Tips Membeli HP Terbaik Untuk Anak

Setiap orang tua pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, tidak terkecuali untuk urusan memilih gadget, mulai dari handphone hingga smartphone.

Bagi sahabat hemat yang sudah memiliki anak pasti pernah memiliki pengalaman yang sama, bimbang saat ingin membelikan handphone untuk anak. Bukan serta merta mengenai harga saja, tetapi juga beberapa kekuatiran terhadap pengaruh buruk seperti konten pornografi dan ketergantungan terhadap game dan sosial media. Belum lagi saat mata anak bisa menjadi terlalu lelah karena terus menerus menatap layar gadget.

Baca juga : Yang terjadi saat anak kecanduan gawai

Kalau sebelumnya, saat ingin membelikan handphone, sebagai orang tua, pasti lebih memilih untuk menunggu sampai anak benar-benar siap bertanggung jawab atas kepemilikannya.

Namun kini, semua berubah. Ketika memasuki masa pandemi COVID 19, semua kegiatan pembelajaran sekolah diterapkan secara online atau yang lebih dikenal dengan sebutan PLJJ (Pembelajaran Langsung Jarak Jauh), maka kebutuhan akan kepemilikan handphone untuk anak semakin meningkat.

Baca juga : Persiapan untuk anak belajar dirumah

Akibat adanya pergeseran fungsi, handphone kini tidak hanya sekedar sebagai alat komunikasi antara orang tua dan anak, tetapi juga sebagai media utama untuk menimba ilmu yang dilakukan rutin setiap hari, maka sudah pasti anak sebaiknya memiliki handphone sendiri. Dengan demikian, mereka bisa mengikuti pembelajaran sekolah setiap harinya tanpa bergantung atau bahkan mengganggu rutinitas atau aktifitas orang tua.

Dari sinilah kemudian muncul pertanyaan, handphone apa yang sebaiknya diberikan kepada anak?

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli HP untuk anak

hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih hp untuk anak
Klik pada gambar untuk memperbesar

Baca juga : Pertimbangan sebelum memberi gadget

Nah, sebelum menjawab pertanyaan di atas, sebaiknya kita pahami dahulu beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membelikan handphone untuk anak berikut ini ya, sahabat hemat.

Harga yang sesuai dengan fitur yang dibutuhkan

Harga mahal bukan yang utama, karena beberapa anak memiliki sifat terlalu cuek yang mengakibatkan mereka cenderung menjadi pelupa atau ceroboh saat meletakkan handphone atau smartphone mereka. Daripada membelikan yang mahal tapi fiturnya tidak terpakai maksimal, maka sebaiknya belikan handphone atau smartphone yang memiliki fitur-fitur penting yang dibutuhkan oleh anak seperti kamera dan kapasitas penyimpanan memadai.

Karena sesungguhnya, untuk keperluan belajar di rumah tidak diperlukan perangkat yang mewah. Bahkan menurut Lucky Sebastian, seorang pemerhati gadget asal Bandung, yang dikutip dari kumparan, menyatakan bahwa dalam kondisi saat ini, pemilihan handphone untuk keperluan belajar di rumah cukup dengan menggunakan handphone atau tablet dengan spesifikasi standar yang dijual di kisaran harga antara satu hingga dua juta rupiah.

Spesifikasi standar yang dimaksud di sini yaitu adanya kamera depan, OS Android versi di atas Kit Kat. Dan apabila memungkinkan, pilihlah handphone yang mendukung koneksi jaringan 4G. Sedangkan untuk penggunaan aplikasi multitasking, seperti Google Classroom, handphone sebaiknya memiliki kapasitas minimal RAM 2GB dan internal 32 GB.

Daya tahan HP dan baterai yang memadai

Kesibukan ataupun kecerobohan anak merupakan salah satu penyebab handphone atau smartphone miliknya sering jatuh. Maka dari itu, sebaiknya pilihkan telepon yang memiliki rangka kuat.

Pilih sebaliknya untuk daya tahan baterai, karena semakin cepat habis baterai berarti semakin sedikit juga waktu anak bersinggungan dengan handphone atau smartphone miliknya, bukan?

