Tips Merawat Dan Membersihkan Sofa Tanpa Membuat Kantong Bolong

Sofa adalah salah satu perlengkapan rumah tangga berukuran besar yang dimiliki hampir semua orang, baik yang diletakkan di ruang tamu maupun di ruang keluarga, ada juga orang yang tidak menambahkan sofa di rumah mereka karena beberapa alasan, seperti  masih memiliki balita yang masih suka mencoret-coret, ukuran ruang tamu yang kecil, memiliki hewan peliharaan atau memang lebih menyukai model ruang tamu dengan lesehan.

Baca juga : Ruang Tamu Cantik Tanpa Sofa

Saya dulu juga menahan diri untuk tidak membeli sofa sampai anak saya berumur 5 tahun, karena ada masanya anak lagi suka-sukanya memanjat dan saya takut mereka terjatuh saat saya tidak mengawasi. Saya pribadi sebenarnya merasa ruang tamu tanpa sofa terasa kurang formal dan alasan lainnya saya juga punya orang tua yang kesulitan untuk duduk bersilah di lantai.

Sofa cenderung menarik seseorang untuk berbaring atau sekedar duduk untuk mencari kenyamanan,  baik menghabiskan waktu sendirian maupun bersama keluarga dan teman. Dan kami adalah salah satu contoh keluarga yang suka sekali menghabiskan waktu di sofa, baik hanya saya dan suami atau menemani anak-anak menonton kartun kesukaan mereka sambil mengobrol dan menikmati minuman hangat atau dingin.

Sejarah 

Kata couch berasal dari bahasa inggris pertengahan, yang berasal dari kata benda Perancis Kuni “couche” yang berasal dari kata kerja yang berarti berbaring. Sedangkan kata sofa berasal dari bahasa Turki dan Arab “suffah“, sofa dan Couch memiliki perbedaan pada cara penggunaannya, couch dapat digunakan untuk berbaring atau tidur sedangkan sofa lebih menunjukkan sesuatu yang lebih formal terutama di Inggris dan Irlandia.

Tipe

Sofa adalah perabotan rumah yang berfungsi sebagai tempat untuk orang duduk, baik untuk dua atau tiga. Ada tipe bean bag, klippan, ottoman, settle, wing chair, dan window seat. Jenis sofa yang umumnya digunakan di Indonesia adalah sofa yang berbentuk bangku dengan sandaran lengan di kedua ujungnya, dilengkapi juga dengan pegas dan bantal khusus.

sumber : freepik.com

Seiring berkembangnya jaman sofa tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk tapi sudah dibuat multifungsi menjadi tempat tidur, sudah banyak produsen sofa yang menciptakan sofa sekaligus tempat tidur yang bentuknya selayaknya tempat tidur pada umumnya yang di peruntukan untuk tamu yang datang menginap, kos-kosan atau digunakan di apartemen model studio.

Atau anda bisa memesan secara costum made agar ukuran, bentuk, dan fungsinya benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Selain itu memesan furnitur dengan cara custome made anda bisa memesan bentuk yang unik atau satu-satunya karena dibuat khusus hanya untuk Anda. 

Warna

Pilihlah warna yang gelap untuk langkah aman, karena warna sofa yang gelap akan membuat noda tidak langsung terlihat dengan jelas. Dan warna gelap cenderung warna aman karena warna ini masih bisa masuk ke hampir semua tema ruangan.

Material

Sofa terdiri dari bingkai, bantalan dan alas. Pada umumnya rangka sofa di buat dari kayu, baja, plastik atau papan laminasi. Bantalan sofa biasanya terbuat dari busa, atau bulu halus. Dan alas penutupnya dapat dibuat dengan kulit lembut, corduroy, atau kain linen.

Sienna sofa dengan 2 dudukan ini terlihat mungil dan cocok untuk ruang tamu yang ukurannya kecil. Desainnya terlihat modern dan minimalis sehingga menjadi favorit pasangan yang baru menikah untuk mengisi rumah mereka dan menyambut pergantian tahun dirumah. Apalagi saat ini sedang ada diskon 50% untuk produk ini, dari harga normal Rp. 4.999.000 menjadi hanya Rp. 2.999.000. Jangan ragu untuk pesan, apalagi promo hanya berlaku sampai 31 Desember 2020.

