8 Cara Menghemat Gas Elpiji dengan Mudah, Trik untuk Amankan Kantong

Gas elpiji (LPG) menjadi kebutuhan krusial dalam rumah. Hampir setiap hari kita menggunakan elpiji untuk memasak. Herannya, kita juga sering bingung kenapa gas cepat sekali habis secara tiba-tiba.

Keharusan untuk membeli gas lagi gas lagi, membuat kita semakin pusing saat semua harga serba naik. Sudah saatnya kita perlu lebih jeli, pintar, dan fleksibel dalam menyiasati kenaikan harga yang tidak diikuti dengan kenaikan uang belanja. Mari kita belajar menghemat dalam hal sekecil apapun demi membantu keuangan keluarga, salah satunya dengan menghemat elpiji.

Berikut ini cara menghemat gas elpiji untuk memasak setiap hari demi mengurangi biaya pengeluaran bulanan. Tips-tips di bawah ini berasal dari pengalaman pribadi saya dan juga pengalaman kerabat saya:

Sumber : pertamina.com

 

1. Beli gas di tempat yang tepat

Sebelum kita jauh membahas soal hemat dalam menggunakan gas elpiji, pertama-tama pastikan Anda membeli gas elpiji di tempat penjualan yang terpercaya. Anda juga bisa membeli elpiji di minimarket terdekat. Hal ini untuk menghindari potensi isi gas yang tidak sesuai dengan seharusnya yang merugikan agenda penghematan kita.

2. Pasang katup gas dengan benar

Memasang katup gas yang tidak tepat, dapat berbahaya karena berpotensi menyebabkan kebocoran hingga memicu ledakan gas. Gas dapat terus-menerus keluar dan menjadi lebih cepat habis. Gunakan regulator yang tepat dan sesuai dengan kompor yang Anda gunakan untuk menghindari kebocoran.

Promo Harga Regulator Terbaru

3. Jangan sampai overcook

Selalu stand-by dan waspada saat memasak, untuk menhindari masakan yang overcook bahkan sampai gosong. Selain membuat makanan tidak enak, penggunaan gas menjadi lebih lama dari yang seharusnya dan membuat gas terbuang sia-sia. Lebih baik siapkan lebih dulu semua bahan masakan sebelum memasak, sehingga Anda tidak meninggalkan masakan yang sudah di atas kompor terlalu lama.

4. Menghemat gas dengan rutin melakukan perawatan terhadap kompor

Pastikan Anda rutin melakukan perawatan pada kompor Anda, terutama di bagian burner. Bagian ini sering sekali kotor karena terkena cipratan minyak atau makanan yang tak sengaja meluber. Membiarkan burner kotor dapat menyebabkan burner menjadi tersumbat dan membuat gas keluar secara berlebihan.

5. Menghemat gas dengan menggunakan tutup panci atau wajan

Salah satu tips agar masakan cepat matang adalah dengan menggunakan penutup panci ataupun penutup wajan saat sedang memasak. Penggunaan tutup panci ini membuat memasak lebih efisien dan mengurangi lama penggunaan gas. Penutup panci bekerja menjebak uap dan mempercepat proses memasak.

6. Mengukur bahan makanan yang pas

Apabila Anda hanya ingin memasak satu bungkus mi instan, sebaiknya gunakan air secukupnya saja. Sehingga air akan lebih cepat mendidih, untuk menghindari penggunaan gas yang berlebihan dan membuat gas jadi cepat habis.

7. Menghemat gas dengan menggunakan api kecil

Dalam setiap resep masakan, kerap kali menggunakan api kecil atau sedang. Penggunaan api yang terlalu besar berpotensi membunuh enzim, nutrisi dan vitamin yang bermanfaat dalam makanan Anda. Selain itu, apabila Anda menggunakan api yang besar, gas akan keluar secara berlebihan dan lebih cepat habis.

8. Menghemat gas dengan menggunakan alat masak yang tepat

Gunakan presto untuk hasil masakan lebih cepat empuk dan matang, dibandingkan dengan menggunakan panci biasa. Masak daging dengan menggunakan presto hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit, sedangkan menggunakan panci biasa dapat membutuhkan waktu sekitar satu sampai dengan dua jam hingga daging empuk tergantung jenis daging yang dimasak. Atau Anda juga bisa menggunakan alat masak berbahan dasar stainless steel, sehingga masakan dapat cepat panas.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli kompor baru demi menghemat pemakaian gas. Kok bisa? Apa hubungannya? Kompor yang sudah usang dan rusak, berpotensi terjadinya penyumbatan pada burner hingga berdampak pada pemakaian gas yang tidak efisien. Sebelum membeli kompor, Anda dapat melakukan pertimbangkan terhadap kompor gas vs kompor listrik berikut ini: Perbandingan Kompor Gas vs Kompor Listrik, Mana Harga Kompor yang Lebih Hemat dan Terbaik? .