Cake Topper, Inspirasi Kue Cantik dengan Budget Hemat

Rasanya tidak asing lagi jika pada saat ulang tahun, seseorang menerima kue ulang tahun. Bedanya, kue ulang tahun zaman now sudah mengalami modifikasi yang cukup menarik, tidak hanya sekedar kue bolu yang dihias dengan berbagai macam krim. Jika dulu kue ulang tahun identik dengan kue yang dihias dengan krim berbentuk bunga dengan sisi kue yang dihias rangkaian riak kecil krim yang berwarna warni, kini kue ulang tahun sering ditemukan dihiasi dengan buah.

Belum lagi kreativitas yang menjadikan pizza sebagai kue ulang tahun atau yang pernah populer yaitu kue ulang tahun dari mie instan. Ada juga kue ulang tahun yang diberi bentuk khusus seperti bola jika yang berulang tahun memiliki hobby bermain sepak bola. Sampai kue-kue yang diberi hiasan action figure hingga tokoh kartun jika yang berulang tahun masih berusia anak-anak.

Resep Pai Susu Simpel dan Lezat

Sebenarnya semua jenis kue bisa dijadikan kue ulang tahun. Sertai lilin dan redaksi “selamat ulang tahun” di atasnya, maka terciptalah kue ulang tahun, yang menjadi simbol ucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa atas bertambahnya usia. 

Cake topper sendiri adalah hiasan berupa gambar yang diletakkan di atas permukaan kue. Cake topper menjadi salah satu pilihan hemat untuk mempercantik kue ulang tahun lho. Selain cara membuatnya yang tidak sulit, cake topper bisa menjadi pilihan untuk ulang tahun anak hingga pasangan baru menikah yang ingin merayakan hari spesial. Cara membuatnya cukup mudah, namun dijamin memberikan kesan yang menarik.

Alat dan Bahan

Sumber : pexels.com

Cukup menyediakan lidi atau tusuk gigi dan gambar-gambar yang menarik. Saat saya membuat cake topper, saya menggunakan gambar klub bola kesukaan suami yang dipadukan dengan rangkaian kata-kata selamat ulang tahun. Bagi yang tidak bisa menggunakan aplikasi mengedit foto, bisa saja langsung menempelkan gambar dari internet ke dalam lembar kerja word. Karena nantinya gambar akan digunakan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Selanjutnya, hasil cetakan tersebut dilaminasi dengan biaya yang dikeluarkan adalah sekitar Rp. 10.000. Kemudian sediakan gunting untuk memotong gambar dan double tape untuk menempelkan gambar pada media penghias yaitu lidi atau tusuk gigi. Banyaknya alat dan bahan ini tergantung kepada jumlah gambar yang akan dibuat.

Potongan Cake

Sumber : dartfordbridgecps.com

Saat itu saya membeli brownies berukuran kecil karena suami saya sendiri tidak terlalu menyukai cake atau sejenis kue lainnya. Saya juga membeli sebuah cup cake sebagai variasi agar lebih menarik. Sepotong brownies yang saya beli dibanderol dengan harga Rp. 16.500 dan cup cakenya sendiri sekitar Rp. 9.500. Membeli kue berukuran besar akan menjadi suatu kegiatan pemborosan karena pada saat perayaan ulang tahun tersebut hanya ada saya berdua dengan suami. Jadi, Anda bisa gunakan kue sebanyak yang Anda butuhkan saja.

Lain cerita jika pada saat salah satu anggota keluarga berulang tahun. Kue ulang tahun ukuran besar yang dihiasi dengan buah dan hiasan-hiasan akan lebih bermanfaat untuk dinikmati bersama.

10 Resep Kue Valentine Unik Hasil Ekspresi Kasih Sayang Ibu

Cara Membuat

Saya menggunting gambar yang sudah dilaminasi sesuai dengan ukurannya, kemudian menempelkannya satu persatu pada tusuk gigi dengan bantuan double tape. Disini cake topper tentu akan menjadi salah satu hal yang menarik perhatian dari adanya sebuah kue ulang tahun. Keunikannya adalah karena bisa dipilih dan dibuat dengan berbagai gambar sederhana.

Setelah cake topper selesai ditempelkan pada tusuk gigi, saya mulai menghiasi kue ulang tahun dengan setiap topper. Sebagai tips, saya tidak hanya menggunakan tusuk gigi, tetapi juga lidi atau tusuk sate untuk menonjolkan ucapan selamat ulang tahun. Sisanya saya menggunakan tusuk gigi agar sesuai dengan ukuran gambar kecil yang saya pilih karena saya menghiasnya secara bertingkat.

Jika ingin menggunakan pizza, bisa dibuatkan topper keseluruhan dengan menggunakan tusuk gigi. Kreasikan dengan berbagai kata-kata yang merupakan doa untuk yang berulang tahun. Tentunya hal ini harus disiapkan beberapa hari sebelum hari ulang tahun tiba.

Demikianlah salah satu ide hemat untuk membuat kue ulang tahun yang berbeda dari biasanya, tanpa perlu merogoh kantong yang dalam. Perayaan ulang tahun akan semakin berkesan bukan? Hanya diperlukan sedikit cara dan ide kreatif untuk membatasi pengeluaran hanya untuk membeli kue ulang tahun. Selain itu, selesai berulang tahun, topper hiasan yang bertuliskan ucapan selamat ulang tahun masih bisa dimanfaatkan untuk acara ulang tahun teman lainnya. Selamat membuat cake topper dan berkreasi di hari spesial orang-orang yang Anda sayangi.