Memilih Smart TV Dengan Harga Terjangkau

Ada apa dengan Smart TV? Semenjak pandemi televisi jenis ini paling banyak dicari, termasuk keluarga saya. Suami adalah salah satu yang ngotot ingin membeli smart TV dengan alasan agar anak-anak dapat menyaksikan Youtube di layar yang lebih besar agar tidak membuat mata lebih cepat lelah.

Selain itu suami meyakinkan saya bahwa dengan anak-anak menonton Youtube di televisi kita makin bisa memperketat tontonan mereka di Youtube dan apa saja yang mereka tonton plus dengan iming-iming saya bisa menonton macam-macam review dan menonton acara memasak kesukaan saya di televisi akhirnya saya luluh juga.

Baca juga : Panduan Tepat Memilih TV : Ukuran, Fitur dan Jenis yang Anda Butuhkan

Sejarah smart TV

Tapi saya penasaran bagaimana awal mulanya televisi jenis ini mulai dikenal. Ternyata dimulai pada awal tahun 1980-an. Jepang memperkenalkan Smart TV untuk pertama kalinya dengan menambahkan chip LSI dengan memori dan generator ke penerima televisi yang memungkinkan pemirsa Jepang menerima campuran program dan informasi yang dikirim melalui jalur cadangan sinyal siaran televisi.

Yang kemudian terus dilakukan pengembangan sampai pada tahun 2015 produsen TV besar melakukan produksi Smart TV yang dapat mengakses konten yang dibuat pengguna, seperti Youtube, selain dapat terintegrasi internet dan interaktif web 2.0 fitur. Pemirsa juga dapat streaming musik dan video, browsing internet, dan meilihat foto. Bahkan Anda bisa bermain game yang dapat diunduh di playstore dan membeli console wireless.

Memilih Smart TV Dengan Harga Terjangkau, apa sih smart tv
Klik pada gambar untuk memperbesar

Beda smart TV dengan LED TV biasa

Sekilas kita tidak akan mengetahui perbedaan Smart TV dan LED TV biasa, karena secara fisik mereka sama. Kita akan tahu setelah diberi tahu penjual, perbedaannya tentu pada komponen yang ada di dalamnya. Smart TV dapat berfungsi jika terdapat jaringan internet untuk dapat mengakses ke aplikasi dan konten digital lainnya. Sebaliknya LED TV tidak memerlukan koneksi internet karena hanya bertindak sebagai layar dan terbatas pada kostomisasi khusus vendor.

Cara memilih Smart TV

Seperti membeli barang-barang lainnya Anda harus mengetahui dahulu apa saja yang Anda inginkan pada smart TV sebelum Anda pergi ke supermarket atau berbelanja online. Jika Anda belum tahu benar apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memilih sebuah smart TV, saya akan coba berikan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

1. Menentukan budget

Sepertinya poin yang ini akan selalu ada di daftar nomor satu saya, karena budget atau dana adalah poin penting sebelum Anda bisa melangkah lebih jauh. Cari tahu harga smart TV di pasaran baru Anda kemudian menentukan budget sesuai dengan keinginan Anda. Misal smart TV dengan ukuran 32 inci termurah harganya di atas Rp. 2.700.000-an jadi jika Anda menginginkan smart TV dengan ukuran lebih dari 32 inci maka Anda perlu dana diatas Rp. 5.000.000, dan seterusnya.

2. Menentukkan akan diletakkan di mana

Walau saya kurang menyarankan untuk meletakkan televisi di dalam kamar terutama kamar anak-anak tapi jika Anda berencana untuk meletakkan televisi di kamar anak-anak, saya sarankan untuk meletakkannya di dinding dengan jarak pandang yang sudah benar-benar diukur. Kemudian pilihlah ukuran televisi yang kecil karena hanya akan ditonton oleh satu sampai dengan dua anak saja tergantung berapa jumlah anak yang tidur di dalam satu kamar tersebut.

Jika akan meletakkan smart TV di ruang tamu atau ruang keluarga, lagi-lagi perhatikan ukuran ruangan yang dimiliki jangan sampai ukuran TV terbanting dengan ukuran ruangan yang besar dan sebaliknya.

