Barang Yang Wajib Ada di Tas Mama

Saat masih single, saya suka sekali dengan tas-tas yang berukuran mungil yang hanya diisi dengan uang dan handphone saja. Kesannya casual dan tas mungil dapat mempermanis untuk berbagai penampilan. Tapi semenjak punya anak, tas mungil mau tidak mau harus “dipensiunkan”. Kenapa?

Hal ini dirasakan, tas kecil sudah tidak praktis lagi untuk saya yang harus membawa banyaknya bawaan saat bepergian dengan anak. Saat anak saya masih balita hingga usia SD sekarang pun saya merasa masih butuh membawa beberapa barang “wajib” di dalam tas pribadi saya. 

Baca Juga : Menjaga Kebersihan Rumah Saat Pandemi Corona

Mama, berikut ini barang-barang yang disarankan untuk selalu dibawa setiap kali bepergian keluar rumah baik ke supermarket, berkunjung ke rumah kerabat hingga ke dokter :

Sumber : Freepik.com

1. Hand Sanitizer

Hand sanitizer pasti saya bawa kemanapun saat pergi baik saat membawa anak ataupun tidak. Terlebih di kondisi sekarang ini yang mengharuskan kita untuk selalu menjaga kebersihan setiap saat. Memiliki hand sanitizer akan mempermudah hidup para mama yang mungkin sulit menemukan wastafel atau air bersih untuk mencuci tangan. Apalagi saat akan menyuapi makan si kecil atau ketika si kecil hendak makan sendiri.

Sumber : womensweekly.com.sg

2. Tisu basah dan kering

Tisu basah memiliki banyak sekali fungsi, dari mengelap tangan anak habis memegang benda-benda kotor, mengelap mulut si kecil, pengganti “air” sebagai pembersih tangan sebelum dan sesudah makan, mengelap apapun yang kotor. Beberapa brand produk tisu basah juga memiliki formula yang bermanfaat untuk menghilangkan kuman dan bakteri. 

Temukan di sini : Promo Hemat Tisu Basah

Sedangkan tisu kering sangat berguna saat pergi ke toilet. Saya selalu menyemprot dudukan toilet dengan cairan pembersih toilet lalu mengelapnya dengan tisu kering. Pastikan menggunakan tisu dengan bijak dan tidak boros.

Sumber : wired

3. Cairan pembersih toilet

Seperti sudah saya singgung di atas, cairan toilet ini berguna jika kita menggunakan toilet umum. Sediakan kantung atau pouch ukuran sedang yang bahannya tahan air, lalu isi dengan tisu kering, cairan pembersih toilet, plastik kecil hingga pembalut. Ini berguna sekali untuk Mama saat bepergian.

4. Air minum

Saya dan suami selalu menyediakan tumblr atau botol air minum di mobil dengan ukuran botol yang praktis sehingga bisa di bawa kemana saja. Jika anak-anak ikut bepergian, biasakan juga agar mereka selalu membawa air minum sendiri daripada harus membeli. 

5. Baju ganti

Walau anak sulung saya sudah kelas 3 SD, saya suka membebaskan mereka untuk melakukan apa yang mereka suka jika sedang berada di outdoor, tempat bermain atau di tempat wisata. Tidak heran jika anak akan sekali udah berkeringat. Jangan melarang anak untuk melakukan hal yang menyenangkan. Yang paling penting untuk diingat, dampingi anak agar selalu dalam jangkauan orangtua. 

Membeli barang-barang pun saya selalu mencari informasi dahulu, misal lebih baik ke supermarket mana? Dimanakah harga yang termurah bisa didapatkan? Nah sekarang, tidak perlu khawatir karena hanya dengan membuka hemat.id, dan Aplikasi Kliptalog semua informasi promo supermarket terhemat bisa didapatkan.

Bagi Mama yang sudah memiliki si kecil di rumah, bagikan disini yuk, apa saja barang-barang yang wajib ada di tas saat bepergian. Tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya..

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!