Pilihan Kulkas Anti Bakteri, Virus dan Jamur

Apakah anda sering mendengar fitur anti bakteri pada kulkas? Jaman sekarang, anda akan sering menemukan banyak fitur tambahan pada produk elektronik yang dijual di pasaran. Seperti fitur humidifier pada air purifier, fitur anti bakteri pada AC atau anda bisa menggoreng tanpa minyak dengan air fryer. Betapa semakin canggih jaman, semakin kita dimudahkan dengan teknologi ya sahabat hemat?

Namun kemudahan tidak selalu berjalan tanpa ada masalah. Makanan yang menumpuk dan disimpan bersamaan di kulkas bisa rusak, basi dan berjamur. Anda mungkin pernah menemukan makanan yang basi, busuk atau berjamur di kulkas Anda. Makanan dan minuman yang disimpan di kulkas pasti membawa mikrobanya masing-masing sehingga rentan terjadi penumpukan mikroba. Karena itulah salah satu fitur yang ditawarkan dan banyak dicari customer adalah fitur anti bakteri pada kulkas.

Baca juga : Waspada! Ternyata Buah Dan Sayur Ini Tidak Boleh Disimpan Di Dalam Kulkas

A. Brankas makanan yang multifungsi

Fungsi kulkas selain sebagai tempat menyimpan makanan adalah untuk memperpanjang masa simpan makanan. Makanan di suhu ruang atau di suhu yang panas akan cepat teroksidasi dan terkontaminasi mikroba sehingga masa simpannya pendek. Suhu dingin akan mencegah mikroba berkembang, menghentikan proses oksidasi dan mencegah pembusukan.

Kulkas umumnya menggunakan freon sebagai media pendinginnya, namun freon memberikan dampak tidak baik bagi lingkungan karena merusak lapisan ozon. Lalu ditemukanlah pengganti freon yaitu teknologi Hydro Fluoro Carbon (HFC) namun tidak 100% aman. Pilihan paling aman adalah refrigeran hidrokarbon namun jenis refrigeran ini sangat mudah meledak sehingga peneliti masih mencari zat flame retardant yang bisa menghilangkan daya ledaknya. Setiap kompartemen pada kulkas memiliki suhu yang berbeda karena ditujukan untuk bahan makanan yang berbeda, yaitu:

  • Bagian pembeku : -18 derajat celsius
  • Penyimpanan daging : 0 derajat celsius
  • Pendingin : 4 derajat celsius
  • Sayuran : 10 derajat celsius

Bagi Anda yang baru pertama kali akan membeli kulkas, berikut rekomendasi kapasitas kulkas yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi Anda :

  • Kapasitas kurang dari atau sama dengan 150L, cocok untuk Anda yang tinggal sendiri atau jarang masak
  • Kapasitas 150 – 200L, cocok untuk Anda yang tinggal sendiri atau pasangan baru menikah
  • Kapasitas 200 – 300L, cocok untuk Anda yang memiliki keluarga kecil
  • Kapasitas >500L, cocok untuk keluarga besar sekitar 5 orang keatas

Baca juga : Kulkas 2 Pintu atau Kulkas 1 Pintu, Mana yang Lebih Baik?

B. Kulkas anti bakteri, virus dan jamur

Pada kulkas anti bakteri, dilakukan sistem filterisasi untuk menyaring bakteri, virus dan jamur yang ikut terbawa pada makanan. Filterisasi ini bisa berupa particle shield, bacteria shield, filter anti virus, dan filter deodorization (untuk menghilangkan bau mengganggu). Selain dengan sistem filterisasi, pertumbuhan bakteri dan jamur diperlambat pada suhu di bawah 7 derajat celsius di dalam kulkas. Namun pada suhu ini mikroba tetap masih bisa memperbanyak diri hanya prosesnya lebih lambat. Hal ini juga tidak berlaku untuk semua jenis mikroba. Mikroba seperti psychrophiles biasanya kuat bertahan pada suhu lemari es. Oleh karena itu, biarpun Anda menggunakan kulkas dengan berbagai fitur anti bakteri, Anda tetap wajib hukumnya rutin membersihkan kulkas untuk mencegah mikroba berkembangbiak.

