Menciptakan Ruang Bermain Aman Untuk Anak

Bermain identik sekali dengan dunia anak, tidak hanya menyenangkan buat anak bermain juga memberi banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Beberapa manfaat bermain untuk anak yang bisa Ayah Bunda ketahui diantaranya :

1. Dapat menstimulasi kemampuan motorik anak

Dengan bermain kemampuan motorik anak akan semakin berkembang, seperti dengan bermain jungkat-jungkit atau bermain slime.

2. Mengembangkan kemampuan imajinasi anak

Penting untuk mengasah kemampuan imajinasi anak karena kemampuan ini akan sangat bermanfaat agar anak saat dewasa memiliki inisiatif, kreativitas, dan ide yang mungkin dapat memberikan kontribusi yang besar untuk masyarakat. Salah satu permainan yang berhubungan dengan kemampuan itu adalah bermain peran.

3. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa anak yang waktu bermainnya cukup akan memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik. Anak-anak memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi dengan lingkungan sekitar dan mereka menganggap semua barang dan tempat di dalam rumah adalah arena bermain untuk mereka. Untuk memfasilitasi hal itu Anda bisa menciptakan area atau ruang bermain yang aman untuk si kecil dan teman-temannya yang berkunjung agar bebas bereksperimen dan bermain.

Baca juga : 21 Cara Pintar Menyibukkan si Kecil

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan ruang atau area bermain untuk anak, yaitu sebagai berikut :

Sumber : Pinterest

1. Menentukan lokasi ruang bermain anak

Jika Anda memiliki satu ruang kosong di rumah, Anda bisa menyulap ruangan tersebut menjadi area bermain anak. Jika memiliki dana lebih Anda bisa memberikan sentuhan wallpaper dengan warna ceria atau karakter kartun kesukaan anak, tapi jika Anda tidak memiliki ruangan lebih Anda bisa mengambil area di sekitar ruang keluarga.

Kemudian Anda bisa menambahkan pagar-pagar kecil dan menambahkan karpet lembut dengan warna-warna cerah untuk mempertegas area bermain anak, minusnya Anda harus sering-sering membersihkan area ini terutama jika area bermain anak ini berada di ruang tamu. Tapi kelebihannya Anda dapat dengan mudah mengawasi anak saat mereka sedang bermain.

Sumber : Freepik.com

2. Memastikan Area Bermain Aman

Isi ruangan atau area bermain anak  dengan semua mainan anak, pasang karpet matras berbahan eva mat di sekitar dinding jika Anda masih memiliki balita untuk menjaga agar mereka terbentur.

Lalu pasang juga di lantai karpet  yang anti air dan yang mudah untuk dibersihkan seperti karpet berbahan spon mercy motif timbul dengan ketebalan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Karpet dengan bahan ini nyaman saat diduduki, anti slip dan aman saat mereka terjatuh, tutup semua stop kontak dan amankan kabel-kabel agar tidak terjangkau anak.

Singkirkan atau tutup sudut-sudut tajam atau sisi tepi pinggir siku dengan penutup berbahan sponge atau silikon pada furnitur yang ada di dalam ruangan. Amankan juga lemari dan rak buku yang berpotensi dapat menimpa anak dengan disekrup ke dinding. Tempatkan semua mainan dan buku dalam area yang bisa dijangkau anak.

Sumber : Pinterest

3. Memastikan sirkulasi udara baik

Punya rumah di area perumahan terkadang ruangan lebih yang tidak digunakan adalah ruangan yang tidak memiliki jendela atau ventilasi udara. Solusinya adalah dengan memasang AC atau exhaust fan yang fungsinya untuk menyedot udara keluar ruangan, jadi udara dapat bersirkulasi dengan baik. Anda juga bisa menambahkan kipas angin untuk membuat sirkulasi udara.

Cek promo : exhaust fan disini

Sumber : Pinterest

4. Tidak terlalu penuh

Manfaatkan ruangan yang ada harus ditata dengan baik agar anak-anak tetap bisa bergerak dengan bebas. Untuk meletakkan mainan kecil disarankan menggunakan ambalan atau lemari mainan yang terbuka dan menggunakan kotak untuk menyimpan mainan anak berdasarkan kategori.

Selain terlihat rapi, menyimpan mainan berdasarkan kategori melatih anak untuk mau membereskan sendiri mainannya dan juga mudah untuk mencari mainannya.

Saat anak-anak masih kecil saya menciptakan ruang bermain anak dengan membuat sendiri furnitur mainannya dengan menggunakan kardus bekas dan perintilan mainannya dengan menggunakan barang-barang lain yang sudah tidak digunakan. Ada banyak sekali channel youtube dan website yang mau berbagi ilmu dalam membuat mainan sendiri untuk anak. Seperti salah satu channel favorit saya MyFroggyStuff, beberapa dapat anda temukan di pinterest atau instagram seperti chaisplay.

Apakah anda juga memiliki area atau ruang bermain untuk anak? bagikan cerita dan pengalaman anda saat menata ruang bermain anak di kolom komentar dibawah ya.

Sumber :

staffnew.uny.ac.id