Tips Penataan Ruang Sempit Yang Tepat

Mengatur ruang sempit agar nyaman bagi tamu dan juga tuan rumah bisa menjadi rumit jika tidak benar-benar direncanakan dengan baik. Perencanaan seperti apa yang dibutuhkan untuk sebuah ruangan yang sempit agar tidak makin terkesan sempit? Apakah ruangan sempit tidak membutuhkan banyak perabotan? Perabotan seperti apa yang cocok diletakkan di ruangan yang sempit dan dimana harus meletakkannya?

Wah, banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda mulai menata ruangan yang berukuran kecil. Berikut ini beberapa tips yang bisa memberikan inspirasi dalam menata ruangan sempit.

1. Perabotan yang tepat dan penataannya

Sebelum mulai menata ruangan ketahui dahulu ruangan tersebut digunakan untuk apa. Dan tentunya, siapa yang akan sering menggunakan ruangan tersebut agar hasilnya lebih maksimal. Anda bisa memberikan lampu yang terang untuk menciptakan ilusi ruangan menjadi lebih besar.

2. Buatlah jalan lurus

Jika Anda akan menata ruang tamu, agar memiliki ruang untuk menuju ke ruangan lain, Anda bisa mengatur sofa berada di satu sisi dinding saja. Lalu letakkan coffee table yang memanjang dan meletakkan kursi di ujung meja. Untuk menciptakan area untuk orang yang akan lalu lalang, tanpa harus menyenggol atau harus memutari perabotan untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Jika anda memilih untuk menggunakan karpet, lebih baik karpet ini tidak menutupi area “jalan”. Pilih karpet yang memiliki motif yang berukuran kecil, material yang ringan dan pilihan warna natural untuk menciptakan kesan luas pada ruangan.

Baca Juga : Tips Meletakkan Karpet Rumah yang Tepat

Penggunaan karpet juga dapat membantu menciptakan pemisah ruangan satu dengan ruangan lainnya tanpa perlu menambahkan partisi yang dapat membuat mempersempit ruangan.

Sumber : Hemat.id

3. Pilih perabotan berukuran kecil

Untuk menata ruangan kecil, maka perabotan yang digunakan pun harusnya berukuran kecil agar ruangan tidak terasa penuh. Bijaklah juga dalam menentukan perabotan apa saja yang di letakkan di ruangan tersebut, misalnya kamar tidur. Perabotan inti dari kamar tidur adalah kasur, lemari pakaian dan meja kerja atau belajar. Perabotan diluar itu bisa dibilang perabotan opsional atau tidak wajib ada.

Seperti Heinz Nestable Meja Console Oak ini, dengan dimensi : 48,1 x 46,1 x 12,8 cm serta memiliki desain yang minimalis dan elegan meja ini bisa diletakkan di semua ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, maupun ruang tidur. Dengan pilihan warnanya ada brown dan walnut, material MDF, dan menggunakan sistem Knock-Down (KD).

Hindari juga, meletakkan perabotan yang tinggi karena bisa memberikan ilusi plafon yang terlihat lebih rendah dari ukuran yang sebenarnya.

4. Perabotan multifungsi

Sekarang sudah ada banyak sekali satu perabotan yang dapat memiliki banyak fungsi atau dapat dibesar-kecilkan maupun di panjang-pendekkan. Misalnya meja makan yang dapat diubah menjadi meja makan yang dapat menampung lebih banyak orang. Fold out bed yang saat didorong di dinding menjadi meja belajar, bunk bed yang sudah termasuk tempat tidur, meja belajar, lemari pakaian sekaligus kabinet dan sebagainya.

Inovasi perabotan seperti ini memang cukup mahal tapi bayangkan seberapa banyak ruang yang bisa anda selamatkan. Disamping itu Anda pun bisa menghibur sekaligus sedikit menunjukkan ke para tamu dengan menunjukkan beberapa perabotan multifungsi yang Anda miliki. Dijamin mereka akan berdecak kagum dan memuji kekreatifan Anda dalam menata ruang sempit di rumah.

Selain membeli secara komersial, anda juga bisa membuat furnitur dengan desain sendiri, sehingga benar-benar memiliki fungsi yang keluarga butuhkan serta memiliki ukuran yang sesuai. Karena terkadang jika Anda membeli perabotan jadi, ukurannya bisa menjadi masalah bagi ruangan sempit.

Selengkapnya :  Mengenal Custom Made Furniture

Sumber : Courts.co.id

5. Meja atau perabotan yang memiliki penyimpanan

Selalu pilih perabotan yang memiliki laci-laci atau kabinet terbuka yang bisa Anda isi dengan keranjang rotan yang cantik. Hal ini untuk menjaga ruangan tetap rapi dan selalu tertata dengan rapi.

Lemari laci Graver Tallboy Sonoma TB 2215 (F) Agusto ini misalnya, dengan desain yang elegan lemari laci ini menggunakan knockdown system dengan material partikel board. Dengan dimensi : 796 x 396 x 1000 mm, lemari laci ini bisa juga dijadikan meja samping atau tempat untuk meletakkan pajangan kesayangan Anda.