C. Penyebab makanan atau minuman busuk atau basi di kulkas

Jika Anda menemukan makanan yang kondisinya sudah tidak segar di kulkas, sebaiknya segera dikeluarkan untuk dibuang atau dikonsumsi segera. Kondisi satu makanan yang tidak segar di kulkas bisa mempengaruhi makanan lainnya sehingga bisa menyebabkan kerusakan menyeluruh. Berikut ini beberapa penyebab makanan busuk dan rusak di kulkas:

  1. Posisi meletakkan makanan yang salah.
    Untuk bahan makanan yang rentan terhadap perubahan suhu. Sebaiknya ditempatkan di area yang suhunya stabil. Seperti ikan, daging, yogurt sebaiknya ditempatkan di bagian chiller. Buah dan sayur di dalam box buah dan sayur di bagian bawah. Air minum, snack dan makanan yang lebih kuat bisa ditempatkan di pintu kulkas yang sering dibuka-tutup.
  2. Tidak mencuci bersih bahan mentah.
    Bahan makanan mentah yang kita beli dari supermarket atau pasar konvensional pasti membawa mikrobanya masing-masing. Karena itu penting untuk mencuci bersih dan mengeringkan bahan makanan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas mengingat air merupakan salah satu media tumbuh bakteri.
  3. Kulkas terlalu penuh.
    Kulkas yang terlalu penuh akan mengganggu sirkulasi di dalam kulkas dan mengganggu kemampuan kulkas untuk membunuh mikroba.

D. Tips membuat kulkas selalu bebas kuman dan virus

Seperti semua barang elektronik di rumah, kulkas pun memiliki beberapa tips yang bisa Anda praktikkan untuk menjaga kualitasnya agar berfungsi optimal serta tahan lama. Selain itu, dengan menerapkan tips ini anda bisa menjaga kondisi kulkas senantiasa bebas kuman dan virus. Yuk simak tipsnya!

Tips membuat kulkas selalu bebas kuman dan virus
Klik pada gambar untuk memperbesar

1. Minimalkan buka-tutup pintu kulkas

Kulkas yang sering dibuka-tutup memiliki tugas lebih untuk menstabilkan kondisi suhunya sesuai dengan suhu yang Anda setting. Sehingga semakin sering Anda membuka-tutup pintu kulkas, semakin berat kerja kompresor kulkas. Makanan pun akan rentan rusak karena perubahan suhu sering terjadi dan bakteri akan lebih mudah berkembangbiak.

2. Perhatikan kondisi makanan yang disimpan

Selalu cuci bersih dan keringkan makanan segar sebelum masuk kulkas untuk menghindari kontaminasi bakteri kepada makanan lain. Selalu tutup makanan yang disimpan agar tidak saling mengkontaminasi dan baunya tidak menyebar ke seluruh kulkas. Sebaiknya pindahkan makanan kaleng ke dalam wadah kaca atau wadah plastik sebelum disimpan di kulkas untuk mencegah sisa logam dari kaleng masuk ke makanan dan merusak rasa makanan atau malah bisa menyebabkan keracunan.

3. Jangan simpan makanan panas ke dalam kulkas

Sebaiknya jangan simpan makanan matang dalam kondisi panas ataupun hangat agar tidak memperberat kerja kulkas untuk mendinginkannya. Kompresor kulkas akan bekerja ekstra untuk mendinginkan makanan panas atau hangat yg dimasukkan.

4. Isi kapasitas kulkas maksimal 75%

Saya percaya kapasitas maksimal kulkas tidak untuk diisi penuh 100% sebab kulkas memerlukan aliran udara yang lancar untuk menjaga suhu maksimal. Selain itu fungsi anti bakteri pada kulkas pun akan bisa bekerja maksimal jika sirkulasi udara bisa menyentuh seluruh makanan untuk meminimalisir bakteri. Namun yang perlu anda perhatikan, untuk freezer sebaiknya diisi minimal 50% untuk mempertahankan suhu beku agar stabil.

