Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Kehamilan adalah momen yang paling di tunggu oleh semua pasangan suami istri. Saat kehamilan tiba, si ibu akan mengalami morning sick dan beberapa keluhan di awal kehamilan yang berbeda-beda pada masing-masing ibu hamil. Pengalaman pribadi saya, saya mengalami morning sick yang parah selama 4 bulan. Pada saat itu saya hanya bisa tertidur karena saya mengalami sakit di area perut, mual dan juga muntah-muntah.

Selain dari suplemen dan buah-buahan, ibu yang sedang hamil muda bisa juga makan makanan sehat yang bisa memenuhi asupan nutrisi selama kehamilan, diantaranya seperti berikut :

1. Sayur dan buahMakanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Buah dan sayuran mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk kehamilan terutama vitamin C dan folic acid. Ibu hamil memerlukan setidaknya 70 mg dari vitamin C per hari, yang banyak terkandung dalam buah jeruk, anggur, melon, apel dan stroberi. Selain itu nutrisi penting ada pada sayuran seperti brokoli, tomat, bayam, kale, wortel. Pilihlah buah-buahan dan sayuran yang segar dan berwarna serta selalu dicuci terlebih dahulu sebelum di konsumsi. Bila perlu, buah dan sayuran di cuci menggunakan cairan pembersih khusus sayuran dan buah agar lapisan lilin yang ada dapat hilang.

2. SalmonMakanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Salmon mengandung asam lemak Omega-3 yang merupakan lemak sehat dan baik untuk jantung. Ibu yang sedang hamil muda disarankan untuk makan 8 hingga 12 ons ikan per hari. Apabila ibu ingin memakan salmon sebaiknya di masak terlebih dulu ya, tidak disarankan untuk memakan salmon mentah seperti sashimi.
Ada pula beberapa ikan yang harus dibatasi konsumsinya misalnya ikan pedang, hiu, king mackerel, marlin dan tuna putih, karena ikan-ikan jenis ini memiliki kadar merkuri yang tinggi. Namun, jika ingin mengonsumsi ikan jenis ini tidak boleh lebih dari 6 ons per minggu.

Ini Dia Pentingnya Makan Ikan Bagi Ibu Hamil

3. SusuMakanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Susu khusus ibu hamil sangat membantu ibu yang sedang hamil muda dalam mengatasi morning sick dan juga memenuhi kebutuhan asupan nustrisi bagi ibu hamil. Sudah sangat banyak susu hamil yang di jual di pasaran dengan rasa yang lebih enak agar ibu hamil yang tidak menyukai susu akan lebih mudah mengkonsumsi susu.

Selain susu ibu juga bisa mengkonsumsi olahan susu lainnya seperti keju dan juga yogurt khususnya greek yogurt.

Cari Promo Susu Ibu Hamil Di Sini

4. Biji-bijianMakanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Ibu hamil harus mengonsumsi makanan seperti oatmeal, pasta, sereal, roti gandum, hingga beras coklat yang tinggi kadar serat, zat besi dan vitamin B sebanyak 3-4 porsi per hari. Makanan-makanan ini bermanfaat bagi ibu hamil agar terhindar dari sembelit dan juga wasir selama kehamilan.

5. Daging dan TelurMakanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Daging sapi, ayam, dan ikan mengandung zat besi, kolin, vitamin B dan nutrisi penting lainnya. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil salah satunya adalah zat besi. Zat besi adalah mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah dan sel darah merah sendiri mempunyai peran penting untuk mengantar oksigen ke semua sel dalam tubuh. Apalagi saat hamil volume darah akan meningkat, jadi ibu hamil muda membutuhkan asupan zat besi yang lebih banyak.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan saat memilih daging yang akan di konsumsi oleh ibu hamil. Pilihlah daging yang masih segar dan di masak sampai benar-benar matang. Untuk telur, pilihlah telur yang sudah di fortifikasi Omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan otak dan agar janin berkembang dengan semestinya.

Pastikan anda membuka halaman hemat.id untuk mendapatkan promo-promo sayuran, daging, serta bahan makanan segar lainnya di semua Supermarket, Hypermarket, dan Minimarket di daerah anda.

Kesehatan ibu yang sedang hamil muda tidak hanya berasal dari makanan dan suplemen saja tapi juga bisa datang dari support suami dan keluarga. Ibu hamil yang bahagia tentu akan memberikan dampak positif pada janin yang sedang di kandung. Bagikan pengalaman anda saat hamil muda, kendala-kendala apa saja yang anda hadapi saat itu, hingga makanan apa saja yang menjadi favorit saat anda sedang hamil muda? Tuliskan cerita anda di kolom komentar di bawah ya.

Sumber :

1. id.theasianparent.com/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-1-2-bulan

2. alodokter.com/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-muda-wajib-dicatat-yah-bunda