Sumber : Pinterest

6. Tambahkan tanaman

Selain meletakkan rak atau kabinet kecil untuk diletakkan di sudut ruangan, Anda juga bisa meletakkan tanaman hias. Penambahan tanaman dapat membuat ruangan lebih segar, tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan misalnya seperti tanaman monstera, spider plant, tanaman pachira (Money Plant), atau lidah buaya.

Jangan lupa untuk rutin meletakkan tanaman bunda di bawah sinar matahari dan disiram secara berkala, dan untuk tanaman yang memiliki duri seperti lidah buaya. Letakkan di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak atau letakkan di tempat yang tinggi agar tidak sampai melukai karena durinya yang cukup tajam.

Sumber : //propertiterkini.com/

7. Ciptakan titik fokus

Anda ingin jika tamu yang datang ke rumah langsung tertuju pada sesuatu di dalam ruangan tersebut? Maka Anda bisa meletakkan sebuah lukisan dengan lampu sorot, cermin dengan bentuk unik, atau sebuah jendela besar dengan pemandangan taman yang indah. Tapi ingat, jika sudah ada lukisan berukuran besar, jadikan lukisan tersebut satu-satunya karya seni di ruangan tersebut.

Kenapa kita harus menciptakan titik fokus pada ruangan sempit? Hal ini dilakukan agar orang akan langsung melihat ke titik fokus yang kita ciptakan dan mengaguminya, sehingga tidak berfokus pada sempitnya ruangan itu.  Selain menata perabotan, kita juga harus disiplin dalam mengendalikan diri untuk tidak membeli pajangan atau dekorasi ruangan yang justru bisa mempersempit ruang.

Sumber : Pinterest

8. Cermin dapat memperluas ruangan

Penambahan cermin pada ruangan yang sempit ternyata bisa memberi kesan ruangan yang lebih luas, sudah sempat di bahas di poin sebelumnya tidak hanya bisa di jadikan sebagai titik fokus, cermin dapat memantulkan cahaya ke sudut-sudut sempit pada suatu ruangan dan menciptakan efek terang.

Letakkan cermin di tengah ruangan dan ketahui pantulan apa yang akan terlihat di cermin, jangan sampai pantulan pada cermin Anda adalah toilet atau pemandangan yang tidak menyenangkan lainnya. Disarankan pantulan pada cermin adalah jendela, tanaman, atau pajangan favorit Anda. Pergunakan maksimal dua cermin atau satu cermin berukuran besar, terlalu banyak menggunakan cermin dapat menciptakan rasa tidak nyaman pada orang lain.

Sumber : Pinterest

9. Penggunaan warna 

Jika Anda ingin menggunakan cat dinding untuk dinding dirumah, Anda bisa menggunakan warna netral seperti memadukan warna-warna putih-hitam, biru-hijau, atau pink-ungu. Atau jika Anda menyukai warna dominan seperti fuchsia, merah, hitam, coklat atau emas aplikasikan pada salah satu sisi dinding saja.

Warna dominan ini bisa juga dipilih untuk warna pada cushion, vas bunga, frame foto dan lain-lain.

Bila anda lebih memilih untuk menggunakan wallpaper pada rumah anda, maka buatlah penataan dan gunakan perabotan yang sederhana. Pilihlah wallpaper dengan warna cerah dan motif yang kecil. Fungsinya adalah untuk memberikan kesan ruangan lebih terbuka dan juga terasa intim saat menjamu tamu atau keluarga yang berkunjung.

Dapur di rumah saya adalah ruangan tersempit di rumah, ditambah lagi dapur juga merangkap menjadi ruang cuci baju. Jadi sudah dibayangkan betapa sempitnya. Saya mengakalinya dengan tidak meletakkan perabotan dapur yang terlalu banyak dan tidak banyak menggantung peralatan masak saya.

Saya lebih memilih untuk membuat kitchen set yang memiliki banyak penyimpanan dan meletakkan beberapa perabotan dapur seperti microwave dan oven di ruang makan agar tidak memenuhi dapur. Selain itu, menyimpan peralatan dapur di dalam kabinet membuat dapur selalu terlihat rapi dan bersih. Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki ruang sempit dirumah? Bagaimana Anda menyiasatinya agar ruangan tersebut terlihat lebih luas dan nyaman? bagikan pengalaman dan cerita anda ya.

Jangan sampai terlewatkan, ada banyak sekali promo pilihan untuk produk perabotan yang sesuai dengan ruang sempit di hemat.id Temukan mulai dari meja, kabinet, lemari pakaian dan lain-lain. Anda akan mendapatkan informasi promo terhemat di semua supermarket dan hypermarket terdekat di sekitar Anda.

Sumber :

  1. //www.forbes.com/
  2. //www.thespruce.com/
  3. //www.dekoruma.com/
  4. //www.home.co.id/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!