5. Rutin membersihkan kulkas

Rutin membersihkan kulkas akan mencegah bakteri berkumpul di dalam kulkas dan mencegah banyak bunga es yang terbentuk. Bunga es bisa menyebabkan kulkas cepat rusak karena menutupi selang dan komponen lain sehingga kerja kulkas menjadi terganggu. Jika kulkas anda terlalu cepat menghasilkan bunga es, saran saya periksakan kulkas kepada teknisi karena bisa jadi fan atau heater kulkas tidak berkerja maksimal. Saya biasanya melakukan deep cleaning satu bulan sekali sebelum jadwal belanja bulanan dengan mengeluarkan semua sisa bahan makanan lalu mencuci bersih dan mengelap semua bagian dalam dan luar kulkas lalu menatanya kembali. Proses ini juga akan membuat ada ingat bahan makanan apa saja yang masih tersisa di kulkas yang bisa dikonsumsi atau harus dibuang karena tidak layak makan.

6. Lokasi Anda meletakkan kulkas

Sama seperti saran untuk semua jenis barang elektronik, sebaiknya tidak diletakkan saling berdekatan atau menempel. Selain akan saling mempengaruhi dari sisi magnetik, meletakkan kulkas berdekatan dengan oven atau kompor bisa berbahaya karena panas yang dihasilkan akan berpengaruh pada kinerja kulkas Anda. Kulkas juga tidak boleh diletakkan di ruangan dengan suhu dibawah 12 derajat celsius dan diatas 43 derajat celsius. Periksa juga jarak kulkas dengan dinding dan ikuti saran pada manual book.

7. Tutup rapat pintu kulkas

Saya pernah beberapa kali menemukan kulkas tidak tertutup rapat dalam waktu yang lama dan membuat saya menyesal. Biasanya entah karena saya terlalu pelan mendorong pintu kulkas atau terganjal wadah yang ada di dalam kulkas karena posisinya tidak rapi. Kondisi ini akan membuat tagihan listrik membengkak dan kulkas menjadi cepat rusak karena terus berusaha keras mendinginkan kondisi kulkas namun pintunya terbuka. Pintu yang terbuka lama juga akan menjadi akses masuknya kuman dan bakteri ke dalam kulkas.

8. Sesuaikan Temperatur

Sesuaikan temperatur kulkas anda dengan jumlah makanan yang ada. Jika makanan sedikit, anda bisa menurunkan temperatur sehingga tidak terlalu dingin sehingga makanan tidak membeku. Jika kulkas penuh, anda bisa menaikkan temperatur agar lebih dingin sehingga keawetan makanan terjaga dan fungsi anti bakterinya bekerja optimal. Untuk freezer pastikan terisi minimal setengah kapasitas untuk menjaga stabilitas suhu dan mempermudah kerja kulkas ya.

E. Rekomendasi kulkas anti bakteri, virus dan jamur

Beberapa rekomendasi kulkas anti bakteri, virus dan jamur dibawah ini bisa anda jadikan pilihan sebelum membeli kulkas. Pilih kapasitas, daya dan spesifikasi yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

PANASONIC NRBB 200VS

kulkas PANASONIC NRBB 200VS

  • Warna : Silver
  • Daya Listrik : 97 Watt
  • Dimensi : 53 x 59 x 139 cm
  • Berat : 73 Kg
  • Kapasitas : 196 Liter
  • Inverter : Ya
  • Fitur lain : Auto Defrost, Temperes Glass Tray, cool zone, garansi kompresor 12 tahun

Kulkas panasonic NRBB 200VS ini memiliki satu pintu untuk freezer dengan removeable ice twister yang memudahkan mengambil es batu dan satu pintu refrigerator dengan big vegetable box yang bisa menyimpan sayuran lebih banyak. Kulkas ini juga menawarkan sistem hemat energi dengan microcontoller chip yang mengontrol kecepatan pendinginan sehingga lebih optimal. Dari segi anti bakteri, kulkas ini memiliki fungsi Ag Clean untuk menon-aktifkan bakteri di dalam kulkas serta dapat menghilangkan bau tidak sedap yang berasal dari ikan dan sayuran. Dengan kapasitas 196L cocok untuk keluarga kecil atau pasangan baru menikah.