Fitur anti air

Dengan fitur ini, sahabat hemat dapat mengurangi pengeluaran ekstra untuk memperbaiki handphone yang rusak akibat terkena air saat anak sembarangan membawa atau meletakkan handphone miliknya.

Supaya tidak tertukar, sahabat hemat perlu memahami terlebih dahulu perbedaan antara fitur tahan air dan anti air. Menurut KBBI, kata tahan air didefinisikan sebagai keadaan yang tidak dapat rusak oleh air. Tapi, karena ia berada di level paling bawah untuk urusan ketahanan terhadap air, maka produk-produk berlabel tahan air atau water resistant disebut masih bisa kemasukan air jika digunakan dalam waktu cukup lama di dalam air.

Ada beberapa produk water resistant yang hanya tahan pada hujan atau percikan air, tapi ada pula yang dapat dibawa berenang hingga ke batas tekanan air yang dapat diterima produk. Tapi jangan sampai direndam ya, sahabat hemat. Karena sudah pasti air akan masuk ke dalamnya.

Dalam level ketahanan pada air, level paling atas yaitu waterproof. Dari namanya, istilah ini berarti bahwa air tidak bisa masuk sama sekali ke dalam produk atau bahan. Dalam bahasa Indonesia, istilah yang tepat menggambarkan keadaan ini bukanlah anti air, melainkan kedap air. Produk waterproof biasanya memiliki IP, alias Ingress Protection Rating, yang menjadi ukuran efektivitas produk dalam tingkat kekedapannya. Kode sertifikasi IP dengan dua angka di belakangnya menunjukan bahwa semakin tinggi nomor yang digunakan, tingkat ketahanannya akan semakin baik.

Berhubung handphone yang dilengkapi dengan fitur anti air umumnya dijual dengan harga tinggi dikarenakan biaya pembuatannya pun lebih mahal. Maka untuk anak, sahabat hemat bisa memberikan handphone yang tahan air, dengan catatan anak juga harus bisa bertanggung jawab menjaga handphone atau smartphone miliknya.

Fitur Keamanan

Beberapa handphone sudah memiliki parental control bawaannya sendiri. Namun jika tidak, anda bisa mengunduh banyak aplikasi kontrol di playstore. Selain itu, usahakan untuk membelikan handphone yang dilengkapi pengaman sidik jari untuk memastikan bahwa hanya orang tertentu yang dapat mengakses data di dalam handphone tersebut.

Bijak memilih provider dan kuota internet

Sebuah smartphone tidak akan menjadi “smart” apabila tidak didukung dengan jaringan internet yang baik dan lancar. Pemilihan provider jaringan seluler dan paket internet yang tepat serta sesuai kebutuhan tentunya menjadi kunci untuk menekan pengeluaran kita ya, sahabat hemat.

Cek promo : Rekomendasi hp untuk anak

Referensi Merek HP untuk Anak

Sebagai referensi, berikut ini beberapa contoh merk handphone atau smartphone yang dibanderol dengan harga jual sekitar 1 juta-an. Spesifikasinya sudah bisa memenuhi kebutuhan dan menemani keseharian anak dalam beraktifitas, terutama di masa sekolah online atau pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID 19 seperti saat ini.

1. Advan G3 Pro 2020

Rekomendasi hp untuk anak belajar dirumah hp Advan G3 Pro 2020
Klik pada gambar untuk melihat promo HP Advan G3

Spesifikasi:

Layar : Pro WaterDrop Screen
Dapur pacu : Unisoc SC9863A dengan RAM 4GB dan ROM 64GB
Baterai : 3.000 mAh
Kamera belakang : 12MP + 2MP AF dengan bukaan /f2.2
Kamera depan : resolusi 8MP juga dengan bukaan /f2.2
Resolusi Video : 1080p@30fps
Sistem operasi : android Pie 9.0
Warna : Jade Green, Peacock Blue
Harga : Rp 1.599.000

Keunggulan:

  • Desain mewah dan elegan,
    Sentuhan glossy dan refleksi warna yang menarik ditambah desainnya yang kekinian serta pilihan warna biru yang eye catching membuat handphone ini terlihat mewah dan berkelas
  • Memori cukup besar,
    Hadir dengan RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan 64 GB membuatnya lebih unggul dibanding ponsel sekelasnya
  • Layarnya bagus, reproduksi warna bagus dan sudut pandang luas
  • Kamera cukup bagus
  • Paket bundling dengan earphone JBL
  • Sudah tersedia finger print dan face unlock

