Pet Owners! Ini 4 Langkah Menjaga Kebersihan Rumah Anda

Memiliki hewan peliharaan di rumah seperti burung, kucing, anjing, hamster hingga ikan tentunya menambah warna dalam kehidupan sehari-hari. Mereka dapat menjadi teman bermain hingga teman berinteraksi yang menyenangkan. Selain menyenangkan, memelihara hewan dapat meningkatkan aktivitas fisik bagi kita sebagai pemilik (pet owners) dan mampu mengurangi stress, yang nantinya berdampak baik bagi kesehatan.

7 Manfaat Tak Terduga Bagi Anak Jika Memelihara Hewan

Memastikan hewan yang dipelihara untuk tetap sehat dan gembira adalah sebuah keharusan. Namun jangan lupa, imbangi juga dengan kesehatan pet owners-nya ya. Hal sederhana yang dapat dilakukan dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan rumah. Seringkali, banyak ditemukan pet owners atau pet lovers abai akan kebersihan rumah yang ditinggali bersama hewan peliharaannya. Berikut ini, 4 langkah yang membuat rumah tetap bersih dan nyaman untuk ditempati bersama “piaraan” kesayangan Sahabat :

1. Kesehatan hewan peliharaan

Sumber : Unsplash

Pastikan bahwa hewan peliharaan kita terjaga kebersihan dan kesehatannya dari segala penyakit mulai dari virus, jamur, cacing hingga kutu. Untuk pet grooming hewan-hewan berbulu seperti kucing atau anjing bisa kita lakukan sendiri di rumah, tanpa perlu melalui klinik hewan atau pet shop. Grooming yang bisa dilakukan pet owners di rumah mulai dari memandikan minimal seminggu satu kali, menyisir bulu-bulu, memotong kuku hingga membersihkan telinga. Pergi ke dokter hewan untuk perawatan yang lebih profesional tentu direkomendasikan, terutama dalam hal pemberian vaksin dan vitamin. Hewan peliharaan yang sehat akan lebih memudahkan kita untuk bersih-bersih rumah.

2. Sediakan “hunian” di area rumah

Sempatkan untuk membuat hunian khusus untuk hewan peliharaan dengan menggunakan kandang. Hal ini juga membiasakan mereka untuk membuang kotoran pada tempatnya. Banyak juga pet owners yang justru membiarkan piaraan mereka bermain hingga tidur di tempat yang sama dengan pemiliknya. Meski nampaknya menyenangkan, hal ini justru berpotensi menularkan virus dari si hewan ke pemilik dan lingkungan sekitarnya. Khusus hewan berbulu, Sahabat Hemat dapat menempatkan kandang di sudut-sudut rumah hingga halaman belakang (backyard) agar mereka dapat tidur dan bermain dengan bebas. Perhatikan juga kondisi ruang, apabila indoor pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak pengap.

Tips Membuat Aroma Rumah Bersih dan Segar

3. Rajin bersihkan aksesoris-aksesoris hewan peliharaan

Kandang
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Untuk hewan berbulu, bersihkan kandang minimal 2 hari sekali, sedangkan untuk hewan hidup di air, kuras kolam atau aquarium minimal seminggu sekali. Bersihkan juga aksesoris-aksesoris yang sering digunakan seperti kalung leher, pita, bell, baju, selimut dan mainan-mainan hewan lainnya. Gunakan peralatan-peralatan pembersih mulai dari sarung tangan, sapu, sikat hingga ember. Jangan lupa semprotkan cairan disinfektan dan gunakan sabun antiseptik untuk menghilangkan kuman serta bakteri.

4. Rutin bersihkan lantai, perabotan dan dekorasi rumah

Sumber : Unsplash

Terakhir dan tidak kalah pentingnya yaitu membersihkan area rumah yang sering dilintasi oleh hewan peliharaan, tentunya lantai dan halaman rumah. Sapu lantai atau halaman dan untuk mengepel lantai gunakan cairan pembersih lantai yang mengandung aroma dan kandungan formula anti bakteri, sehingga sudut-sudut rumah selalu bersih dan terasa segar. Di samping itu, rajin-rajin juga untuk membersihkan berbagai permukaan perabotan dan dekorasi rumah. Dimulai dari menyedot kotoran pada karpet, mengelap kursi, meja dan kaca dengan disinfektan serta mencuci sarung bantal hingga bean bag. Barang-barang seperti ini seringkali lebih menarik perhatian untuk dimainkan oleh hewan-hewan peliharaan kita.

Demikian langkah-langkah untuk menjaga kebersihan rumah bagi Sahabat Hemat yang memiliki hewan peliharaan di rumah. Lengkapi kebutuhan makanan, peralatan kebersihan hingga perlengkapan untuk teman kecil peliharaan Sahabat di rumah dengan yang terhemat. Cek promo terbaiknya dan #bandingkanhematnya hanya di Hemat.id dan aplikasi Kliptalog.

Referensi :

  1. //hewan-kesayangan.fkh.ugm.ac.id/
  2. //dekoruma.com/