Cek Sienna Sofa Disini

Beli di Courts BTM

Beli di Courts Bintaro

Beli di Courts Ciledug

Beli di Courts Megastore KHI

Beli di Courts MBH

Merawat dan membersihkan

Cara termudah untuk merawat sofa adalah tidak membiarkan noda atau remah-remah makanan terlalu lama, Anda harus segera membersihkannya agar noda yang menempel tidak meninggalkan bekas yang dapat membuat sofa terlihat selalu kotor.

Memang mudah sekali untuk memesan jasa pembersih sofa profesional, Anda tinggal mengangkat telepon atau memesan melalui aplikasi. Tapi biaya yang di keluarkan pun tidaklah sedikit, harga per satu sesi itu tergantung dengan jumlah dudukannya dan tingkat kesulitannya, harga yang ditawarkan adalah mulai dari Rp. 50.000 – Rp. 500.000 dan taksiran harga tiap-tiap daerah bisa berbeda. 

Untuk menghemat biaya saya lebih memilih untuk merawat dan membersihkan sofa saya sendiri di rumah, dimulai dari hal yang sederhana seperti sesekali menjemur sofa saya yang alas penutupnya berbahan kain saat matahari sedang terik, sambil di kibas-kibas dengan menggunakan sapu lidi khusus untuk kasur. Hal ini lumayan untuk menghilangkan bau dan debu yang menempel pada sofa.

Cara merawat dan membersihkan sofa tergantung dari bahan pada alas penutup sofa, karena tiap bahan sofa memiliki cara tersendiri untuk merawatnya, seperti :

A. Sofa dengan bahan kain

Tips bagaimana merawat sofa bahan kain
Klik pada gambar untuk memperbesar

Sofa dengan cover dari bahan kain biasanya jadi favorit karena harga nya yang relatif masih terjangkau dan modelnya yang beragam. Walau dalam perawatannya agak lebih ekstra tapi sofa ini tetap menjadi incaran, berikut beberapa tips merawat dan membersihkan sofa berbahan kain :

  1. Sebelum Anda mulai membersihkan sofa dengan cairan pembersih, Anda harus membaca petunjuk perawatan dari pabrik yang biasanya di temukan di label sofa. Selalu gunakan cairan pembersih yang disarankan untuk menghindari kerusakan secara permanen pada sofa, atau gunakan bahan-bahan alami.
  2. Untuk menghilangkan remah-remah bekas makanan atau partikel-partikel lainnya yang ada di sela-sela lipatan sofa dan bagian-bagian yang susah dijangkau lainnya, gunakan vacuum cleaner dengan corong kecil
  3. Gunakan sikat kering dengan bulu alami yang kaku untuk membantu menghilangkan noda sekalian membersihkan debu di permukaan sofa
  4. Taburkan baking soda untuk menghilangkan bau yang menempel pada sofa jika menjemur sofa di bawah matahari tidak menghilangkan bau tidak sedap sepenuhnya. Selain di tabur Anda juga bisa melarutkan baking soda dan air dengan perbandingan 1 : 1, lalu dimasukkan dalam botol spray. Semprotkan, lalu biarkan selama 15-20 menit, kemudian vacuum sofa anda.
  5. Untuk mengeringkan sofa Anda tinggal menepuk-nepuknya dengan menggunakan handuk kering yang lembut untuk mengeringkan sisa air pada sofa.
  6. Diamkan sofa semalaman atau bila matahari sedang terik Anda bisa menjemur sofa di luar tapi jangan sampai sofa terkena langsung.

Contoh sofa dengan bahan kain adalah Sofa 2 + 3 dudukan Chesterfield yang merupakan salah satu sofa dengan model yang elegan dan mewah, cocok sekali untuk melengkapi tampilan ruang tamu klasik. Dengan kerangka dan kaki dengan material kayu solid dan finishing natural open pore, serta dimensi 217 x 100 x 80 cm.