Kekurangan:

  • Chipset low performance
  • Kamera depan kurang baik
  • Tangkapan kamera belakang kurang optimal bila pencahayaan kurang
  • Baterai masih 3000 mAh

2. Nokia 6

Rekomendasi hp untuk anak belajar dirumah hp nokia 6
Klik pada gambar untuk melihat promo HP nokia 6

Spesifikasi:

Layar : IPS LCD berukuran 5,5 inch dan ditenagai Snapdragon 430
Dapur pacu : RAM 3 GB dan memori 32 GB
Baterai : 3.000 mAh
Kamera : 16 MP f/2.0 dan kamera depan 8 MP f/2.0.
Sistem operasi : android 7.1 Nougat
Warna : Arte Black, Matte Black, Tempered Blue, Silver, Copper
Harga : Rp 1.749.000

Keunggulan:

  • Desain menarik
    Paduan bahan dasar aluminium bermutu tinggi dan kaca LCD 2.5D yang melengkung pada bagian depan membuat tampilannya terkesan premium
  • Dual SIM hybrid, satu slot untuk 2 SIM card dan 1 memori card
  • Kaca dilapisi corning gorilla glass 3
  • Kualitas layar sangat baik
  • Otak canggih, octa core
  • Ruang penyimpanan lega

Kekurangan:

  • Baterai tanam kapasitas kecil belum fast charging
  • Belum memakai USB tipe C
  • Masih menggunakan android 7.0 (nougat), update O.S. menjadi android 9.0 (pie) butuh waktu semalaman
  • Masih menggunakan kamera tunggal

3. Realme C3

Rekomendasi hp untuk anak belajar dirumah hp realme C3 promo
Klik pada gambar untuk melihat promo HP realme C3

Ukuran layar : 6,52 inch dengan resolusi HD Plus
Ada notch tetesan air di bagian atas yang memuat kamera depan
Layar : IPS LCD dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3
Baterai : 5.000 mAh
Dapur pacu : Helio G70 dengan RAM 3 GB ROM 32 GB
Kamera belakang : 12MP f/1.8 untuk kamera utama, 2MP f/2.4 untuk kamera portrait dan 2MP untuk kamera makro
Harga : Rp 1.899.000

Keunggulan:

  • Memiliki 3 kamera belakang
  • Performa kencang,
    Mampu menjalankan game berat, multi tasking, dan memori yang cukup besar RAM 3GB Memori 32 GB
  • Daya tahan baterai 5000 mAH
  • Fingerprint di bagian belakang
  • Desain menarik dengan konsep sunrise design, bodi belakangnya mengusung konsep matahari terbit
  • Tahan percikan air
  • Android 10

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi fast charging
  • Belum memakai USB tipe C
  • Walau dilengkapi 3 kamera, hasilnya belum maksimal

4. Samsung Galaxy A10s

Rekomendasi hp untuk anak belajar dirumah hp Samsung Galaxy A10s
Klik pada gambar untuk melihat promo HP samsung galaxy A10s

Layar : IPS LCD 6,2 inchi, 720 x 1.520 HD+ pixels
Dapur pacu : Mediatek Helio P22, PowerVR GE8320 dan RAM 2 GB, ROM 32 GB
Baterai : 4.000 mAH
Kamera belakang : 13MP dengan aperture f/1.8 dan 2MP dengan aperture f/2.4
Kamera depan : 8MP dengan aperture f/2.0
Resolusi video : 1.080p@30fps
Warna : hijau, merah, hitam
Harga Rp 1.749.000

Keunggulan:

  • Dua kamera belakang cukup bagus
    Karena memiliki bukaan besar jadi bisa menyerap banyak cahaya, bisa optimal walau cahaya kurang
  • Kamera selfie 8 MP cukup bagus dibanding seri sebelumnya
  • Layarnya lebar
  • Daya tahan baterai 4000 mAh
  • Prosesor octa core dengan RAM 2 GB
  • Sensor biometerik: face unlock dan fingerprint
  • Android 9 Pie

