Cara Mengolah Puff Pastry Instan Agar Mengembang dengan Sempurna

Puff pastry merupakan salah satu jenis olahan dessert yang dibuat dari tepung terigu, pastry margarine (korsvet), mentega (lemak nabati), telur (kuning telur), gula, garam, dan air. Ditemukan oleh seorang pelukis Prancis dan juru masak magang bernama Claude Gelée sekitar tahun 1645. Ketika secara tidak sengaja dia membuat adonan laminasi dan mencoba membuat kue mentega gulung untuk ayahnya yang sakit. Hampir semua orang suka dengan kue ringan yang memiliki rongga-rongga berlapis ini, tapi biasanya puff pastry dihidangkan sebagai menu snack atau sebagai menu sarapan pagi karena sangat cocok dinikmati dengan teh atau kopi.

Kenapa puff pastry harganya lebih mahal dari pada roti biasa? Sebab proses pembuatan puff pastry membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan rongga-rongga berlapisnya. Jika Anda berhasil membuatnya, Anda akan mendapatkan lapisan lembut berwarna kecoklatan yang menghasilkan kue yang mirip seperti croissant.

Sumber gambar: Pinterest

Puff pastry instan itu apa?

Karena proses pembuatan yang yang lama dan butuh pengetahuan dasar dalam pembuatan puff pastry agar mendapatkan hasil yang memuaskan, kini sudah banyak sekali puff pastry instan yang dijual di pasaran. Dengan puff pastry instan, kita dapat menghemat waktu karena hanya perlu memanggangnya dan mengkreasikan sesuai dengan keinginan dan puff pastry siap untuk disantap. Berikut beberapa pilihan merk puff pastry instan:

Namun menggunakan puff pastry instan tidak serta merta memberikan jaminan Anda untuk mendapatkan puff pastry yang sempurna, Anda masih bisa mengalami kegagalan jika salah dalam mengolah puff pastry.

#BandingkanHematnya

Apakah Anda sedang mencari puff pastry di Indomaret? Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga puff pastry terlengkap di supermarket dan toko online. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Superindo, LotteMart, hingga harga puff pastry di toko online seperti Shopee dan Blibli. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga puff pastry terhemat

Cara agar adonan puff pastry mengembang dengan baik

Walaupun menggunakan puff pastry terdengar mudah, jika Anda salah dalam mengolahnya maka Anda bisa mendapatkan puff pastry yang tidak mengembang dengan sempurna saat dipanggang. Berikut hal yang harus dilakukan dalam mempersiapkan puff pastry instan:

Sumber gambar: Freepik

1. Jangan langsung mengolah puff pastry yang baru dikeluarkan dari lemari es

Hindari untuk langsung mengolah puff pastry yang baru dikeluarkan dari freezer, puff pastry yang masih dalam keadaan beku. Hal ini dapat menyebabkan puff pastry menjadi retak atau pecah. Cara yang paling direkomendasikan untuk dilakukan untuk mencairkan puff pastry adalah dengan memindahkan puff pasty ke bagian pendingin semalaman, agar puff pastry dapat mencair dengan perlahan.

Atau Anda juga bisa mendiamkannya di suhu ruang kurang lebih 30 menit, tapi hal ini kurang direkomendasikan karena beresiko menyebabkan puff pastry terlalu panas dan meleleh. Untuk mengetahui apakah puff pastry sudah siap adalah adonan puff pastry sudah terasa lentur.

2. Segera olah puff pastry saat sudah lentur

Puff pastry yang terlalu lama didiamkan di suhu ruang dapat meleleh dan menjadi lengket, sehingga akan sulit untuk bentuk dan diolah. Dan bentuknya mungkin akan berubah tidak sesuai dengan diinginkan saat di panggang. Jika Anda membutuhkan waktu saat mengolah puff pastry yang sudah siap, disarankan untuk memasukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu sampai Anda siap untuk langsung mengolahnya. Dan jika puff pastry terlalu lunak, Anda bisa menyimpannya ke dalam freezer selama 20 sampai 30 menit.

3. Tidak menaburkan terlalu banyak tepung pada puff pastry

Hindari untuk melapisi puff pastry saat akan diolah, karena dapat menyebabkan puff pastry menjadi lengket dan keras. Cukup tabur tipis pada permukaan dan juga rolling pin, sikat kelebihan tepung setelah puff pastry digulung sesuai yang diinginkan.

Baca juga Jenis dan Merk Tepung yang Cocok untuk Bikin Kue

4. Gunakan suhu yang tepat, jangan terlalu rendah

Pastikan untuk menyetel suhu oven dengan tepat untuk mendapatkan puff pastry yang mengembang dengan sempurna, menyetel suhu terlalu rendah dapat menyebabkan kue menjadi rata. Panaskan oven minimal 15 hingga 20 menit sebelum mulai memanggang, set oven dengan suhu tinggi, kira-kira 200 hingga 400° F dan jangan meletakkan kue di rak yang terlalu tinggi di dalam oven tapi di rak bagian tengah agar kue tidak matang di luar tapi masih mentah di dalam. Berikan jarak setidaknya 1 inci dari adonan kue yang lain untuk memberikan ruang untuk mengembang.

