Minuman Sehat dan Segar Untuk Tubuh, Mudah Dibuatnya!

Ditengah pandemi virus Corona atau Covid-19, hampir semua orang termasuk saya, mulai makin peduli akan menjaga kesehatan diri dan keluarga. Mulai dari sering mencuci tangan, rajin berolahraga, makan-makanan bergizi, berjemur di bawah sinar matahari pagi, minum cukup air mineral hingga asupan suplemen sebagai tambahan.

Suami saya termasuk orang yang tidak terlalu suka minum vitamin. Ia lebih memilih untuk minum-minuman sehat, seperti membeli minuman kesehatan yang diracik di toko obat-obatan herbal. Selain itu, ada beberapa resep minuman sehat yang bisa dibuat sendiri dirumah dengan cara yang mudah dan bahan yang banyak di pasaran, diantaranya :

Sumber : Freepik.com

1. Lemon dan madu murni

Cara membuatnya cukup mudah, siapkan air hangat lalu masukkan 1 potongan jeruk lemon yang sudah diiris tipis. Tuang 1 sampai 2 sendok makan madu aduk sampai semua bahan tercampur rata. Minuman Anda langsung siap diminum.

Konsumsi lemon secukupnya dan tidak berlebihan. Lemon dan madu memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, lemon mengandung bayak antioksidan dan kaya akan vitamin C. Madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kolesterol jahat. Anda bisa minum pada pagi hari setiap harinya.

Sumber : //mommyasia.id/

2. Jahe, sereh, gula merah, dan jeruk nipis

Atau sering juga disebut dengan wedang jahe, sereh, gula merah dan jeruk nipis, jahe terkenal bisa menghangatkan tubuh. Serai atau sereh mengandung asam folat, riboflavin, vitamin A, vitamin C, kalium, besi, mangan, dan lain-lain.

Cara pengolahannya, siapkan air panas lalu masukkan 1 ruas jahe yang sudah digeprek. Kemudian tambahkan 1 batang serai yang sudah digeprek dan secukupnya gula merah. Aduk semua bahan sampai tercampur rata minuman sehat siap disajikan.

3. Jahe, kencur, kunyit, air asam dan gula merah

Siapkan :

  • 250 ml air
  • 250 gram jahe putih atau jahe merah
  • 250 gram kencur
  • 100 gram kunyit
  • 20 gram asam jawa
  • 250 gula merah

Kupas dan cuci bersih jahe, kencur, kunyit dan asam jawa. Masukkan semua bahan ke dalam air, lalu biarkan sampai panas tidak sampai mendidih dengan api sedang. Saat akan disajikan, saring terlebih dahulu lalu minum. Apabila masih ada larutan yang berlebih, Anda bisa masukkan ke dalam botol, tunggu sampai dingin. Lalu, langsung masukkan ke dalam kulkas untuk diminum keesokan harinya. Anda bisa minum ramuan ini setiap pagi atau sebelum tidur.

4. Jus buah dan sayur

Resep jus sayuran yang bisa Anda coba, yaitu campuran yang terdiri dari wortel, bit, apel dan air lemon. Jus buah yang terdiri dari nanas, apel, kiwi, pir, jeruk, melon, anggur merah dan raspberi sangat baik untuk membersihkan darah. Jus buah dan sayuran dapat di minum rutin setiap pagi hari.

Sumber : Freepik.com

5. Infused Water

Selain menyegarkan infused water sangat cocok untuk kita yang mau melakukan detoksifikasi, bisa dengan beberapa campuran berikut ini :

a. Lemon dan daun mint, untuk membuang racun dalam tubuh atau detoks.

b. Akar alang-alang dan serai untuk membersihkan ginjal dan saluran kemih.

c. Apel dan kayu manis, sebagai metabolism booster.

d. Lemon, mentimun, jahe dan daun mint untuk perut yang kembung.

Anda bisa menggunakan Kliptalog Hemat.id untuk membantu Anda dalam mencari promo bahan-bahan untuk membuat minuman sehat ini. Lebih mudah, hemat dan efisien kan?

Sudahkah Anda mencoba salah satu minuman sehat di atas? Apa yang anda rasakan di tubuh Anda setelah rutin meminumnya? Bagikan pengalaman dan cerita Anda di kolom komentar di bawah ini.

Sumber :

//www.bbcgoodfood.com/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!