Inspirasi Berbuka Dengan Tumis Terasi Terong

Saat memakan tumis terong terasi di sebuah restoran spesial sambal di daerah Paramount, saya benar-benar suka sekali dengan rasanya. Rasa pedasnya yang sangat nendang dan nikmat, membuat saya dan keluarga selalu memesan tumis terong terasi ketika mampir ke restoran tersebut. Karena sangat suka dengan cita rasa masakan ini, saya pun tertarik untuk memasaknya sendiri di rumah. Selain lebih hemat, saya pun bisa membuatnya lebih banyak. Sayuran ini juga cocok untuk di sajikan sebagai menu makan malam setelah berbuka puasa. Jangan lupa takaran cabenya di kurangi agar tidak bikin sakit perut?. Meski begitu, mengurangi cabe tidak akan mengurangi kenikmatannya.

Terong merupakan tumbuhan yang tumbuh subur di daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis, negara-negara yang memiliki iklim seperti ini adalah Asia Selatan, Asia Tenggara dan juga Afrika Selatan. Selain enak untuk di masak balado dan juga di tumis terasi terong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, berikut manfaat nya :

  1. Untuk menjaga kesehatan jantung, karena mengandung serat, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan fitonutrien
  2. Dapat mengendalikan kadar kolestrol pada tubuh, karena kaya akan senyawa asam klorogenat, yang merupakan senyawa yang bisa menurunkan berat badan dan menurunkan kolestrol jahat
  3. Dapat mencegah kanker, karena terong mengandung antosianin, polifenol, dan asam klorogenat
  4. Untuk meningkatkan fungsi otak, karena pada kulit terong terdapat zat antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak
  5. Bisa melembutkan kulit dan juga bercahaya, hal ini karena terong memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi dan mengandung 92 persen air
  6. Membuat kulit kepala lebih terasa lembab, terong yang mengandung 92 persen air, sejumlah mineral dan vitamin dapat memberikan nutrisi bagi kulit kepala.

Inspirasi Resep Lezat Nan Segar Untuk Berbuka

Setelah mengetahui terong memiliki banyak manfaat hingga mampu menurunkan berat badan ibu-ibu (termasuk saya), pasti langsung ingin makan terong terus ya? Hati-hati ya moms, jika mengonsumsi terong secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan masalah pada pencernaan Anda, jadi cukup memakan sewajarnya saja ya.

Tips memilih terong sendiri adalah pilihlah terong yang memiliki tekstur yang padat dan juga berisi saat di pegang, kulitnya terlihat halus, mulus dan warnanya terlihat ungu terang. Jangan memilih terong yang warnanya sudah pudar dan lembek.

Sekarang yuk, kita masuk ke resep lengkapnya :

Bahan :

250 gram terong, potong-potong sesuai selera

3 sendok makan minyak goreng

Haluskan atau iris-iris :

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

10 cabai rawit, bisa di kurangi atau di tambah sesuai selera

1/2 buah tomat ukuran sedang

1 potong kecil terasi ABC

1 ruas tipis jahe (optional)

Secukupnya garam

Secukupnya penyedap rasa

Secukupnya gula pasir

Cara Buat :

  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan atau bumbu yang sudah di iris-iris sampai harum, lalu masukan terong yang sudah di potong-potong.
  2. Aduk sebentar, setelah di aduk rata masukkan air sedikit lalu tambahkan garam, penyedap rasa dan gula pasir.
  3. Tutup wajan, masak sampai terong lembut dan air menyusut.
  4. Setelah matang, sajikan dengan nasi panas.

Saya pribadi lebih suka jika bumbu-bumbu nya di iris-iris dan tidak di haluskan. Selain karena rasanya lebih sedap, saya suka ketika melihat potongan bawang, cabe dan bumbu lainnya ketika masih terlihat. Anda juga dapat menggunakan bawang merah dan bawang putih yang banyak jika ingin menghasilkan rasa yang lebih nikmat.

Baca Juga : Tips Memasak Pare Anti Pahit

Bagaimana moms, mudah kan cara membuatnya? Bahan-bahannya sangat mudah di temukan dan di dapatkan apalagi di beberapa supermarket dan hypermart sedang memberikan promo-promo menarik yang bisa anda cek di halaman hemat.id.

Bagikan hasil tumis terasi terong anda di halaman komentar di bawah ini, kreasi apa yang anda tambahkan di resep ini? Apakah keluarga Anda menyukainya?

Sumber :

//alodokter.com/ini-khasiat-terong-dan-cara-pengolahannya