Salah satu rekomendasi oven terbaik dari hemat.id adalah Oxone Oven Master 30L, dengan harga Rp1,3 jutaan Anda bisa dapatkan empat manfaat. Dengan teknologi 4in1 yaitu memanaskan, mencairkan, membakar dan memanggang. Tentunya bisa mengembangkan adonan pastry Anda dengan merata dan sempurna.

Baca juga Selain Oven, Rekomendasi Alat Pemanggang untuk Rayakan Tahun Baru

5. Tidak mengolah puff pastry isi dengan benar

Saat Anda akan membuat puff pastry dengan isian, pastikan untuk membantu uapnya keluar saat memanggang. Triknya adalah dengan menusuk-nusuk seluruh permukaan kue puff yang belum dipanggang dengan menggunakan garpu. Hal ini akan membantu uap yang ada dalam kue pastry keluar dan mencegah kue menjadi rata saat di panggang.

Lalu letakkan kue di atas loyang sebelum menambahkan isian atau topping untuk menghindari adonan dengan beban ekstra dan berisiko robek. Isian harus sudah pada suhu ruang agar tidak melelehkan adonan puff pastry dan dapat mempengaruhi kemampuan kue untuk mengembang.

6. Jenis loyang yang tepat

Gunakan jenis loyang anti lengket atau berlapis kaca gelap agar dapat memanggang lebih cepat

Cara menyimpan puff pastry

Cara terbaik untuk menyimpan puff pastry adalah di dalam freezer, cara ini dapat mempertahankan kualitas segarnya dan dapat bertahan lebih lama. Anda bisa langsung menyimpan puff pastry bersama dengan kemasan aslinya hingga 6 bulan. Untuk mempertahankan kualitasnya, Anda hanya perlu mengeluarkan lembaran kue sebanyak yang Anda butuhkan. Bungkus kembali puff pastry yang tidak digunakan dengan plastik atau foil secara individual dan kembalikan ke freezer.

Pilih kulkas dua pintu agar freezer lebih steril dan suhunya stabil. Rekomendasi kulkas dua pintu dengan harga terjangkau yaitu SHARP KULKAS 2 PINTU 205L SJ-237MG-DP. Kulkas ini dilengkapi dengan 36 tahap pendinginan dan freezer yang luas sehingga bisa menyimpan banyak makanan. Dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, kulkas ini juga hemat listrik dan memiliki berbagai fitur yaitu bisa mendinginkan makanan lebih cepat, menyaring bau tidak sedap, dan dinginnya menyebar dengan merata.

Ide olahan puff pastry instan modal 3 bahan

Ternyata punya stok puff pastry instan bisa menjadi modal untuk buat cemilan yang bervariasi. Bahkan cocok untuk dijadikan sarapan karena prosesnya simpel dan hemat waktu. Berikut ini resep olahan puff pastry sederhana dan mudah yang bisa Anda coba di rumah :

Croffle

Sumber gambar: Freepik

Coffle adalah singkatan dari croissant waffle. Bisa dibuat dengan menggunakan puff pastry instan yang digunting berbentuk segitiga lalu digulung. Kemudian adonannya didiamkan selama 1 jam sampai mengembang, dan campur dengan taburan gula pasir. Setelah itu panaskan cetakan waffle dan olesi dengan butter, lalu cetak dan panggang adonannya. Crooffle siap disajikan bersama madu atau selai coklat.

Mini Saussage Pastry

Sumber gambar: Freepik

Ide olahan puff pastry instan versi asin nih, cara bikinnya sangat mudah. Ambil satu lembar puff pastry, giling jadi lebih tipis, potong jadi 8 bagian. Potong sosis jadi dua bagian, lalu belah lagi jadi 4 bagian memanjang. Gulung sosis di dalam lembaran puff pastry sesuai selera. Oleskan kuning telur. Panggang di oven suhu 200 derajat celcius selama 15 menit.

Puff Pastry Isi Selai Stroberi

Sumber gambar: Freepik

Cara buatnya sama seperti Mini Saussage Pastry, tinggal ganti isian sosis menjadi selai stroberi. Bahannya hanya puff pastry instan, kuning telur dan selai. Tinggal diolah dan dipanggang, lalu siap disajikan.

Itulah beberapa cara agar puff pastry instan Anda dapat mengembang dengan sempurna, selamat mencoba dan jangan lupa untuk mengunjungi hemat.id untuk mendapatkan rekomendasi promo puff pastry menarik di seluruh supermarket dan minimarket.