Kekurangan:

  • Desain monoton, belum menunjukkan peningkatan.
  • Belum fastcharging

5. Xiaomi Redmi 8

Rekomendasi hp untuk anak belajar dirumah hp Xiaomi Redmi 8
Klik pada gambar untuk melihat promo HP Xiaomi Redmi 8

Layar : 6,22 inch dengan PS LCD dengan Gorilla Glass 5
Dapur pacu : Snapdragon 439
Baterai 5.000 mAh (dengan fitur pengisian cepat 18W sehingga dalam waktu 2,2 jam ponsel terisi penuh. Memiliki waktu standby hingga 25 hari dan sanggup memutar musik 180 jam, dan bertelepon 28 jam)
Fitur lain : mendukung USB Type C dan tahan air
Kamera belakang : 12 MP f/1.8 + 2 MP
Kamera depan : 8 MP f/2.0. Resolusi videonya 1080p@30fps
Sistem operasi : Android 9.0 Pie
Warna : Onyx Black, Ruby Red dan Sapphire Blue
Harga : Rp 1.600.000

Keunggulan:

  • Desain berkesan premium,
    Bagian depan menggunakan notch dan kamera berjajar di tengah pada bagian belakang
  • Daya tahan baterai 5000 mAh
  • Mendukung fast charging
  • Layar cerah dengan corning gorilla glass 5
  • Dua kamera belakang dengan hasil baik
  • Tahan percikan air
  • USB tipe C

Kekurangan:

  • Chipset mengalami penurunan dibanding seri 7
  • Tidak ada notifikasi LED
  • Kamera kurang bagus untuk kondisi kurang cahaya

6. Infinix Hot 9 Play

Rekomendasi hp untuk anak belajar dirumah hp Infinix Hot 9 Play

Baterai : 6.000 mAh (dapat mendukung aktivitas seharian)
Layar : IPS LCD 6,82 inch dengan rasio 20,5:9
Dapur pacu : MediaTek Helio A25 dengan RAM 4 GB
Memori internal : 64 GB
Kamera : tiga kamera yang sensor utamanya 13MP, lalu 2 MP AI dengan resolusi video 1080p@30fps
Kamera depan : 8MP wide dengan flash
Sistem operasi : Android 10
Harga : Rp 1.599.000

Keunggulan:

  • Kapasitas baterai 6000 mAh
  • Ukuran layar sangat besar
  • Slot khusus untuk memori card
  • Dual kamera dengan kemampuan dan hasil bidik baik pada pencahayaan yang cukup
  • Performa chipset cukup oke
  • Tampilan desain berkelas dengan garis garis seperti potongan berlian di bagian belakang

Kekurangan:

  • Memori internal dan RAM kecil
  • Belum ada fast charging
  • Belum ada stabilizer pada kamera

7. Vivo Y11

Rekomendasi hp untuk anak belajar dirumah hp vivo Y11
Klik pada gambar untuk melihat promo HP Vivo Y11

Baterai : 5.000 mAh
Dapur pacu : Snapdragon 439
Layar : 6,35 inch dengan kunci sidik jari di belakang
Kamera depan : 8 MP f/1.8 dan dilengkapi AI face beauty
Kamera belakang : 13 f/2.2 dan 2 MP f/2.4 mendukung efek bokeh yang didukung AI atau kecerdasan buatan
Warna : coral red dan jade green
Harga : Rp 1.899.000

Keunggulan:

  • Baterai besar 5000 mAh
  • Desain menarik, bagian belakang gradasi vertikal dan menggunakan material seperti kaca
  • Dual kamera

Kekurangan:

  • Kapasitas penyimpanan kecil
  • Tidak dilengkapi fast charging

8. Oppo A12

Rekomendasi hp untuk anak belajar dirumah HP oppo A12
Klik pada gambar untuk melihat promo HP Oppo A12

Baterai : 4.230 mAh dan dilengkapi fitur pengisian cepat 10W
Dapur pacu : Helio P35 dengan RAM 3 GB
Memori internal : 32 GB
Kamera belakang : 13 MP f/2.2 dan 2 MP f/2.4
Kamera depan : 5 MP f/2.0 yang difungsikan untuk Face Recognition
Layar : 6,22 inch dengan resolusi 1520 x 720 pixel
Sistem operasi : Android 9.0 dengan ColorOS 6.1.2
Warna : hitam dan biru
Harga Rp 1.899.000

