Resep Jamur Renyah Saus Asam Manis

Dilansir dari hellosehat.com yang sudah di review oleh Dokter Umum, Dr. Tania Savitri, selain enak, ternyata jamur tiram memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan kolesterol. Manfaat lainnya jamur tiram membantu mencegah kanker, merupakan sumber vitamin B3, dan meningkatkan kolagen. 

Kedua anak saya suka sekali dengan semua makanan yang memiliki tekstur renyah dan gurih. Saya sering membuat ayam krispi, tempe kriuk, tahu renyah dan lain sebagainya. Kali ini saya mendapatkan resep jamur renyah yang disiram dengan saus asam manis. Saat melihat gambarnya yang terlihat enak saya pun langsung mencoba membuatnya.

Sumber : Pinterest.com

Dengan manfaat sebanyak itu, saya makin semangat untuk membuat jamur renyah dengan saus asam manis ini untuk disajikan ke keluarga, berikut resep selengkapnya :

Bahan utama: 

250 gram jamur tiram

Bahan adonan :

100 gram tepung terigu

50 gram tepung maizena

Secukupnya garam dan kaldu bubuk

1 butir telur, dikocok lepas

Makanan Ini Tidak Disarankan Untuk Dihangatkan Berulang-Ulang

Bahan saus asam manis :

2 siung bawang putih, cincang halus

1/2 bawang bombay, potong-potong

4 – 8 buah cabe hijau besar atau sesuai selera, dipotong serong

1 buah tomat, di potong kecil

1 buah wortel, di potong seukuran korek api lalu rebus setengah matang

Secukupnya buah nanas atau mangga (optional)

Secukupnya air

3 sendok makan saos sambal 

1 sendok makan saos tiram

1 sendok makan kecap manis

Secukupnya lada, gula, dan garam

1 sendok teh tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air

 

Sumber : Dokumentasi Penulis

Cara membuat :

1. Cuci jamur tiram sampai bersih, lalu rendam dengan air panas selama kurang lebih 10 menit. Kemudian remas-remas hingga air hilang,  lalu suwir jamur atau potong-potong memanjang. Jika suka tampilan jamur yang masih utuh maka jamur bisa langsung disisihkan.

2. Campur semua bahan adonan dan siapkan telur yang sudah dikocok. Dengan menggunakan api sedang tuang minyak secukupnya ke dalam panci. Saya menggunakan panci ukuran sedang dengan diameter yang tidak terlalu lebar, agar tidak menggunakan minyak terlalu banyak tapi jamur bisa terendam sempurna saat digoreng.

3. Pertama-tama celupkan jamur satu persatu ke dalam telur. Lalu gulingkan secara rata ke dalam adonan tepung, setelah semua bagian jamur tertutup rata dengan tepung kibas-kibaskan. Kemudian goreng sampai jamur berubah warna. Sisihkan.

Resep Chicken Egg Roll

4. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai sampai harum dan layu. Kemudian masukkan tomat, wortel dan nanas atau mangga muda sambil diaduk. Kecilkan api dan tambahkan air, masukkan saus tiram, kecap, lada, gula dan garam. Aduk sampai rata dan tunggu sampai mendidih. Masukkan larutan maizena sambil terus diaduk hingga saus mengental.

5. Tata jamur tiram di atas piring, siram dengan saus asam manisnya.

Nah, bagaimana? Mudah kan cara buatnya? Waktu pembuatannya pun tidak lama. Cocok dijadikan lauk untuk makan siang maupun makan malam. Selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun tidak banyak dan mudah didapat apalagi jika Anda membuka hemat.id. Anda akan mendapatkan informasi promo-promo menarik yang sedang berlangsung di semua Supermarket sekitar Anda.

Bagikan cerita Anda bila Anda ikut membuat ulang resep ini. Apa reaksi keluarga Anda saat menyantap jamur krispi saus asam manis ini? Lalu apa yang ingin ditambahkan di resep ini jika menurut Anda bisa membuat rasanya lebih enak dan mantap. Tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya, semoga bermanfaat!

Sumber :

  1. Resep oleh Lisda Trijanto via Cookpad
  2. //hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-jamur-tiram/

 

 

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!