3. Fitur-fitur yang diinginkan

Anda ingin smart TV yang Anda beli memiliki fitur-fitur apa saja? Bisa browsing, layanan streaming, aplikasi apa saja yang kompartable, kelengkapan Wifi, HDMI, USB, sampai dengan User Interface.

Perbanyak pengetahuan Anda mengenai smart TV yang ada di pasaran dan ketahui keinginan keluarga agar semua anggota keluarga dapat menikmatinya

4. Sistem Operasi dari Smart TV

Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli smart TV maka Anda wajib memahami cara kerja dan cara mengoperasikannya, pahami dan pelajari buku petunjuk yang diberikan agar penggunaannya dapat maksimal. Karena jangan kaget tampilan remotenya saja sudah mengintimidasai karena ada banyak sekali tombol yang tersedia. Namun jika Anda sudah memahami cara kerjanya maka Anda akan mendapatkan pengalaman menyenangkan dalam menonton TV bersama keluarga.

Rekomendasi Merek Smart TV dengan harga terjangkau

Spesifikasi

Sharp

Toshiba

Sharp

Panasonic

seri LC-32SA4500i 32L5995 C32BG1 TH-32HS500G
Resolusi 1366 x 768 1366 x 768 1366 x 768 1366 x 768
HD Yes Yes Yes Yes
Android Yes Yes Yes Yes
Ukuran layar 32 inch 32 inch 32 inch 32 inch
Jenis layar LED LED LED LED
Dimensi 73.1 x 46.6 x 7.5 cm 730 x 478 x 186 mm 1122 x 666 x 74 mm 732 x 439 x 83 mm
Berat 4.9 kg 4.3 kg 5 kg 4 kg
Daya 45 watt 150 watt 57 watt 60 watt
Fitur

Video in

USB port

HDMI port

Headphone

LAN

Wireless mirroring

Easy Smart

Antenna Booster

Wallpaper Mode

HD-Ready TV with LED Backlight

HDMI

USB

Headphone

Colour Enhancement, Wide Colour

2 Built-in speaker

Netflix

Chromecast

Azan reminder

Chrome cast

Bluetooth

Smart device control

Antena booster

HDMI

Video in

USB

LAN

Headphone

Youtube

Netflix

Google assistant

easy mirroring

Web browser

Media player

USB

HDMI

LAN

Bluetooth

Untuk harga saya lihat tidak terlalu jauh dari harga LED TV pada umumnya, tergantung fitur yang dimiliki, ukuran dan merek tentunya, berikut beberapa rekomendasi Smart TV dengan harga terjangkau versi Hemat.id yang perbandingan spesifikasinya bisa anda lihat pada tabel diatas.

rekomendasi smart tv Sharp LC-32SA4500i | HD-Ready Easy Smart 2.0
Klik pada gambar untuk detail produk

Sharp LC-32SA4500i | HD-Ready Easy Smart 2.0

Sharp LC-32SA4500i menyajikan pengalaman menonton TV menjadi lebih nyaman dengan pencahayaan layar yang lembut bagi penglihatan. Resolusi HD 1366 x 768 Pixels menghasilkan kualitas gambar tajam dengan warna lebih detail dan akurat. Dilengkapi dengan X2 master engine yang mampu memadukan warna kontras pada area gelap dan terang yang lebih baik terdeteksi mata dan memanjakan daya penglihatan.

Fitur didalamnya sudah termasuk Youtube dan Google Searching, terdapat antenna booster sehingga Anda tidak perlu repot membeli antena tambahan karena dengan antenna booster akan memperkuat sinyal yang diterima antena untuk hasil gambar yang lebih jernih dan detail.

Terdapat perlindungan 5 tahun untuk panel dan spare-part LED TV (syarat dan ketentuan berlaku). Kemudian dilengkapi tujuh perlindungan dari petir, perlindungan dari beban berat, perlindungan voltase tidak stabil, perlindungan terhadap jatuh, perlindungan terhadap stabilitas produk, perlindungan terhadap getaran, dan perlindungan terhadap temperatur tinggi dan kelembaban.

