Makna Idul Adha Yang Perlu Diketahui Anak

Di tahun 2020 Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada tanggal 31 juli, persiapan apa saja yang sudah Anda dan keluarga lakukan? Di rumah saya Hari Raya Idul Adha biasanya dirayakan dengan sederhana, apalagi dengan kondisi seperti sekarang ini.

Bagi kita orang dewasa mungkin sudah tahu apa itu Hari Raya Idul Adha? Apa yang dilakukan di Hari Raya Idul Adha?. Tapi bagaimana dengan anak-anak? Apakah ada anak-anaknya yang masih belum paham makna dibalik perayaan Idul Adha?

Berikut ini beberapa tips untuk menjelaskan makna penting dari Perayaan Idul Adha kepada anak-anak di rumah :

Diawali dengan cerita

Sudah banyak buku cerita anak yang bertemakan kisah-kisah Nabi, kita bisa mulai dengan mendongeng dengan membacakan buku cerita yang mengisahkan kisah hidup Nabi Ibrahim SAW dan Nabi Ismail SAW. Para Ibu juga bisa bercerita dengan menggunakan boneka tangan, bersuara seperti hewan yang ada di buku cerita atau bercerita dengan bayangan.

Sumber : Freepik

Makna penting dari Qurban

Beri penjelasan yang singkat dan jelas kepada anak, kenapa umat muslim yang mampu secara finansial dianjurkan untuk ber-Qurban. Allah mengajarkan kepada kita untuk rela melepaskan bahkan untuk harta yang paling berharga sekalipun, dan wujud kepatuhan sepenuhnya atas kehendak dan perintah Allah SWT.

Selain hubungan kepada Allah SWT dengan ber-Qurban, kita berbagi kebahagiaan kepada orang-orang yang kurang beruntung. Ditambah dengan kondisi pandemi seperti saat ini, ketika banyak orang-orang yang saling membutuhkan untuk bertahan hidup. Selain itu Hari Raya Idul Adha adalah momen yang tepat untuk dapat berkumpul dan makan bersama keluarga. 

Apa saja kegiatan saat Idul Adha?

Bunda bisa mulai bercerita apa saja yang dilakukan di Hari Raya Idul Adha. Sama halnya seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha juga diawali dengan melakukan shalat Ied bersama-sama di tanah lapang atau masjid, setelah shalat Ied orang-orang akan berkumpul kembali untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban, kemudian hewan Qurban akan di bagi-bagikan ke masyarakat sekitar untuk dimasak dan dinikmati.

Hari Raya Idul Adha juga merupakan puncak ibadah haji, yang mana umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah Haji akan melempar batu ke tiga tiang batu yang ada di Mina yang melambangkan iblis.

Tapi tetap selipkan cerita bahwa karena kondisi saat ini mungkin akan melaksanakan shalat ied dirumah, atau tetap melaksanakan sholat ied di masjid dengan melaksanakan protokol kesehatan. Jika tidak benar-benar diperlukan, tidak perlu ikut menyaksikan penyembelihan.

Pergi Haji jika mampu

Pergi haji merupakan Rukun Islam yang kelima, selain sebagai salah satu pondasi wajib bagi umat islam pergi haji merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT. Dengan menyerahkan sepenuhnya ruh, badan dan harta kita.

Membuka sesi tanya-jawab

Anak-anak suka sekali bertanya, jadi setiap kali menjelaskan sesuatu pada anak-anak pasti mereka mempunyai pertanyaan yang kadang bisa membuat saya cukup kagum? Misalnya, apakah hewan Qurban akan masuk surga? Apa hewan Qurban merasa kesakitan saat disembelih? Jadi persiapkan diri Bunda dengan kuis-kuis dadakan ya..

Sumber : Freepik.com

Mengajak anak mengolah daging

Setelah asyik bercerita, Bunda pun bisa mengajak anak-anak untuk mengolah daging untuk disantap bersama keluarga. Ada banyak sekali resep masakan daging yang bisa Anda coba buat bersama anak, tidak ada salahnya mencoba resep baru. Ciptakan momen masak bersama anak yang akan Bunda dan anak kenang sampai mereka besar nanti dan mengulang momen itu bersama anak mereka kelak. Jika belum punya ide mau masak apa, Anda bisa mencoba Sate Kambing Dengan Saus Mentega atau Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker.

Untuk melengkapi masakan di rumah, Anda bisa mendapatkan bumbu-bumbu dan alat masak yang bunda butuhkan untuk memasak sajian Hari Raya Idul Adha dengan membuka hemat.id, Hemat.id akan memberikan informasi lengkap promo-promo dengan harga terhemat yang masih berlaku di supermarket di daerah bunda.

Sumber :

  1. //www.eid-al-adha.org/
  2. //www.britannica.com/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!