Cara Mengatur Keuangan agar THR Lebaran Tidak Ludes

Menjelang berakhirnya bulan Ramadhan nanti, pasti ada segudang ide, impian yang ingin anda wujudkan dengan uang THR anda. Idul Fitri adalah acara yang paling ditunggu-tunggu setelah setahun kita bekerja keras dan berpuasa sebulan penuh. Seluruh sanak keluarga akan berkumpul, bersilaturahmi dan saling memaafkan.

Yang tak kalah penting adalah bagaimana menggunakan uang THR kita supaya tidak langsung ludes seketika padahal anak-anak kita masih membutuhkan dana untuk sekolah di bulan Juli juga. Jadi merencanakan penggunaan uang THR itu penting, ada beberapa alasannya.

 

Manfaat Merencanakan Penggunaan THR

Bagaimanapun pintarnya kita menggunakan uang, pasti akan lebih baik lagi jika kita merencanakannya bahkan sebelum kita menerima THR. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga, memiliki banyak tanggungan, akan lebih bijak untuk merencanakannya bersama pasangan.

Adapun manfaat perencanaan THR adalah sbb:

  • Kita lebih objektif menentukan penggunaan uang. Kita dapat menghindari impulsive buying yang akan kita sesali kemudian.
  • Lebih tenang dan damai saat merayakan lebaran karena semua kebutuhan sudah diatur, tidak ada perselisihan atau beda pendapat dengan pasangan dalam hal prioritas dan alokasi uang.

Jerat Hutang Rentenir

  • Memastikan “tidak lebih besar pasak dari tiang”. Semua kebutuhan dicatat dengan teliti hingga tidak ada yang terlewat.
  • Tidak terjerat hutang karena banyak kebutuhan penting dan mendesak yang belum terpenuhi.

 

Sekarang, kita masuk pada bagaimana caranya merencanakan / mengatur THR kita.

Gambar: www.agipsaudagarpanci.com

 

Bagaimana Membuat Perencanaan THR Dengan Bijak?

Menggunakan THR yang diperoleh setahun sekali ini harus dengan bijak karena kelebihan uang ini tidak datang setiap bulan tapi kebutuhan datang tiap bulan dan banyak sekali godaan yang datang.

Kita dapat belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya dan berusaha untuk lebih baik lagi tahun ini. Tips-tips  menggunakan THR dengan bijak adalah:

  • Bermusyawarah dengan pasangan (bagi yang telah menikah) sebelum menerima THR.
  • Membuat anggaran berisi list semua kebutuhan dengan jumlah yang dibutuhkan vs jumlah dana yang anda miliki dari semua sumber, termasuk THR.
  • Tentukan prioritas semua kebutuhan. Kita harus memprioritaskan kebutuhan diatas keinginan kita.
  • Tentukan alokasi anggaran untuk setiap kebutuhan anda hingga seluruh dana habis teralokasikan. Dengan demikian, anda akan lebih realistis dengan semua kebutuhan dan keinginan anda. Mana yang dapat direalisasikan sekarang, mana yang belum bisa. Dasar untuk melakukannya juga jelas dan kuantitatif, tidak berdasarkan perasaan atau mood sementara saja.

 

Prioritas Penggunaan Uang THR:

Yang kita bahas di sini adalah anggaran non rutin di luar kebutuhan rutin yang setiap bulan dicukupi dengan gaji bulanan. Jadi Gaji Bulanan, tidak dimasukkan ke dalam Anggaran Non Rutin ini, yang dimasukkan hanya penghasilan non rutin seperti THR, komisi MLM dll. Lihat contoh Anggaran Non Rutin dibawah ini.

Anggaran THR Lebaran

Gambar: blog.hemat.id

  1. Membayar zakat dan memberi sedekah

Zakat

Gambar: www.sunniy.wordpress.com

Disini saya menyarankan agar zakat dan sedekah menjadi prioritas utama bukan uang sisa karena seluruh penghasilan kita adalah berkat dari Tuhan. Jadi sudah sewajarnya jika kita mengembalikan sebagian saja dari penghasilan kita sebagai persembahan kasih kita kepadaNya yang kita salurkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Anda dapat menghubungi berbagai lembaga Zakat untuk mengetahui apakah penghasilan Anda telah terkena kewajiban zakat.

  1. Mempersiapkan dana pendidikan anak.

Back to School Preparation

Gambar: www.optimisticmommy.com

Prioritas berikutnya bagi yang telah berkeluarga dan memiliki putra/i, lebaran tahun ini  bertepatan dengan kembalinya anak-anak ke sekolah yang berarti kita harus menganggarkan uang pangkal (jika ada), uang sekolah, uang buku, uang seragam dan semua kebutuhan sekolah lainnya.

  1. Membayar Hutang di luar angsuran bulanan yang rutin.

Angsuran bulanan rutin telah dicukupi dengan gaji bulanan. Sedangkan membayar hutang disini adalah pembayaran hutang non rutin yang pernah ada. Juga jika ada uang lebih, disarankan untuk melunasi semua hutang yang bunganya sangat tinggi seperti hutang kartu kredit.

  1. Menabung, investasi

Tabung atau investasikan minimal 10% dari uang THR anda sebelum menghabiskan seluruh uang.

  1. Kebutuhan lebaran

Setelah semua pos diatas tercukupi, seluruh sisa dana dapat digunakan untuk kebutuhan lebaran : belanja, transportasi mudik, oleh-oleh untuk kerabat di kampung, dll .

Promo sirup Marjan

Gambar: Ilustrasi Promo Sirup Marjan di hemat.id

Dalam berbelanja pun, kita harus memastikan kita mendapat harga terbaik untuk setiap barang yang kita beli (best bargain) dengan cara yang paling efisien namun efektif, misalnya dengan browsing ke situs    di www.hemat.id.  Caranya dapat anda baca di Cara Dapatkan Harga Promo Terbaik di Era Digital

Mudik Lebaran

Gambar: www.yudhe.com

 

Demikian manfaat, cara membuat anggaran lengkap dengan prioritas dan alokasinya yang dapat membantu anda lebih mantap menyongsong Hari Raya Idul Fitri. Dalam kesempatan ini, saya dan seluruh keluarga eDaun Hemat.id ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437H bagi saudara-saudara yang merayakannya. Tak lupa kami juga mohon maaf lahir dan batin atas semua kesalahan-kesalahan kami  yang kurang berkenan di hati saudara-saudara sekalian.