Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Rice Cooker Atau Magic Com

Rice cooker atau penanak nasi adalah jenis barang elektronik di Indonesia yang pemakaiannya hampir setiap hari mengingat nasi adalah makanan pokok kebanyakan orang asia. Rice cooker pertama di buat dari kayu dalam bentuk persegi panjang yang diinisiasi di Jepang. Japanese Mitsubishi Electric Corporation adalah produsen rice cooker komersial pertama pada tahun 1945. Rice cooker ini terbuat dari pot alumunium yang tidak memiliki tombol on-off otomatis.

sumber : unsplash.com

Karena pemakaiannya yang rutin, rice cooker biasanya harus diganti berkala apalagi jika perawatannya kurang baik sehingga umur pakainya menjadi pendek. Dari pengalaman saya sebagai ibu rumah tangga yang setiap hari menanak nasi, umur pakai rice cooker saya berkisar antara tiga sampai empat tahun saja. Beberapa kriteria yang bisa kita jadikan patokan saat harus mengganti rice cooker adalah

  1. Inner pan yang sudah memiliki banyak goresan karena jika lapisan anti lengketnya (nonstick coating) sudah terkelupas dikhawatirkan akan bercampur dengan nasi atau kandungan logamnya akan masuk ke dalam nasi yang kita masak sehingga membahayakan kesehatan
  2. Tutup rice cooker yang sudah tidak rapat. Kondisi ini akan memperpanjang waktu menanak nasi, memberatkan kerja rice cooker dan membuat nasi tidak matang dengan sempurna
  3. Kabel yang terkelupas karena bisa menyebabkan konsleting listrik

Untuk memperpanjang umur pakai rice cooker dirumah, anda bisa membaca artikel ini sebagai panduannya. Sekarang ini masyarakat kita kebanyakan memakai penanak nasi yang juga berfungsi sebagai penghangat yang disebut magic com. Terdapat tiga perbedaan utama dari tipe penanak nasi yang biasa kita gunakan yaitu  :

  1. Rice cooker yang berfungsi hanya menanak nasi
  2. Magic jar yang berfungsi menghangatkan nasi
  3. Magic com yang berfungsi memasak dan menghangatkan nasi (biasanya magic com juga bisa digunakan untuk mengukus, membuat bubur, dan beberapa fitur lainnya)

Sebenarnya bagaimana sih cara rice cooker bekerja? Rice cooker memberikan induksi panas ke inner pan dari bagian bawah inner pan hingga suhu yang ditentukan tercapai. Lalu heater berhenti memanaskan inner pan dan menjaga setting point suhu stabil agar nasi matang sempurna. Untuk rice cooker dengan fitur canggih, pemanasan akan menyebar merata bahkan memakai teknologi 3D untuk membuat nasi lebih pulen. Berdasarkan tipenya, rice cooker terbagi tiga jenis :

  1. Tradisional

Rice cooker tipe tradisional dan jar-o-mat merupakan tipe rice cooker yang sederhana dengan hanya dua tombol (cook and keep warm) dan biasanya hanya untuk memasak nasi putih dengan proses memasak sekitar 20-25 menit. Dengan tipe tradisional memasak nasi dilakukan dengan single heating element yaitu pemanasan dari bagian bawah inner pan saja sehingga nasi lebih mungkin untuk berkerak.

  1. Jar-o-mat

Rice cooker tipe jar-o-mat memasak nasi dengan pemanasan dari bagian bawah dan juga disekeliling badan rice cooker. Nasi akan matang merata tanpa terjadi pemanasan berlebihan dibagian bawah dan mencegah nasi berkerak di satu sisi.

  1. Micro computerized

Tipe rice cooker micro computerized dilengkapi dengan banyak fitur tambahan seperti fitur fuzzy logic, teknologi 3D dan lain sebagainya. Biasanya rice cooker model ini bisa memasak berbagai jenis makanan dengan berbagai metoda memasak.

Cara kerja rice cooker sangat simple kalau dibandingkan metode masak jaman dulu dimana kita harus mengaron dan mengukus nasi di dandang. Kita hanya perlu mencuci beras, memberikan air yang tepat lalu menekan tombol “cook” dan ketika beras sudah matang dan semua cairan sudah terserap, kondisi akan berpindah dari tombol cook menjadi keep warm yang akan menjaga nasi tetap hangat dan siap disantap kapanpun.