Cek promo : Panasonic NRBB 200VS disini

Beli Promo PANASONIC NRBB 200VS di Courts BTM

Beli Promo PANASONIC NRBB 200VS di Courts Bintaro

Beli Promo PANASONIC NRBB 200VS di Courts Ciledug

Beli Promo PANASONIC NRBB 200VS di Courts Megastore KHI

Beli Promo PANASONIC NRBB 200VS di Courts MBH

LG GN-H602HXHL

LG GN-H602HXHL

  • Warna : Black steel
  • Daya Listrik : 110 Watt
  • Dimensi : 73 x 172 x 78cm
  • Kapasitas : 516 Liter
  • Inverter : Ya
  • Fitur lain : Layar LED Sentuh, Lampu Panel LED, Temperes Glass Tray

Seri LG ini menawarkan fitu filter udara cerdas untuk membasmi bakteri hingga 99,999% dan juga meminimalkan bau tidak sedap di dalam kulkas. Proses pendinginannya juga cepat dan merata karena adanya sistem multi air flow yang jika dibandingkan dengan sistem pendinginan konvensional, kulkas ini 35% lebih efektif. Dengan doorcooling, suhu bagian dalam dan pintu kulkas tidak terlalu jauh berbeda. Memiliki Smart inverter compressor mode senyap dengan garansi 10 tahun. Atur settingan kulkas anda semudah memencet layar smartphone dengan teknologi LG ThinQ™ app dimanapun anda berada. Untuk anda yang sering buru-buru memasak tapi harus menunggu makanan beku mencair, LG menawarkan solusi Fresh 0 Zone untuk mempercepat proses thawing.

SHARP SJ-IG863PG-BK

SHARP SJ-IG863PG-BK

  • Warna : Black
  • Daya Listrik :  148 Watt
  • Dimensi : 74 x 82 x 187 cm
  • Kapasitas : 613 Liter
  • Inverter : Ya
  • Fitur lain : garansi kompresor 10 tahun

Kemampuan Jepang dalam menghasilkan produk dengan teknologi tinggi sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya kulkas Sharp SI-IG863PG-BK ini yang memiliki J-TECH INVERTER dengan 36 step pendinginan sehingga bisa menghemat listrik sampai 20.5%. Teknologi plasmaclusternya membuat udara di dalam kulkas bebas bakteri, jamur dan bau. Memiliki proses pembuatan es batu yang lebih cepat 25% dengan Deep Freezing up to -24 derajat celcius. Untuk menjaga sayuran anda tetap segar, Sharp memberikan Crisper Room with moisture cover untuk menjaganya.

Cek promo : Sharp SJ-IG863PG-BK disini

BEKO RDNT271150VZWB

BEKO RDNT271150VZWB

  • Warna : Black
  • Daya Listrik :  165 Watt
  • Dimensi : 54 x 60 x 165 Cm
  • Kapasitas : 270 Liter
  • Inverter : Ya
  • Fitur lain : garansi kompresor 12 tahun, garansi sparepart 3 tahun,

Untuk keluarga kecil atau pasangan baru, pilihan kulkas minimalis dengan desain vertikal bisa anda dapatkan dari Beko RDNT271150VZWB dengan kapasitas 270L saja. Memiliki everfresh yang didesain khusus pada laci sayur dan buah sehingga dapat menjaga kesegarannya sampai dengan 30 hari. Plus active fresh blue light yang mempertahankan tampilan segar sayur dan buah selama disimpan dalam kulkas. Dengan IonGuard dan Active Odour Filter yang menjaga makanan anda bebas dari bakteri, jamur dan bau tidak sedap.

Cek promo : Beko RDNT271150VZWB disini

Bagaimana sahabat hemat? Semoga membantu ya untuk anda yang sedang mencari kulkas dengan fitur anti bakteri, jamur dan virus. Jangan lupa temukan promo hematnya di hemat.id dan aplikasi kliptalog yuk!

Sumber :

  1. web.ipb.ac.id
  2. mobil.bfr.bund.de