Harga TV ini mulai dari Rp. 2.699.000 yang bisa Anda dapatkan di supermarket kesayangan dan website resminya.

Cek Promo Sharp LC-32SA4500i di Hemat.id

rekomendasi smart tv Toshiba Android 2K LED TV
Klik pada gambar untuk detail produk

Toshiba Android 2K LED TV

Toshiba 32L5995 adalah TV LED seri Android TV yang sudah dilengkapi dengan fitur Cevo Engine, yang mana televisi ini dapat menganalisa dan mengatur kualitas gambar dan memproduksi gambar dengan lebih detail dan jernih. Didukung dengan port USB agar pengguna dapat menonton video atau melihat foto dari flashdisk.

Memiliki ukuran layar sebesar 32 inci dan resolusi layar : 1366 x 768 Pixels, sehingga dapat memberikan pengalaman menonton jadi lebih menyenangkan. Anda bisa streaming video langsung dari TV, menangkap siaran TV digital baik dari parabola maupun antena biasa.

Konsumsi daya 150 watt, dilengkapi dengan kabel HDMI 3 dan USB 2. Harga Toshiba 32L5995 ini mulai dari Rp. 3.299.000 dan bisa Anda dapatkan di berbagai supermarket dan website resminya.

Cek Promo Toshiba Android 2K LED TV di Hemat.id

rekomendasi smart tv Sharp Android TV-C32BG1 I Full-HD With Go
Klik pada gambar untuk detail produk

Sharp Android TV-C32BG1 I Full-HD With Go

Sharp 2T-C32BG1I | Android TV LED TV mampu menghasilkan objek visual yang tajam sehingga pengguna dapat menikmati gambar dengan hasil yang memuaskan, lebar layar : 32 inci, resolusi layar : 1368 x 768 Pixels. Dilengkapi dengan  video colour system : PAL, SECAM, NTSC 3.58, NTSC 4.43, PAL 60, antenna booster, Browser, Youtube, Goggle Assistant, pengingat waktu sholat, child timer, serta konsumsi daya yang hanya sebesar 57 watt saja.

Android TV ini memiliki harga mulai dari Rp. 3.499.000 yang bisa Anda dapatkan di supermarket dan website resminya.

Beli Sharp Android TV-C32BG1 di Courts BTM

Beli Sharp Android TV-C32BG1 di Courts Bintaro

Beli Sharp Android TV-C32BG1 di Courts Ciledug

Beli Sharp Android TV-C32BG1 di Courts Megastore KHI

Beli Sharp Android TV-C32BG1 di Courts MBH

rekomendasi smart tv PANASONIC LED ANDROID TV 32 INCH TH-32HS500G
Klik pada gambar untuk detail produk

 

PANASONIC LED ANDROID TV 32 INCH TH-32HS500G

Panasonic TH-32H410G ukuran layarnya sebesar 32 inci dengan resolusi HD ready 1366 x 768 Pixels. Didesain untuk meningkatkan pengalaman Anda menonton dengan warna alami dan nyata, mengingkatkan kecerahan dan menambah detail gambar. Dilengkapi dengan 2 HDMI input Anda akan dihibur Audio Visual canggih dan lengkap, dari BD Player dan gaming console terbaru. Kemudian terdapat pemutar video, foto atau musik di layar televisi Anda dengan menggunakan media player. Didukung sistem operasi Android, jadi Anda bisa nonton Netflix, Google Play Movie, atau nonton video di Youtube. Selain itu Anda juga bisa mengunduh beberapa aplikasi yang akan memperkaya fitur TV Android Panasonic ini, dilengkapi juga dengan google asistant dan Chomecast.

Konsumsi daya hanya 50 watt, terdapat fitur hotel mode, adaptive backlight dimming, CBX-TV, Narrow Bezel, dan masih banyak lagi. Harga televisi ini mulai dari Rp. 2.899.000 yang bisa Anda dapatkan di supermarket favorit Anda dan keluarga atau di website resminya.