Saran saya, setelah mode berpindah dari cook menjadi keep warm, jangan buka dulu tutup rice cooker agar nasi tanak dengan sempurna dan menjadi lebih pulen. Dan juga jangan membiarkan rice cooker menyala semalaman karena akan membuat nasi mengering. Anda bisa menempatkan nasi didalam kontainer lalu menyimpannya di kulkas lalu dipanaskan kembali saat dibutuhkan. Atau memakai trik ala saya yaitu mencabut saja kabel rice cooker sebelum tidur dengan kondisi rice cooker tertutup dan nasi tetap didalamnya tanpa dipindahkan. Keesokan pagi saya hanya perlu menyambungkan kembali kabel rice cooker ke stop kontak lalu menekan tombol cook. Nasi akan dipanaskan kembali dalam waktu 15 menit sampai tombol berpindah ke mode “keep warm”.

Temukan tips lain agar nasi tidak mudah basi disini

Dalam artikel ini saya akan membahas poin yang saya perhatikan saat memilih rice cooker sebelum membelinya. Banyak pertimbangan dari segi jenis material, harga, ukuran dan fungsinya. Mari kita bahas satu persatu.

1. Ukuran

Sebelum membeli rice cooker, tentukan dulu kapasitas yang akan kita gunakan sehari-hari. Contohnya dirumah saya ada dua orang dewasa yaitu saya dan suami serta satu anak balita. Saya menggunakan rice cooker kapasital 2L tapi sehari-hari saya hanya memasak 2-3 cup beras untuk sekali masak. Padahal rice cooker dengan kapasitas 2L mampu memasak sampai 10 cup sekali masak. Kondisi ini sebenarnya membuat saya boros listrik karena untuk sekali masak saya memakai daya listrik 400 watt, dapat merusak inner pan serta memperpendek umur pakainya dan juga membuat kerja rice cooker tidak maksimal. Rice cooker akan bekerja maksimal ketika digunakan sesuai dengan kapasitasnya. Karena itu saya berencana membeli satu rice cooker mini dengan ukuran 0.6L yang bisa menampung sampai 3 cup dengan daya listrik hanya 200 watt sekali masak dengan waktu memasak hanya 15 menit. Saya bisa memasak hanya untuk sekali makan sehingga nasi akan tetap fresh saat dihidangkan dan mencegah nasi mengering atau malah basi karena terlalu lama disimpan di rice cooker.

Untuk orang-orang yang tinggal dikosan atau di apartemen sendiri, rice cooker dengan kapasitas 0.6L adalah yang paling cocok ukurannya. Karena umumnya rice cooker hanya digunakan untuk memasak nasi saat sarapan dan makan malam. Saya memutuskan memiliki dua jenis rice cooker karena saat kedatangan tamu dirumah, kami memiliki rice cooker yang mampu memasak dengan kapasitas besar saat diperlukan. Biasanya satu cup beras menghasilkan dua mangkok nasi tergantung jenis cup yang termasuk aksesoris saat anda membeli rice cooker.

Berikut perkiraan kapasitas rice cooker dan jumlah orang per sajian

  1. Kapasitas 0.6L = 3 cup untuk 4 – 5 orang dewasa
  2. Kapasitas 1L = 5 cup untuk 7 – 8 orang dewasa
  3. Kapasitas 2L = 10 cup untuk 14 orang dewasa
  4. Kapasitas jumbo = lebih besar dari 14 cup

2. Material Inner Pan

Mempertimbangkan jenis material inner pan saat memilih rice cooker yang akan dibeli juga penting karena inner pan merupakan bagian yang kontak langsung dengan nasi. Saya memilih material stainless steel untuk inner pan saat akan membeli rice cooker. Alasannya karena material stainless steel tidak memiliki coating anti lengket yang mungkin mengelupas dan tercampur ke dalam nasi. Banyak pilihan material inner pan lainnya yang bisa anda pilih sesuai preferensi dan budget anda seperti  :

  1. Stainless steel. Jenis inner pan ini aman karena anda tidak perlu khawatir terjadi pengelupasan lapisan coating dengan harga yang cenderung terjangkau. Kekurangannya hanya nasi yang lebih mudah lengket ke inner pan. Contoh rice cooker dengan inner pan ini adalah cosmos CRJ-9303 dengan rentang harga Rp. 300.000 ke atas tergantung ukuran rice cooker.
  2. Aluminium. Seperti yang kita tahu, alumunium adalah bahan yang bisa menghantarkan panas dengan cepat tanpa memerlukan daya yang terlalu tinggi sehingga nasi akan matang dengan cepat. Pastikan lapisan coating aluminium inner pan anda masih baik karena aluminium tidak bagus jika bersentuhan langsung dengan makanan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan. Contoh rice cooker dengan inner pan jenis ini adalah Miyako 610 3 in 1 with aluminium pan dengan rentang harga Rp. 200.000 ke atas tergantung ukuran rice cooker.
  3. Charcoal atau clay. Inner pan ini dibuat dengan teknologi pelapisan yang akan memasak nasi dengan kekuatan didih tinggi. Hasilnya nasi akan matang dengan merata. Contoh rice cooker dengan inner pan jenis ini adalah Tiger JAJ – A55S. dengan rentang harga Rp. 7000.000 ke atas tergantung ukuran rice cooker dengan rentang harga Rp. 1.500.000 ke atas tergantung ukuran rice cooker.
  4. Keramik. Jenis inner pan ini menghasilkan tekstur nasi yang lembut dan pulen karena daya simpan panas yang kuat sehingga mampu mempertahankan kepulenan nasi. Namun memiliki kekurangan yaitu gampang pecah dan mahal. Contoh rice cooker dengan inner pan ini adalah Tiger JKT-S10S dengan rentang harga Rp. 7000.000 ke atas tergantung ukuran rice cooker.
  5. Teflon. Pastikan inner pan anda memiliki sertifikat bebas bahan berbahaya seperti Perfluorooctanoic Acid (PFOA). Inner pan ini termasuk yang sangat terjangkau, gampang dicari dengan kelebihan anti lengket sehingga nasi mudah diambil dan dibersihkan. Contoh rice cooker dengan inner pan ini adalah Miyako PSG 607 dengan rentang harga Rp. 150.000 ke atas tergantung ukuran rice cooker.
sumber : dokumentasi pribadi

3. Fitur yang ditawarkan

Jaman sekarang fitur yang ditawarkan produsen rice cooker sangat beraneka ragam. Fitur-fitur ini akan menambah fungsi dan nilai jual rice cooker sehingga semakin banyak fiturnya, akan semakin tinggi harganya. Karena itu penting menyesuaikan budget, aktifitas anda (apa anda memang membutuhkan banyak fitur atau hanya butuh rice cooker yang simple), dan berbagai pertimbangan lain. Berbagai contoh jenis fitur ini seperti :

  1. Fitur untuk bisa melihat dari tutup rice cooker sehingga anda bisa melihat proses memasak dan kematangan masakan
  2. Fitur ventilasi di tutup rice cooker sehingga bisa mencegah bubble yang berlebihan
  3. Fitur garis ukur di inner pan yang bisa menjadi patokan yang akan membantu kita saat akan menambahkan air saat memasak nasi
  4. Fitur fuzzy logic yaitu berbagai pilihan jenis memasak seperti memasak nasi, merebus, membuat sup dan sebagainya. Fitur ini biasanya akan memanaskan dulu beras sebelum memasaknya dan memasaknya dalam berbagai variasi suhu. Biasanya proses memasak nasi akan lebih lama (sekitar 50 menit) tapi nasi yang dihasilkan akan lebih lembut, pulen dan enak. Tapi jika anda sedang terburu-buru, anda bisa menggantinya ke mode “quick-cook” untuk mempercepat proses memasak nasi. 
  5. Fitur fuzzy logic akan mengontrol proses memasak sehingga hasil nasi yang dihasilkan tidak keras atau terlalu lembek. Waw sekali pemirsa, karena dengan fuzzy control ini, rice cooker akan memasak lebih lama jika air yang anda masukkan terlalu sedikit sehingga nasi tidak keras. Atau memanaskan inner pan lebih cepat jika air terlalu banyak agar nasi tidak lembek.
  6. Fitur teknologi 3D memastikan nasi yang dimasak akan tetap higienis dan tidak basi sampai 24 jam. Fitur ini juga disebutkan secara otomatis bisa mengurangi kandungan gula dalam beras
  7. Fitur slow cooker untuk para ibu yang ingin membuat kaldu sendiri dirumah
  8. Fitur timer untuk mengatur waktu memasak atau memberitahu saat nasi sudah matang.
  9. Fitur aksesoris pelengkap seperti seperti steamer basket, spatula, measure cup
  10. Handle inner pan yang besar dan tahan panas juga salah satu fitur yang akan memudahkan kita saat harus mengangkat atau mencuci inner pan

