6 Ide Olahraga di Rumah, Praktis dan Gratis!

Mengurangi kegiatan di luar rumah bisa membuat kita bosan, apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu lama. Selain berkurangnya interaksi dengan orang lain, penyebab kebosanan selama #DiRumahAja adalah rutinitas yang sama setiap hari. Jika tidak diatasi, kepenatan tersebut bisa membuat kita stress, bahkan burn out.

Untuk mengurangi rasa jenuh selama #DiRumahAja, kita bisa melakukan hal-hal yang membantu untuk mengurangi gejala stress. Olahraga adalah salah satunya. Semakin rutin kita berolahraga, maka semakin rutin pula fisik kita dilatih untuk merespon stress dengan lebih baik. Banyak penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin berolahraga mengalami peningkatan hormon serotonin dan endorfin, yang dikenal sebagai hormon bahagia karena membuat kita lebih rileks.

Pentingnya Olahraga Bagi Tubuh

Jika keadaan tidak memungkinkan untuk keluar rumah, berikut adalah 6 ide olahraga di rumah sebagai bahan inspirasi Anda. Tidak hanya mudah, praktis dan menghemat waktu, keenamnya juga gratis, lho!

Menari

Menari adalah bentuk perpaduan antara seni dan olahraga. Kegiatan ini membuat kita menggerakkan seluruh tubuh hingga menghasilkan keringat. Buat Anda yang sangat menyukai kesenian, menari bisa dijadikan ide olahraga di rumah yang menyenangkan. Putar lagu favorit Anda dan menarilah sepuasnya! Untuk gerakannya, Anda dapat mengikuti tutorial yang ada di internet ataupun berkreasi dengan membuat gerakan sendiri. Jenis olahraga ini cocok dilakukan di sore hari setelah seharian bekerja untuk memperbaiki mood.

Peregangan (Stretching)

Sumber: Unsplash

Ketika di rumah, mungkin tubuh kita tidak melakukan aktivitas sebanyak biasanya. Hal ini mengakibatkan ketegangan otot dan akhirnya tubuh terasa pegal-pegal. Nah, salah satu cara untuk mengurangi ketegangan otot tersebut adalah dengan melakukan peregangan dan latihan pernapasan setidaknya dua kali dalam sehari. Tidak perlu waktu lama, peregangan dapat Anda lakukan selama 15-30 menit saja.

Yoga

Ide olahraga di rumah berikutnya adalah yoga. Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang punya banyak manfaat. Tidak hanya manfaat secara fisik seperti menghilangkan ketegangan bagian tubuh, tapi juga manfaat secara batin seperti membantu Anda lebih rileks dan menenangkan pikiran. Bahkan, beberapa tipe yoga juga efektif untuk membakar lemak. Olahraga ini dapat Anda lakukan di rumah ditemani dengan video pendamping yoga gratis dari internet yang bisa Anda tonton kapan saja.

Senam

Senam adalah bentuk olahraga yang memerlukan kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerak fisik yang teratur. Perbedaan senam dengan menari ada di segi gerakan, di mana gerakan senam biasanya lebih terstruktur daripada gerakan menari yang lebih bebas. Sama seperti yoga, senam pun ada banyak jenisnya mulai dari senam lantai, senam aerobik, senam hamil, hingga senam pramuka dan SKJ yang banyak kita lakukan ketika sekolah. Senam memberikan manfaat yang baik bagi tubuh antara lain melatih pernafasan, mengurangi stress, dan menjaga kebugaran.

Skipping

Skipping merupakan salah satu jenis olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan karena mampu membakar banyak kalori dalam waktu singkat. Energi yang dibakar saat melakukan skipping dengan kecepatan sedang sama dengan energi yang dibakar ketika kita lari sejauh 12 km. Selain itu, skipping juga melibatkan lebih banyak otot daripada berenang dan mendayung dan dapat meningkatkan kemampuan fokus. Biasanya, olahraga ini rutin dilakukan oleh para atlet karena efektif untuk melatih kekuatan otot-otot di sekitar pergelangan kaki agar tidak mudah cedera.

Berenang

Sumber: Unsplash

Berenang sangat dianjurkan untuk anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan karena mendorong pembentukan otot dan pertumbuhan tulang, sehingga membantu menambah tinggi badan mereka. Tapi, sebenarnya berenang ini adalah olahraga yang baik bagi orang-orang dari berbagai kalangan usia. Air dapat membuat mood kita lebih tenang, merelaksasi otot, dan melatih teknik pernapasan lebih baik. Selain menyehatkan jantung dan paru-paru, berenang sekitar 30 menit dapat membakar 200-300 kalori dalam tubuh. Jika Anda memiliki kolam renang sendiri di rumah, berenang bisa menjadi alternatif olahraga yang sangat menarik untuk dicoba.

Kami sangat menganjurkan Anda untuk rutin berolahraga. Selain menyehatkan, olahraga adalah kegiatan penghibur yang positif. Tidak harus pergi ke gym ataupun ke tempat umum lainnya, Anda juga dapat berolahraga di rumah. Imbangi dengan asupan nutrisi yang baik agar tubuh semakin bugar dan dapat bekerja dengan optimal. Silakan kunjungi Hemat.id untuk cek promo makanan segar mulai dari sayuran dan buah-buahan yang baik untuk kesehatan Anda.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!