Menjaga Kebersihan Rumah Saat Pandemi Corona

Judul artikel ini memang terdengar klise bukan? Menjaga kebersihan saat kondisi sedang baik-baik saja sangat penting, apalagi menjaga kebersihan di saat kondisi wabah yang sedang melanda negeri seperti saat ini. Kebersihan menjadi prioritas utama dalam kehidupan sehari-hari.

Saat pandemi virus Corona atau Covid-19 ini melanda, kegiatan bersih-bersih rumah memerlukan usaha yang lebih ekstra dari biasanya. Berikut tips menjaga kebersihan rumah yang perlu Anda lakukan di tengah wabah  :

Sumber : Freepik.com

1. Cairan disinfektan selalu siap sedia

Saat ini cairan desinfeksi sangat dicari, bahkan orang berbondong-bondong membuat sendiri cairan desinfeksi untuk memenuhi kebutuhan akan menjaga kebersihan. Tujuannya tentu agar tidak tertular dari virus yang sekarang ini sedang melanda Indonesia, yaitu virus Corona.

Selalu semprot gagang pintu rumah dengan cairan desinfeksi, terutama gagang pintu masuk utama adalah keharusan. Karena kita tidak tahu apakah tangan kita sudah membawa virus atau tidak. Jadi untuk amannya lebih baik rajin-rajin menyemprotnya dengan cairan ini.

Selain itu tahukah Anda, produk cairan pembersih lantai seperti Wipol memiliki keterangan yang bertuliskan cairan disinfeksi? Sebelum mengetahui hal ini, saya lebih sering membuat cairan desinfektan dengan mencampurkan cairan pemutih baju dengan air dan menyemprotkannya ke lantai. Setelah mengetahui fakta ini saya pun jadi tenang karena selama ini saya sudah mengepel seluruh lantai dengan produk ini.

Sumber : Allure.com

2. Memasang Diffuser atau Humidifier

Pasang diffuser atau humidifier, jika Anda memilikinya, setiap hari di dalam rumah. Gunakan essential oil dengan aroma lemon, peppermint, tea tree, dan minyak atsiri. Karena essential oil ini mengandung anti bakteri dan anti virus yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Tapi hati-hati, karena tidak semua cairan bisa digunakan untuk dimasukkan ke alat ini. Dikarenakan belum lama ini viral sebuah video tutorial seorang influencer yang membuat campuran Dettol dan air lalu digunakan sebagai cairan difusser. Cairan antiseptik seperti Dettol ternyata hanya untuk dipergunakan untuk pemakaian luar dan bukan untuk dimasukkan ke dalam diffuser untuk dihirup sehingga sangat berbahaya untuk tubuh.

Sudah Tahu Beda Humidifier dan Diffuser?

Dikutip dari MailOnline, Prof. Paul Hunter dari Norwich Medical School, University Of East Anglia (UEA) mengatakan bahwa cairan antiseptik pada Dettol mengandung Chloroxylenol yang hanya boleh digunakan untuk pemakaian luar badan. Jika tertelan atau terhirup oleh manusia dapat mengiritasi mukosa saluran pernafasan.

Ditambahkan oleh pernyataan dari Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia Prof. dr. Zubairi Djoerban, dikutip dari Kompas.com bahwa kandungan chloroxylenol yang ada pada cairan antiseptik Dettol ini juga bisa menyebabkan hipersensitif, perubahan warna kulit, iritasi, ruam dan kulit terbakar.

Sumber : Freepik.com

3. Mengepel lantai dan Membersihkan Kamar Mandi

Jangan lupa juga untuk membersihkan lantai sesering mungkin. Karena selain Corona, kita juga dihadapkan dengan ancaman penyakit lainnya seperti demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti.

Penuhi kebutuhan produk bersih-bersih rumah dengan membuka Hemat.id di semua supermarket dan retail yang ada di sekitar Anda. Gunakan aplikasi Kliptalog untuk membantu Anda dalam berbelanja dengan menggunakan layanan delivery order yang disediakan oleh masing-masing supermarket.

Selain menjaga kebersihan rumah dan diri sendiri, kita juga harus patuh dengan peraturan yang pemerintah sudah terbitkan. Memakai masker setiap kali bepergian dan tidak keluar rumah kecuali untuk keperluan mendesak saja. Kerjasama kita dibutuhkan agar pandemi Corona ini bisa cepat berlalu,. Karena jika kita terus menyepelekan kondisi ini maka entah sampai kapan wabah ini akan terus berlangsung.

Bagaimana Anda menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar?  Bagikan cerita dan juga saran Anda di kolom komentar di bawah ini.

Sumber :

//www.dailymail.co.uk/

//www.thesun.co.uk/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!