Resep Pai Susu Simpel dan Lezat

Saat sedang googling mencari camilan yang mudah untuk dibuat, saya menemukan resep pai susu yang super simple dari salah satu Youtuber dengan nama channel : Puguh Kristanto. Klaim dari si content creator, rasa painya mirip dengan oleh-oleh pai susu oleh-oleh khas Bali. Akhirnya saya mencoba membuat pai susu ini dan benar, hasilnya sangat memuaskan!

Pada percobaan pertama, karena terlalu lama memanggangnya akhirnya kulit pai menjadi terlalu coklat. Tampilannya menjadi kurang menarik, meski rasanya tetap enak. Sehingga saya coba membuatnya lagi dalam waktu pemanggangan sesuai petunjuknya yaitu selama kurang lebih 40 menit. Akhirnya saya mendapatkan kulit pai yang terpanggang sempurna, berwarna kuning kecoklatan, tekstur kulit pai renyah, isiannya matang dan rasanya manis.

Saat disajikan ke suami dan anak-anak, mereka sangat suka dengan camilan ini. Satu hal lagi, Youtuber ini tidak menggunakan oven namun hanya bermodalkan panci yang dialasi seng, serta diletakkan diiatas sarangan (biasa digunakan untuk menyaring minyak atau memasak nasi). Gunakan api yang sangat kecil, sehingga panci dapat berfungsi layaknya memanggang kue di oven. Langsung saja, yuk kita simak resep lengkapnya di bawah ini:

Sumber : CBC.ca

Bahan kulit :

150 gram Tepung terigu

2 sdm gula pasir / gula halus

75 gram mentega / butter

1 butir telur

Secukupnya vanili (opsional)

Bahan isian :

Sumber : simplyrecipes.com

90 gram susu kental manis rasa plain

1 butir telur (hanya kuningnya saja)

1 sendok makan tepung maizena

2-3 sendok makan air putih

Secukupnya vanili (opsional)

Resep Roti Lembut Ala Rumahan

Cara membuatnya :

1. Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, mentega, gula halus, telur dan vanili aduk sampai rata.

2. Siapkan cup pai yang berukuran kecil, lalu olesi dengan mentega agar kulit pai tidak lengket di cup.

3. Ambil adonan lalu pipihkan, letakkan adonan di atas cup pai dan ratakan. Setelah semua area cup pai tertutup dengan adonan, tusuk-tusuk bagian tengah adonan dengan garpu agar adonan tidak menggembung saat dipanggang. Lalu tekan dengan perlahan garpu pada pinggiran kulit pai, agar membuat kulit pai terlihat lebih cantik.

4. Panaskan panci dengan menggunakan api kecil, setelah panas panggang kulit pai selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, angkat pai dan dinginkan sebentar.

5. Sambil menunggu kulit pai dingin, kita akan membuat isiannya. Yang pertama siapkan mangkuk, masukkan susu kental manis, kuning telur, tepung maizena, air putih, dan vanili. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

6. Masak isian pai dengan menggunakan api kecil, sambil diaduk terus hingga  mengental. Angkat dan tuangkan isian ke dalam kulit pai sekitar 1 sendok makan dan jangan sampai terlalu penuh.

7. Panggang kembali pai susu selama kurang lebih 40 menit. Setelah matang angkat dan pai susu siap untuk disantap.

Catatan Tambahan:

Sang Youtuber menggunakan gula pasir untuk membuat pai dan isian, bukan gula halus. Namun saya lebih memilih menggunakan gula halus karena lebih cepat ratanya. Anda juga bisa mengganti gula halusnya dengan sweetener khusus untuk masakan jika Anda suka, karena tidak begitu mempengaruhi rasa manisnya.

Anda bisa melewatkan vanili jika Anda menggunakan mentega yang sudah memiliki aroma kue, seperti mentega yang khusus untuk membuat kue kering maupun basah. Tidak menggunakan vanila ataupun mentega khusus untuk kue pun tidak masalah. Saya pun menggunakan vanili dan mentega biasa tetap dapat menghasilkan pai yang enak, harum dan renyah.

Selain itu, pada resep aslinya susu kental manis yang digunakan adalah sebanyak 2 sachet atau sekitar 90 gram. Karena anak dan suami tidak terlalu suka manis, maka saya tidak terlalu banyak menggunakan susu kental manisnya. Jika Anda juga tidak terlalu suka dengan manis, Anda bisa memasukkan susu kental manis sekitar 75-80 gram saja. Jika Anda menggunakan cup pai yang kecil dengan diameter 7 cm dan tinggi 2 cm, mungkin Anda harus menambahkan sekitar 10-15% bahan-bahan isian dari resep aslinya.

Resep Simpel Lainnya : Sup Telur, Sarapan Enak Dan Menyegarkan

Itulah resep pai susu super simple saya membuatnya kurang lebih selama 2-3 jam karena hanya menggunakan panci yang isi nya hanya bisa memanggang 4-5 buah jadi jika anda memiliki oven yang besar mungkin hanya akan memakan waktu 1-2 jam saja.

Dengan membuka hemat.id Anda bisa mendapatkan semua bahan-bahan dari resep pai susu ini. Susu kental manis, tepung terigu, telur, gula hingga vanili dapat Anda temukan di Supermarket dan Hypermarket tertentu dengan harga promo terhemat yang sedang berlangsung lho.

Ayo tunggu apalagi Moms, segera praktikkan resep pai susu simpel ini ya dan bagikan hasil recook-nya. Berikan masukan dan pendapat Anda juga dalam proses pembuatannya di kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba!