Tips Membuat Aroma Rumah Bersih dan Segar

Siapa yang tidak mau pulang ke rumah yang aroma rumahnya bersih dan terasa segar? Sudah banyak mencoba berbagai cara tapi aroma rumah tetap tidak sedap? Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan rumah memiliki aroma yang kurang menyenangkan, salah satunya memiliki peliharaan yang kandangnya berada di dalam rumah dan atau peliharaan bebas berkeliaran di dalam rumah.

Memiliki rumah yang selalu memiliki aroma yang bersih dan segar tidak hanya membuat pemilik rumah merasa nyaman tapi juga dapat mengurangi stres, menurut hasil study yang sudah pernah di terbitkan oleh PubMed.org. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang mengharuskan semua orang untuk lebih banyak berdiam diri di rumah.

Selalu menjaga kebersihan rumah adalah salah satu cara untuk membuat aroma rumah menjadi bersih dan sehat, lalu tambahkan pengharum ruangan untuk memberikan rasa tenang dan nyaman saat ada di rumah. Pilihlah aroma yang tidak terlalu tajam dan disukai oleh semua anggota keluarga. Nah berikut ada beberapa tips yang dapat membuat aroma rumah bersih dan segar.

Sumber : stylecraze.com

1. Bahan alami 

Kebanyakan pewangi ruangan yang dijual secara komersial menggunakan bahan kimia yang keras, jika Anda ingin meminimalisir penggunaan produk yang memiliki bahan kimia maka Anda juga bisa menggunakan bahan – bahan alami yang ada di sekitar Anda untuk menciptakan aroma alam di dalam rumah.

Ada beberapa bahan alami yang bisa dipadu padankan untuk menciptakan aroma rumah yang natural, seperti potongan jeruk, cengkeh dan juga kayu manis. Caranya didihkan air lalu tambahkan irisan jeruk bersama dengan segenggam kecil cengkeh dan batang kayu manis, biarkan mendidih selama 30 menit sampai aroma alaminya keluar. Lalu pindahkan ke dalam mangkuk dan letakkan di tempat-tempat yang Anda inginkan, cara ini sifatnya berjangka pendek, tapi aromanya benar-benar menenangkan.

Sumber : Pexels.com

2. Lilin aromatik

Anda bisa memilih lilin aromatik untuk pilihan keharuman jangka pendek, seperti kedatangan tamu yang tiba-tiba. Pastikan Anda meletakkannya di area terbuka agar aromanya tersebar dengan baik. Tapi agar aman, letakkan jauh dari jangkauan balita atau hewan peliharaan agar tetap aman.

Sumber : Pixabay.com

3. Essential oil diffuser

Essentials oil diffuser adalah alternatif yang baik untuk aroma yang selalu stabil dan lebih aman dibandingkan menggunakan lilin aroma. Pilihan aromanya pun sangat bervariatif tapi jangan asal menggabungkan aroma ya, karena akhirnya malah nanti jadi aneh atau bahkan menjadi aroma yang tidak sedap.

Selain menggunakan Essentials diffuser yang menggunakan listrik untuk mengoperasikannya, Anda juga bisa menggunakan reed diffuser  sebagai alternatif tanpa menggunakan listrik.

Sumber : Pexels.com

4. Menggunakan bunga atau tanaman

Selain menggunakan bahan alami Anda juga bisa meletakkan bunga atau tanaman yang mengeluarkan aroma tertentu, seperti Bunga Sedap Malam, Bunga Seruni, Bunga Peace Lily, Bunga Aster Garbera.

Dan tanaman seperti Pakis boston, Selasih, Palem Kuning, atau Sansevieria atau yang lebih di kenal dengan nama lidah mertua untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah.

Apalagi jika di rumah ada perokok aktif, maka tanaman lidah mertua dapat menyerap polutan dari asap rokok ini. Jangan lupa untuk meletakkan tanaman berada di dekat jendela agar tanaman tetap mendapatkan sinar matahari dan aromanya dapat menyebar dengan baik ke seluruh rumah.

5. Sirkulasi udara yang baik

Jangan lupa untuk selalu membuka jendela setiap pagi ya, agar aroma di dalam rumah menjadi lebih bersih dan segar, selain membuat udara menjadi lebih berkualitas sirkulasi udara yang baik juga dapat mempengaruhi kesehatan penghuni rumah. 

World Health Organization (WHO) juga pernah menyatakan bahwa rumah dengan kualitas udara yang buruk dapat menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya penyebaran penyakit menular dan bahkan kematian di beberapa negara berkembang. Dan masih menurut WHO anak – anak rentan terkena dampak negatif dari ventilasi yang tidak baik ini

Anda bisa mendapatkan pengharum ruangan yang sesuai dengan kebutuhan dan harga promonya dengan membuka Hemat.id dan juga membuat daftar belanjanya di aplikasi Kliptalog, jadi Anda tidak perlu membuat secara manual daftar belanja Anda.

Bagaimana Anda menjaga agar aroma di rumah selalu bersih dan segar? Bagikan pengalaman dan cerita Anda di kolom komentar di bawah ini yuk.

Sumber :

  1. //www.bhg.com/
  2. //id.wikipedia.org/wiki/Sansevieria/
  3. //www.bustle.com/
  4. //www.who.int/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!