Memulihkan Kesehatan Ibu Pasca Melahirkan

Selain memperhatikan kesehatan si bayi, penting juga bagi ibu untuk mengecek kesehatannya pasca melahirkan. Walaupun merasa baik-baik saja, hal ini tetap perlu dilakukan untuk memastikan kesehatan para ibu agar benar-benar pulih setelah melahirkan. Perawatan pasca melahirkan penting dilakukan karena ibu baru memiliki resiko mengalami komplikasi kesehatan serius yang bahkan dapat mengancam jiwa si ibu sendiri.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai ibu baru untuk memulihkan kesehatan pasca melahirkan si kecil :

1.  Istirahat

Sumber : Theguardian.com

Setelah melahirkan sangat penting bagi ibu untuk beristirahat di beberapa minggu pertama. Selain berguna untuk kesehatan tubuh, namun juga agar Anda tidak kurang tidur karena bayi akan sering terbangun, baik untuk disusui maupun karena popoknya sudah penuh.

Hindari minum kopi atau teh pada sore hari atau mendekati waktu tidur agar tidur dapat lebih nyenyak. Jangan memaksakan diri untuk tertidur jika memang belum bisa tertidur. Moms bisa membaca buku atau mendengarkan lagu-lagu yang bernada lembut sehingga membantu tubuh menjadi rileks.

Perlengkapan yang Perlu Ibu Siapkan Jelang Persalinan

2. Perbanyak minum

Sumber : Pexels.com

Tubuh ibu memerlukan cairan sebanyak 6-10 gelas sehari, apalagi jika sedang dalam proses menyusui. Cairan tidak hanya berasal dari air putih lho Moms, tapi bisa juga dari susu dan juga jus buah segar.

3. Makan makanan bergizi

Sumber : Pixabay.com

Agar lebih cepat memulihkan kondisi tubuh ibu setelah melahirkan, ibu juga wajib untuk makan-makanan bergizi. Tidak hanya memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan ibu tapi juga untuk bayi yang akan disusui.

Jenis makanan bergizi yang bisa ibu konsumsi adalah gandum, sayur-sayuran, buah-buahan, produk susu, dan juga makanan berprotein. Tentu setelah melahirkan para ibu ingin kembali ke berat badan normal sebelum hamil. Melakukan diet yang terlalu ekstrim dapat membahayakan kesehatan ibu dan mempengaruhi si bayi jika masih dalam masa menyusui. Akan lebih baik jika ibu memulai program penurunan berat badan dilakukan beberapa bulan setelah melahirkan, diimbangi makan-makanan bergizi seimbang.

Baiknya Hindari Makanan Ini Saat Hamil

4. Meminta bantuan

Sumber : LDSliving

Jangan ragu untuk meminta bantuan baik dari keluarga sendiri ataupun orang lain, karena setelah melahirkan tentu setiap ibu akan merasa lelah dan kekurangan tidur. Bantuan dari orang lain tentu akan sangat ibu butuhkan. Jangan memaksakan diri untuk melakukan semuanya sendiri jika kondisi tubuh tidak mendukung. Hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan fisik ibu dan mental ibu.

5. Olahraga

Sumber : NCT

Ada banyak sekali pilihan olahraga yang bisa ibu lakukan setelah melahirkan. Mulai dari olahraga ringan seperti berjalan-jalan di sekitar rumah atau mulai melakukan senam kegel bagi ibu yang melahirkan secara normal hingga yoga.

Apapun pilihan olahraga yang ingin Moms mulai, pilih olahraga yang gerakannya tidak terlalu aktif. Pastikan olahraga yang ibu pilih sudah sesuai dengan kondisi fisik. Ibu yang lahir secara normal tentu pilihan jenis olahraganya akan berbeda dengan ibu yang melahirkan secara caesar. Dengan berkonsultasi ke dokter atau bidan, Moms akan mendapatkan saran mengenai olahraga apa yang tepat untuk dilakukan dan olahraga apa yang belum boleh dilakukan ibu pasca melahirkan. 

Itulah beberapa hal yang dapat para ibu lakukan untuk menjaga kesehatan pasca melahirkan, berikan pendapat dan pengalaman Anda seputar olahraga yang dilakukan pasca melahirkan. Tulis cerita Anda pada kolom komentar di bawah ini. Cek juga di hemat.id untuk mendapatkan harga promo-promo makanan segar, hingga peralatan olahraga yang bisa menunjang kesehatan ibu di semua supermarket terdekat.

Sumber :

  1. //stanfordchildrens.org/en/topic/
  2. //pregnancybirthbaby.org.au/