Resep Seblak Pedas Lezat

Siapa yang suka menyantap pedasnya seblak? Anak pertama saya sangat suka sekali dengan seblak. Makanan ini bisa dibilang cemilan tapi juga makanan besar karena mengenyangkan dengan isinya yang komplit. Makan seblak saat cuaca sedang dingin maupun sedang panas akan tetap terasa nikmat.

Seblak merupakan makanan khas Sunda, Jawa Barat. Meski begitu, tidak hanya populer di daerah asalnya, seblak juga sangat digemari di daerah-daerah lainnya bahkan sampai dimodifikasi variannya dengan bahan masakan lainnya. Rasa gurih, pedas hingga tampilan warnanya menjadi salah satu daya tarik dari makanan ini. Baik orang tua maupun anak muda suka sekali dengan seblak. Karena rasanya yang cukup pedas, sebaiknya agar tidak terlalu sering menyantap sajian khas Sunda ini.

Tidak sulit menemukan seblak, karena sudah banyak sekali yang menjual makanan ini. Seblak sendiri memiliki tipe berkuah encer maupun kuah yang kental. Namun tidak semua seblak memiliki rasa yang sesuai dengan lidah kita. Bahkan, tidak semua penjual memasukkan bumbu khas seperti kencur ke dalam bahan dasar kuah dari seblak. Padahal menurut saya penambahan bumbu dapur ini bisa meningkatkan rasa dari seblak itu sendiri.

Makin populer makanan ini, maka isiannya pun sudah makin banyak variasinya. Tidak hanya terbatas pada kerupuk yang sudah direndam atau mie kwetiau saja, tapi sudah banyak diberi isian ceker, daging, sampai bakso-bakso seafood dengan bentuk dan isian yang bervariasi.

Temukan di sini : Promo Bakso Hemat

Makin penasaran kan bagaimana sih cara membuatnya? Berikut kita simak sama-sama resep lezat seblak selengkapnya :

Sumber : dapurkobe.co.id

Bahan :

100 gram kerupuk aci atau kerupuk bawang

100 gram makaroni

Secukupnya sawi hijau

Secukupnya sayur kol

1 butir telur

Aneka bakso seafood

1/2 kilogram ceker ayam ukuran sedang

1 liter air

Secukupnya garam dan gula (jika ada penyedap jamur)

Secukupnya minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan :

2 ruas kencur

2 butir bawang merah

1 butir bawang putih

5 buah cabe rawit merah atau sesuai selera

3 buah cabe keriting merah

1 butir kemiri

Secukupnya lada

Baca juga : Tumis Daun Singkong dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cara buat :

1. Cuci bersih bahan-bahan mulai dari sayuran, bakso hingga ceker ayam hingga bersih.

2. Tuang air kira-kira satu liter ke dalam panci lalu masukkan ceker ayam dan masak sampai ceker empuk, kira-kira sampai 1 – 1,5 jam, angkat dan sisihkan air kaldunya.

3. Rendam kerupuk aci dan makaroni dalam air panas, diamkan kurang lebih selama satu jam, tiriskan dan sisihkan terlebih dahulu.

4. Gunakan kurang lebih 5 sendok makan minyak dan tumis bumbu halus sampai berbau harum dan mengeluarkan minyak. Tuang air kaldu dan diamkan sampai mendidih.

5. Masukkan aneka bakso seafood, makaroni, dan kerupuk.

6. Biarkan semua tercampur dan mendidih. Setelah itu masukkan sayuran dan biarkan sampai mendidih kembali.

7. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas, aduk-aduk sampai kuah mengental. Kekentalan kuah tergantung selera, jika ingin lebih kental Bunda bisa menambahkan satu telur lagi.

Menyantap seblak sangat nikmat saat masih dalam keadaan panas. Jadi jika belum akan dimakan lebih baik disajikan dengan menggunakan kompor portable dan gunakan api kecil agar seblak selalu dalam keadaan hangat.

Bagaimana Bunda, mudah kan cara membuatnya? Untuk bahan-bahannya bunda bisa membuka hemat.id atau Aplikasi Kliptalog untuk mengetahui informasi promo-promo menarik yang sedang berlangsung di semua supermarket sekitar anda. Jika sudah me-recook masakan ini, jangan lupa bagikan ceritanya di kolom komentar di bawah ini ya Bun..

Sumber :

//cookpad.com

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!