Cek Chesterfield Sofa Disini

Beli di Courts BTM

Beli di Courts Bintaro

Beli di Courts Ciledug

Beli di Courts Megastore KHI

Beli di Courts MBH

B. Sofa dengan bahan kulit

tips bagaimana merawat sofa bahan kulit
Klik pada gambar untuk memperbesar

Berikut beberapa contoh noda yang umumnya ditemui pada sofa kulit dan cara membersihkannya, tapi ingat untuk selalu membaca petunjuk perawatan dari pabrik yang biasanya di temuan di label sofa :

  1. Noda tinta adalah noda yang paling susah untuk di hilangkan jika sudah terlalu lama di diamkan, cara termudah dan termurah yang bisa kita lakukan adalah dengan segera menepuk-nepuk permukaan sofa dengan alkohol (ingat jangan di gosok), lakukan berulang-ulang sampai nota tinta berangsur-angsur menghilang dan keringkan dengan menepuk-nepuknya dengan kain lembut dan kering.
  2. Apakah Anda terkadang suka makan di sofa sambil menonton televisi? Saya dan keluarga saya adalah salah satunya, dan masalah yang suka terjadi adalah noda minyak terdapat di beberapa bagian di sofa kulit saya. Taburkan baking soda secukupnya pada noda, biarkan beberapa jam atau sampai baking soda menyerap minyak, lap dengan kain halus yang kering, kemudian gunakan kanebo yang sudah di peras airnya hingga kanebo menjadi lembab dan kemudian lap area yang kotor.
  3. Agar sofa dengan bahan kulit selalu terlihat dalam kondisi terbaik, lakukan hal ini secara rutin : campurkan cuka dan minyak alami seperti minyak lemon atau minyak biji rami untuk hasil yang lebih baik dengan perbandingan 1:1. Celupkan kain lembut lalu peras airnya, kemudian lap seluruh permukaan sofa dengan lembut. Keesokan harinya, lap kembali permukaan sofa dengan kain lembut dan kering.
  4. Sofa kulit mudah sekali tergores, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan. Cara untuk menghilangkannya adalah pertama-tama bersihkan goresan dengan cairan pembersih yang ringan atau bisa menggunakan salah satu campuran pembersih yang sudah di uraikan di atas, lalu usap dengan menggunakan baby oil pada cotton bud, usapkan secara berulang-ulang dengan gerakan memutar, setelah goresan hilang diamkan sampai kering dan lap dengan lap kain kering dan lembut.
  5. Dan pastikan untuk tidak meletakkan sofa tepat di bawah AC, di depan pemanas ruangan atau di depan api unggun yang dapat mengeringkan kulit pada sofa. Hindari juga meletakkan sofa di depan jendela atau pintu kaca yang mana sofa akan terkena sinar matahari secara langsung, terpaan matahari secara terus-menerus juga dapat merubah warna asli sofa kulit.


Moonie sofa bed adalah salah satu sofa dengan bahan kulit dengan dimensi nya 180 x 82 x 78 cm, selain berfungsi sebagai sofa juga dapat digunakan sebagai tempat tidur dengan sekali langkah, dibalut dengan kain berkualitas dan kaki-kaki dari kayu solid yang kuat dan juga kokoh. Fitur Arm rest yang berada di tengah akan memberikan kenyamanan dan juga membuat sofa ini menjadi lebih stylysh dan juga mudah dilipat jika tidak digunakan. 

Cek Promo Moonie Sofa Bed

Sofa dengan bahan kulit lainnya adalah Valian Elpetrie L-Shape (PVC) Left Black yang memiliki desain yang mewah, dibalut dengan bahan PVC berkualitas dan kaki-kaki yang kuat dan kokoh. Warnanya hitam solid, dengan dimensi 123 x 50 x 87 cm, dan ukuran kaki-kaki 20 cm.

Cek Promo Valian Elpetrie L-Shape (PVC) Left Black

Disinfektan

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, kita wajib untuk rutin membersihkan furnitur di rumah dan salah satu furnitur yang harus sering di bersihkan adalah sofa, terutama jika Anda sering menerima tamu. Setelah membersihkan sofa jangan lupa untuk selalu menyemprotkan cairan disinfektan yang dapat Anda temukan di hemat.id digunakan untuk kain dan permukaan lainnya untuk menghilangkan bakteri, kuman, jamur, serta membuat sofa beraroma segar dan harum.

Bagikan cerita Anda dalam merawat dan membersihkan sofa Anda di rumah? Berapa kali dalam sebulan menurut Anda harusnya kita membersihkan sofa? Tuliskan pendapat dan komentar Anda di kolom komentar di bawah ini sahabat hemat.

Sumber :

  1. //en.wikipedia.org/wiki/Couch
  2. //www.livingspaces.com/
  3. //www.architecturaldigest.com/