Resep Kwetiau Goreng Bakso

Menu kwetiau goreng adalah jalan ninja saya saat sedang kesulitan menemukan menu mingguan untuk keluarga saya. Menu ini cocok sekali untuk makan siang maupun sarapan. Tergantung mood dan selera anak-anak dan suami pada saat itu, bahkan Anda pun bisa membuat menu kwetiau sebagai makanan utama untuk makan malam.

Makan dengan kwetiau juga cukup mengenyangkan, karena kwetiau mengandung karbohidrat jadi dapat dijadikan makanan pengganti nasi. Kwetiau terbuat dari tepung beras atau tepung gandum yang mengandung kalsium, protein, zat besi  dan vitamin C sehingga kwetiau adalah makanan pengganti nasi yang menyehatkan dan baik juga dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang program diet.

Terdapat dua jenis menu kwetiau yang biasanya dijual di pasaran, yaitu kwetiau kering dan kwetiau basah. Yang membedakannya hanya pada teksturnya saja, sebelum diolah kwetiau kering harus direndam dengan air panas  lebih dahulu selama kurang lebih tujuh sampai sepuluh menit, angkat dan bilas dengan menggunakan air dingin untuk menghentikan proses pemasakan dan membuat tekstur kwetiau menjadi kenyal dan tidak mudah hancur saat diolah. Sedangkan kwetiau basah bisa langsung diolah.

Kwetiau juga bisa diolah menjadi seblak pedas, seperti resep seblak yang sudah pernah saya tulis dibawah ini.

Baca juga : Resep Seblak Pedas Lezat

 

Berikut ini resep kwetiau goreng bakso selengkapnya

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Bahan :

1 bungkus atau sekitar 250 gram kwetiau basah maupun kering

Secukupnya sawi hijau, potong-potong

5 sampai dengan 10 buah bakso sapi, potong-potong

1 bawang daun bawang, iris-iris

1 sendok makan kecap asin

1 sendok makan minyak wijen

2 sendok makan saus tiram

2 sendok makan kecap manis

½ sendok teh garam

1 sendok teh lada bubuk

¼ sendok teh penyedap rasa

Secukupnya minyak goreng

Temukan promo BAKSO di hemat.id

Bumbu halus :

6 buah bawang merah

3 buah bawang putih

3 buah kemiri yang sudah di sangrai

Cara Membuat :

  1. (Opsional) langkah ini boleh Anda lakukan atau diskip, biasanya saya suka membumbui dahulu kwetiau saya dengan kecap asin, minyak wijen, saus tiram dan juga kecap manis aduk sampai rata, diamkan beberapa saat. 
  2. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus sampai matang. Setelah bumbu halus matang masukkan bakso sapi dan sawi hijau, aduk sampai sayuran layu dan bakso matang.
  3. Tambahkan kwetiau yang sudah dibumbui, jika Anda memilih untuk tidak membumbui kwetiau terlebih dahulu maka masukkan kwetiau, aduk sampai rata beri air sedikit.
  4. Kemudian tambahkan kecap asin, minyak wijen, kecap manis, saus tiram, garam, lada dan penyedap rasa. Aduk sampai rata dan tes rasa.
  5. Jika rasanya sudah pas masukkan daun bawang dan kwetiau siap untuk dihidangkan.

Untuk pendamping Anda bisa menyediakan kerupuk udang dan acar, nikmati kwetiau selagi hangat. Anda bisa menggunakan bakso ayam atau ikan jika tidak suka bakso sapi dan mengganti sayurannya dengan bayam atau kubis.

Cek promo kwetiau di hemat.id

Resep ini bisa untuk 4-5 porsi sedang, atau seperti contoh hidangan makan malam saya di gambar diatas. Saya menyajikan kwetiau goreng bakso bersama ayam jamur, bakwan dan sambal. Anda bisa menyediakan masakan ini dalam waktu kurang lebih 20 menit dan langkah-langkahnya pun mudah. Jadi cocok sekali untuk Anda yang suka dengan masakan yang praktis, cepat dan hemat tapi rasanya nikmat.

Apakah Anda suka dengan resep ini? Apakah Anda memiliki resep kwetiau andalan yang bisa dibagikan di sini? Jangan lupa untuk ditulis di kolom komentar di bawah untuk membantu teman-teman yang sedang mencari olahan kwetiau lainnya ya sahabat hemat.

Sumber :

  1. id.wikipedia.org
  2. www.healthline.com