  • Handuk + chamois (untuk membantu mengeringkan bulu kucing)
  • Blower atau pengering rambut (untuk mengeringkan bulu kucing secara cepat)
  • Cairan pembersih kuping + cotton bud
  • Tisu kering + basah


5. Tas kucing

Berfungsi sebagai alat untuk membawa kucing Anda. Anda bisa gunakan saat ingin mengambil kucing dari tempat adopsi, pergi ke dokter, ke pet shop untuk gromming atau saat akan bepergian jauh. Tas kucing ada banyak sekali modelnya, ada yang bentuknya cargo, keranjang, tas kucing tenteng atau tas astronaut bentuk ransel.

Saya punya tas tenteng dengan bahan kanvas tahan air. Saya memilih tas kucing model ini karena tas ini mudah untuk disimpan. Saat akan disimpan, Anda tinggal melipatnya kembali dan bisa diselipkan di mana saja. Kalau yang model cargo, Anda butuh tempat untuk menyimpannya sedangkan saya tidak memiliki tempat.

6. Cat tower

Jika Anda memutuskan untuk menjadikan kucing Anda sebagai kucing rumahan, maka Anda butuh cat tower untuk memenuhi keinginan kucing kita dalam berjelajah dan memanjat. Dengan cat tower ini diharapkan kucing tidak lagi memanjat furnitur dan meja yang ada di rumah, saya mengalami sendiri saat belum memiliki cat tower.

Gelas dan perabotan yang ada di meja dan rak berjatuhan karena kucing saya memanjat area-area tinggi di rumah. Tapi setelah memiliki cat tower rasa penasaran kucing terhadap tempat-tempat tinggi menjadi menurun dan dia jauh lebih tenang.

Memiliki hewan peliharaan tentu akan mengeluarkan biaya yang banyak, tapi manfaat anak memiliki binatang peliharaan dan untuk diri Anda sendiri sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan. Secara pribadi memiliki kucing membuat kami, terutama anak-anak, jadi mulai bisa jauh dari gadget. Kemudian dapat meningkatkan komitmen ke diri sendiri dengan menganggap hewan peliharaan tidak hanya sekedar hewan yang dipelihara tapi juga sudah menjadi bagian dari keluarga yang perlu dirawat.

Perlu juga untuk memperhatikan akan kehidupan dan masa depan kucing Anda, seperti melakukan steril pada kucing betina untuk menghindari kondisi di mana Anda jadi merasa kewalahan dan pada akhirnya membuang mereka. Dan melengkapi vaksin mereka sehingga Anda terhindar dari penyakit menular yang dapat membahayakan keluarga dan kucing itu sendiri.