Resep Sate Kambing Dengan Saus Mentega

Keluarga saya sangat suka sekali dengan daging kambing, apalagi jika diolah menjadi gulai. Namun, memasak daging kambing itu gampang-gampang susah, lho. Maka dari itu, sejak dulu saya merasa takut dalam mengolah daging kambing jika nanti hasil akhirnya malah menjadi olahan daging kambing yang berbau prengus dan keras.

Tapi tidak perlu khawatir, saya berterima kasih kepada para moms yang saling berbagi informasi di forum internet mengenai tips dan trik seputar mengolah daging kambing ini. Hingga akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat sate kambing dengan saus mentega dan hasilnya pun cukup memuaskan. Lihat berikut ini resepnya :

Sumber : Pixabay.com

Bahan-bahan :

1 kg daging kambing

3 siung bawang putih

3 siung bawang merah

1/2 ruas jahe

1/2 lada putih

Secukupnya mentega

Secukupnya garam 

Secukupnya tusuk sate

1 buah nanas muda, haluskan

Baca Juga : Membuat Chicken Egg Roll dengan Mudah

Sambal Kecap :

3 butir cabe rawit, iris tipis

2 butir bawang merah, iris tipis

1 buah tomat kecil, potong menjadi 4 bagian

3 sendok makan kecap manis

1/2 buah jeruk nipis

Secukupnya bawang merah goreng
Sumber : fimela.com

Cara buat :

  1. Siapkan daging yang sudah di potong dadu, lalu rendam dengan parutan nanas sampai kurang lebih 10 menit sampai dengan 30 menit. Jangan merendam daging kambing terlalu lama agar tekstur dagingnya tidak terlalu lembek.
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, lada, dan garam.
  3. Setelah bumbu halus, tambahkan kecap manis dan mentega lalu aduk sampai rata. Masukkan daging yang sudah empuk ke dalam saus bumbu selama kurang lebih 1 jam atau sampai bumbu meresap.
  4. Lalu tusuk daging dengan tusukan sate kira-kira 4 sampai 5 potongan daging. Atur agar tusukan antar daging berjarak, tidak terlalu dekat dan tidak terlalu renggang.
  5. Panaskan panggangan, lalu panggang daging sambil diolesi sisa sausnya. Bolak-balik dan panggang sampai daging matang.
  6. Angkat sate kambing yang sudah matang, taburi bawang goreng dan sajikan bersama sambal kecap. 

Cara buat sambal kecap :

  1. Campur semua bahan-bahan (cabe rawit, bawang merah, tomat kecil) dalam sebuah piring kecil. Tambahkan kecap dan jeruk nipis sesuai selera.

Masak Nasi Kebuli Kambing Dengan Rice Cooker, Ini Caranya

Tips mengolah daging kambing :

  1. Jangan mencuci daging kambing dengan air langsung agar bau prengus kambing tidak semakin keluar.
  2. Lumuri daging kambing dengan parutan nanas agar bau prengus hilang dan daging tetap segar. Selain itu, Anda bisa mendapatkan daging kambing yang empuk dan tidak bau yaitu dengan merebus daging sampai mendidih lalu buang kotoran dan busa yang keluar selama proses merebus.
  3. Jangan mencairkan daging beku di air hangat, karena dapat membuat daging menjadi alot dan bisa terkontaminasi dengan bakteri yang ada di air. Sebelum di olah, lebih baik Anda pindahkan daging kambing yang dibekukan dalam freezer ke rak bawah lemari es. Lakukan hal ini sehari sebelum daging kambing akan diolah.
  1.  
  2. Rekomendasi konsumsi daging kambing menurut pakar kesehatan adalah maksimal 50 gram setiap kali makan dan 100 gram jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan apapun. Namun tetap sangat direkomendasikan untuk tidak makan daging kambing secara berlebihan. Anda bisa menambahkan sayuran dan juga buah-buahan segar dalam menu sebagai penyeimbangnya. Dalam buah dan sayur ada kandungan serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan.
  3.  
  4. Bagikan tips dan trik yang Anda ketahui dalam mengolah daging kambing. Jika Anda ingin membeli bahan-bahan masakan dan juga daging kambing segar, Anda dapat membuka Hemat.id untuk  mendapatkan promo terbaik dan juga tidak ketinggalan info promo-promo yang sedang berlaku di semua supermarket dan hypermarket sekitar Anda. Selamat mencoba.

 

Sumber :

  1. //cookpad.com
  2. //doktersehat.com/tips-sehat-makan-daging-kambing/