Keunggulan:

  • Memiliki slot khusus memori internal
  • Daya baterai 4230 mAh
  • Dirac audio, kemampuan menyesuaikan kualitas audio dengan fitur yang sedang aktif
  • Layarnya cukup besar
  • Fitur face unlock
  • Desain dengan aksen unik, aksen berlian

Kekurangan:

  • Layarnya masih memakai IPS LCD yang boros menyedot daya, bukan amoled
  • Belum fast charging
  • Fitur kamera biasa saja, tidak ada yang istimewa

9. Oppo Reno 5

Selain beberapa contoh handphone ekonomis yang dibanderol dengan harga jual 1 juta-an diatas, apabila sahabat hemat berkeinginan untuk memberikan hadiah spesial dan memanjakan anak-anak yang hobi fotografi dan video, OPPO juga hadir membawa produk andalannya yaitu OPPO reno 5 dengan spesifikasi :

Layar AMOLED 90Hz
Fitur NFC
AI Mixed Portrait untuk Hasil Video Atraktif
Dual Video View untuk Gambar Lebih Luas
Quad Camera yang Lebih Gahar
50 Watt Flash Charging
Kaya Fitur Menggunakan ColorOS

Rekomendasi hp untuk anak belajar dirumah hp oppo reno 5

Beli OPPO reno 5 di Courts BTM

Beli OPPO reno 5 di Courts Bintaro

Beli OPPO reno 5 di Courts Ciledug

Beli OPPO reno 5 di Courts Megastore KHI

Beli OPPO reno 5 di Courts MBH

Berat: 171 gram
Material: Kaca depan Corning Gorilla Glass 3, plastik polikarbonat dengan 7 lapisan pada bagian belakang
Layar: AMOLED, 6,43 Inch (Rasio layar ke body ~85,6%)
Resolusi Layar: 1080 x 2400 pixels
Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720 g (8 nm)
CPU: Octa-Core (2×2.3 Ghz Kryo 465 Gold & 6×1,8 Ghz Kryo 465 Silver)
GPU: Adreno 618
RAM: 8 GB
Memori Internal: 128 GB
Kamera Belakang: 64 MP (f/1.7, wide 26 mm, 1/1.73”, 0,8 µm, PDAF) + 8 MP (f/2.2, ultrawide 119 derajat, 1/4.0”, 1,12 µm) + 2 MP (f/2.4, macro) + 2 MP (f/2.4, depth/mono)
Kamera Depan: 44 MP (f/2.4, kamera wide 24 mm)
Bluetooth: 5.1, A2DP, LE, aptX HD
Sensor: Fingerprint (under display), geomagnetik, jarak, optik, akselerometer, gravitasi, giroskop, dan alat pengukur langkah
Baterai: 4.310 mAh (fast charging 50W)

Keunggulan:

  • Layar AMOLED cukup besar, refresh rate 90 Hz. Scrolling terasa smooth dan respon lebih cepat saat disentuh jari
  • Fitur fast charging yang mutakhir, mengisi baterai 100% hanya dalam waktu 48 menit
  • Desain bodi premium dan ramping
  • Banyak fitur kamera yang unik
  • Hasil foto yang bagus
  • Menyuguhkan jack audio 3.5 mm
  • Dilengkapi dengan fasilitas NFC, mempermudah transaksi cashless

Kekurangan:

  • Tidak memiliki stereo speaker
  • Tidak ada peningkatan chipset

Dapatkan penawaran menarik dan potongan harga untuk pembelian produk handphone OPPO Reno 5 di COURTS. Hanya berlaku untuk bulan Maret ini.

Cek promo : OPPO reno 5 di sini

Semoga… beberapa referensi tipe handphone di atas dapat membantu mempermudah sahabat hemat menjatuhkan pilihan saat membeli handphone yang tepat untuk buah hati tersayang.

Referensi:
kumparan.com
carisinyal.com
mojok.co
pindahlubang.com
harapanrakyat.com