4. Harga

Pertimbangan harga pasti merupakan hal yang menjadi fokus utama karena menyesuaikan dengan budget yang kita miliki. Karena itu selain memperhatikan fitur dari rice cooker yang akan dibeli, mengintip promo-promo menarik dari rice cooker incaranmu merupakan salah satu trik yang bisa dicoba. Berikut kisaran harga rice cooker sesuai kapasitasnya di tahun 2020 :

  1. Rice cooker dengan kapasitas 0.6L sekitar Rp 180.000 sd Rp 190.000
  2. Rice cooker dengan kapasitas 1L sekitar Rp 250.000 sd Rp 500.000
  3. Rice cooker dengan kapasitas 2L sekitar Rp 290.000 sd Rp 650.000

Jika anda mencari rice cooker dengan kapasitas 1.8L, Miyako MCM series dengan memiliki tiga fungsi yaitu menanak nasi, penghangat nasi dan mengukus dengan design minimalis. Daya listrik saat memasak 395 watt dan 58 watt saat menghangatkan nasi. Atau jika anda mencari rice cooker dengan kapasitas 0.6L, ada miyako MCM 606-B yang imut dan sangat pas untuk memasak nasi dengan kapasitas kecil.

 

yuk lihat promo rice cooker berkualitas disini

Beli di Courts BTM

Beli di Courts Bintaro

Beli di Courts Ciledug

Beli di Courts Megastore KHI

Beli di Courts MBH

Harga memang tidak menentukan kualitas rice cooker karena kualitas rice cooker ditentukan juga dari cara pakai dan perawatan yang benar. Jika anda pemula, bertanya kepada orangtua atau melihat review dan diskusi terkait rice cooker di online shop akan memberikan gambaran kualitas rice cooker yang anda incar. Untuk spesifikasi, anda bisa menanyakan dengan jelas fitur dan cara pakainya kepada seller yang terpercaya.

Maintenance rice cooker juga poin penting yang harus diperhatikan. Letakkkan rice cooker di area yang tidak terkena matahari langsung atau terlalu dekat dengan kompor atau percikan air. Meletakkan rice cooker di meja makan juga salah satu opsi. Selain aman, meletakkan rice cooker di meja makan juga akan mempermudah anggota keluarga atau tamu saat akan mengambil nasi. Anda bisa melihat rekomendasi jenis meja makan yang sedang promo di link dibawah ini.

Promo meja makan dengan material kaca yang cantik dan mudah dibersihkan

Promo meja makan ala rustic dengan kombinasi warna putih dan cokelat

Beli di Courts BTM

Beli di Courts Bintaro

Beli di Courts Ciledug

Beli di Courts Megastore KHI

Beli di Courts MBH

Jadi bagaimana sahabat hemat? Sudah siap hunting rice cooker yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu? Silakan mampir ke hemat.id untuk mendapatkan info promo menarik atau install aplikasi kliptalog untuk info promo lainnya. Salam hemat.

Referensi :

  1. //www.gourmetsleuth.com/articles/detail/how-to-select-a-rice-cooker
  2. //www.inductionatmospheres.com/induction_heating.html
  3. //www.freepatentsonline.com/4362923.html
  4. //home.howstuffworks.com/rice-cooker5.htm
  5. //www.forumappliances.com/how-to-choose-the-correct-rice-cooker-for-you/
  6. //cookeradviser.com/the-history-of-rice-cooker/

 

 

 

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!