Hindari Makanan Ini Saat Hamil dan Menyusui Ya…!!!

Saat anda sedang menyusui pasti tidak asing dengan komentar seperti “jangan makan, makanan yang pedas nanti bayi nya diare” atau “jangan makan makanan yang asam-asam nanti bayi nya sakit perut” dan masih banyak komentar-komentar lainnya. Tapi apa semua komentar-komentar itu benar? Belum tentu. Saya mungkin salah satu yang hampir tidak memantang apa yang saya makan saat menyusui. Bisa jadi juga karena anak pertama, sehingga pengetahuan seputar menyusui belum banyak dan anak juga tidak menunjukkan gejala negatif. Yang saya lakukan saat menyusui adalah mengurangi porsinya, misalnya makan sambal tidak terlalu banyak, minum kopi hanya satu atau setengah gelas saja dan lain sebagainya.

Nah, untuk menambah pengetahuan saya, ibu hamil serta ibu yang sedang berjuang untuk mendapatkan “gelar S2”-nya yaitu menyusui selama 2 tahun, yuk simak makanan-makanan apa saja yang harus dihindari saat kita sedang hamil dan menyusui.

1. CokelatTidak Di Sarankan Makan Ini Saat Hamil Ya...!!!

Wah, jika anda terkejut berarti sama seperti saya. Ternyata cokelat salah satu makanan yang tidak disarankan untuk di konsumsi saat sedang menyusui. Alasan ilmiahnya, di dalam cokelat terkandung kafein meskipun menurut Tamara Hawkins, FNP, RN, IBCLC, President of the New York Lactation Consultant Association, cokelat memiliki kadar kafein yang rendah. Selama tidak berlebihan, ibu menyusui masih diperbolehkan untuk mengonsumsi cokelat. Selain itu makan cokelat bisa membuat anda lebih rileks dan itu sudah saya buktikan sendiri karena saya salah satu pecinta cokelat.

Cari Tahu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

2. Makanan yang terlalu pedas, terlalu berbumbu atau terlalu asamTidak Di Sarankan Makan Ini Saat Hamil Ya...!!!

Terkadang makan makanan yang terlalu pedas, terlalu asam dan berbumbu tidak memberikan efek samping negatif pada bayi. Hal ini bisa terjadi, sebab salah satu alasannya adalah karena saat hamil si ibu sudah memperkenalkan makanan-makanan ini. Sehingga bila si bayi sudah dilahirkan dan berlanjut pada fase menyusui, saat si ibu makan makanan jenis ini si bayi tidak menunjukkan gejala apapun. Apabila saat bayi anda menunjukkan gejala yang tidak baik seperti kembung atau bahkan diare, setelah anda makan makanan jenis ini maka anda harus memperhatikan level kepedasan, keasaman dan ketajaman bumbunya atau bahkan hentikan mengonsumsi makanan jenis ini.

3. KafeinTidak Di Sarankan Makan Ini Saat Hamil Ya...!!!

Sebenarnya ibu menyusui masih diperbolehkan mengonsumsi kafein tapi dibatasi maksimal hanya 3 gelas dalam sehari, baik itu minum teh, kopi, ataupun minuman bersoda. Disarankan untuk anda minum kopi setelah sesi menyusui berakhir, agar anak tidak mengalami efek samping dari kafein seperti anak jadi gelisah dan susah tidur. Jadi saat akan menyusui kembali kandungan kafein sudah tidak ada dalam tubuh anda.

4. Ikan yang mengandung merkuriTidak Di Sarankan Makan Ini Saat Hamil Ya...!!!

Saat hamil pun ibu sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi seperti ikan hiu, ikan pedang, dan ikan marlin, serta mengurangi konsumsi ikan tuna.

5. Sayuran dan buah Tidak Di Sarankan Makan Ini Saat Hamil Ya...!!!

Sayuran seperti brokoli, bunga kol, bawang bombay, dan timun, dan kubis mengandung gas yang cukup tinggi, hal ini di bisa menyebabkan anak menjadi sering buang angin. Serta buah yang tidak disarankan untuk ibu yang sedang menyusui adalah buah yang terlalu asam, karena bisa menyebabkan perut bayi menjadi tidak nyaman dan rewel.

Buah-Buahan Terbaik yang Perlu Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Untuk mengetahui apakah anak anda mengalami efek samping dari apa yang anda makan, ketahui apa saja yang anda makan selama dua sampai enam jam sebelum anda menyusui bayi anda. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan anda dengan minum sebanyak enam sampai delapan gelas setiap harinya.

Jangan lupa untuk membuka website Hemat.id untuk mendapatkan makanan, buah dan sayuran segar yang sedang promo di semua Supermarket, Hypermarket dan Minimarket di sekitar anda untuk mendukung produksi ASI menjadi lancar dan juga membuat ibu yang sedang menyusui menjadi lebih sehat.

Selain menjaga makanan ibu yang sedang menyusui juga membutuhkan dukungan dari keluarga baik dari suami, orang tua dan juga mertua, bagikan pengalaman anda saat sedang menyusui? makanan apa lagi yang menurut anda tidak disarankan untuk di konsumsi oleh ibu yang sedang menyusui?

Sumber :

1. thebump.com/a/foods-avoid-when-breastfeeding

2. parents.com/advice/babies/newborn-care/what-foods-should-i-avoid-while-breastfeeding

3. medela.com/breastfeeding/mums-journey/breastfeeding-what-to-eat

4. FSAI Issues Guidelines on Consumption of Shark, Swordfish, Marlin and Tuna. (Ireland : Food Safety, 2004)