Cek Promo Panasonic TV di Hemat.id

Kelebihan dan kekurangan memiliki smart TV

Jika anda memiliki anak-anak berumur sekolah seperti saya, pasti kan dahulu anda dan anak anda memiliki perjanjian yang jelas. Jam berapa boleh menggunakan smart TV dan berapa lama, kemudian tentukan hukuman apa yang mereka akan dapatkan jika melanggarnya.

Punya barang elektronik yang memiliki tekhnologi terupdate memang bisa menjadi dua mata pisau buat kita orang tua tapi dengan komitmen dan kesepakatan yang jelas, maka teknologi malah akan memberikan banyak manfaat.  Apa saja keunggulan dan kekurangan dari memiliki smart TV ini :

Keuntungan memiliki smart TV

1. Dapat mengakses browser dan Youtube

Fitur ini adalah fitur utama yang membuat smart tv diminati, karena Anda dapat mengakses kedua situs ini dengan lebih mudah melalui televisi. Jadi Anda hanya tinggal duduk manis di depan TV lalu memilih channel yang ingin Anda dan keluarga tonton, jadi Anda pun bisa mengetahui tontonan apa yang anak Anda tonton.

2. Beberapa merek smart TV dapat merekam dan memutar kembali tayangan yang tertinggal

Tergantung kapasitas penyimpanan yang dimiliki smart TV Anda, Anda bebas menyimpan dan memutar kembali tayangan yang tertinggal.

3. Dapat mengunduh aplikasi

Anda pun bisa mengunduh beberapa aplikasi penunjang seperti Netflix, video, bahkan game. Jadi memiliki smart TV benar-benar memanjakan kita yang pada saat ini masih harus tinggal dirumah.

4. Dapat menampilkan layar smarthpone

Salah satu fitur kesukaan saya adalah Anda bisa menampilkan layar Smartphone Anda ke televisi, bahkan saat Anda melakukan video call ke saudara dan teman. Sehingga anda dapat lebih puas melepas rindu bersama keluarga dengan menatap di layar yang lebih lebar.

5. Mudah perawatannya

Karena makin banyak yang menggunakan smart TV maka orang yang dapat memperbaiki smart TV pun makin banyak, jadi Anda tidak perlu khawatir jika smart TV Anda mengalami kerusakan karena pada dasarnya komponen LED TV biasa dan smart TV sama.

6. Dilengkapi dengan asisten suara

Untuk mengaktifkan fitur ini Anda harus menyetelnya dahulu, lihat informasi lebih lanjutnya di buku petunjuk masing-masing smart TV Anda. Dengan asisten suara ini Anda tidak perlu repot menulis dengan tombol di kotak pencarian, Anda tinggal mengucapkan nama pencarian yang Anda inginkan maka secara otomatis akan tertulis. Anda bahkan bisa menyalakan dan mematikan televisi Anda hanya dengan asisten suara tanpa menggunakan remote.

Kekurangan memiliki smart TV

1. Jaringan internet stabil

Anda harus memastikan jaringan internet Anda stabil untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lancar, karena smart TV sangat tergantung dengna jaringan internet. Terkadang jika jaringan internet sedang tidak bagus, kami pun tidak bisa menggunakan smart TV.

2. Menjadi lambat

Sama halnya dengan smartphone dan PC, smart TV Anda bisa menjadi lambat jika penyimpanan yang ada sudah penuh atau sudah hampir memenuhi kapasitas yang ada. Jadi pastikan Anda menghapus tayangan yang sudah ditonton untuk mengosongkan penyimpanan.

Kesimpulan 

Jika anda memiliki anak-anak berumur sekolah seperti saya, pasti kan dahulu anda dan anak anda memiliki perjanjian yang jelas. Jam berapa boleh menggunakan smart TV dan berapa lama, kemudian tentukan hukuman apa yang mereka akan dapatkan jika melanggarnya. Memiliki barang elektronik dengan teknologi ter-update memang bisa menjadi dua mata pisau buat kita orang tua tapi dengan komitmen dan kesepakatan yang jelas, maka teknologi malah akan memberikan banyak manfaat. Sebelum membeli, pastikan anda mencari info promo untuk harga yang lebih miring di aplikasi kliptalog ataupun hemat.id ya sahabat hemat.

Sumber :

wikipedia.org