Buat Pagimu Lebih Menyenangkan dan Produktif Sepanjang Hari dengan 7 Kegiatan Ini!

Suasana hati atau yang biasa kita kenal dengan mood menjadi salah satu faktor yang memengaruhi produktivitas kita. Seberapapun kita mencoba profesional dan mengabaikan faktor personal tersebut, hal itu nyata adanya. Bahkan, lebih spesifik lagi, sebuah studi menemukan bahwa mood kita di pagi hari sangat berpengaruh terhadap produktivitas kita hingga beberapa jam berikutnya. Mengawali hari dengan mood yang buruk bukan hanya memengaruhi kehidupan personalmu, tapi juga dapat menurunkan kualitas kerjamu di hari itu.

Baca juga tips produktif meski dirumah aja

Penelitian untuk mencari apakah mood memengaruhi produktivitas seseorang telah dilakukan beberapa kali. Salah satunya dilakukan oleh Nancy Rothbard dari Wharton School di University of Pennsylvania dan Steffanie Wilk dari Fisher College of Business di Ohio State University. Mereka menganalisa tingkat produktivitas beberapa customer service yang bekerja di sebuah perusahaan asuransi. Dari penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa seseorang yang punya mood yang cukup baik di pagi hari biasanya memiliki kualitas pelayanan pelanggan yang lebih baik sepanjang hari. Sebaliknya, mereka dengan mood yang buruk di pagi hari, cenderung kesulitan untuk memberikan pelayanan terbaik dan ritme kerja menjadi melambat.

Berdasarkan penelitian tersebut, maka bisa dikatakan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan mencoba membentuk mood yang baik, terutama di pagi hari. Tentu saja akan ada beberapa keadaan di luar kendali yang bisa memengaruhi suasana hati kita. Namun terlepas dari itu, kita juga perlu mengusahakan yang terbaik akan apapun yang ada dalam kendali kita. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa membuat pagimu lebih menyenangkan dan memungkinkan kamu untuk lebih produktif di sepanjang sisa hari!

Hindari Membuka Smartphone di Pagi Hari

Saking dekatnya dengan smartphone, kita sampai terlalu terbiasa bermain dengannya bahkan di sebelum dan setelah kita tidur. Padahal, hal ini dapat dikatakan cukup rawan untuk merusak mood kita di pagi hari. Apapun yang kamu lakukan dengan smartphone-mu, seperti memeriksa e-mail atau parahnya membuka media sosial, hal-hal itu berpotensi menurunkan semangatmu untuk menjalani hari. Selain itu, bermain smartphone tepat setelah kita bangun tidur juga rawan membuat kita lupa waktu dan memberikan mood bermalas-malasan di tempat tidur.

Meski sulit di awal, sebisa mungkin hindari membuka smartphone di pagi hari. Jika hal ini sangat sulit kamu lakukan karena smartphone yang ada di samping tempat tidur kamu, maka persiapkan ini bahkan sebelum tidur. Letakkan smartphone di tempat yang jauh dari jangkauan tempat tidur kamu. Kamu juga bisa mematikan perangkat tersebut atau mematikan sambungan internetnya untuk memastikan ia tidak mengganggumu di pagi hari. Dengan begini, kamu akan lebih fokus dengan dirimu sendiri dan sekitarmu setelah kamu bangun tidur. Kamu juga akan terhindar dari kemungkinan besar lupa waktu dan bermalas-malasan di tempat tidur.

Membersihkan badan

Sumber: Pinterest

Setelah bangun tidur, hal pertama yang penting untuk kamu lakukan adalah membersihkan badan terlebih dahulu. Membersihkan badan yang dimaksud di sini adalah mencuci tangan, mencuci muka, dan menggosok gigi. Meski sepele, kegiatan ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan karena akan membuatmu lebih fresh dan lebih bangun. Selain itu, badan yang terasa bersih dan nafas yang segar juga akan meningkatkan mood-mu untuk melanjutkan rutinitas pagi berikutnya. 

A moment with yourself

Di tengah hari yang sibuk, kamu akan kehabisan waktu untuk mengobrol dengan diri sendiri. Pagi hari adalah saat yang sangat tepat untuk melakukan hal itu. Sempatkan beberapa menit untuk bernafas, mengevaluasi hari kemarin, dan mengucapkan syukur. Kamu juga bisa melakukan ini setelah beribadah ataupun setelah bermeditasi. Ungkapan kebaikan dan rasa syukur yang kita sampaikan setiap hari dipercaya akan memberikan banyak sekali manfaat ke dalam kehidupan kita, baik personal maupun profesional.

Olahraga

Setelah beribadah, bermeditasi, mengungkapkan rasa syukur dan mengevaluasi hari kemarin, kamu bisa melanjutkan harimu dengan berolahraga. Banyak sekali orang yang enggan berolahraga padahal olahraga memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh kita secara fisik. Berolahraga, terutama di pagi hari, akan membuat tubuh kita bergerak lebih aktif sehingga nantinya akan lebih siap untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Untuk apa sih saya berolahraga?

Ada banyak jenis olahraga yang bisa menjadi pilihan di pagi hari. Salah satu alternatif terbaik adalah lari atau jogging. Selain bisa menggerakkan tubuh dan melatih jantung dengan baik, lari di pagi hari ketika udara masih terasa sangat segar juga bagus untuk paru-paru kita. Paru-paru yang berfungsi dengan baik akan memompa lebih banyak oksigen ke otak sehingga kita dapat berpikir dengan lebih jernih dan lebih kreatif.

Namun, jika kamu tidak punya banyak waktu untuk berolahraga dan lebih memilih untuk berolahraga di indoor, kamu juga bisa melakukan simple workout selama 15 sampai 45 menit di dalam rumah. Workout ini sangat membantu kamu mengatasi pegal-pegal atau rasa tidak enak badan setelah tidur selama 8 jam. Jangan lupa untuk meminum air putih setelah berolahraga agar tubuh tetap terhidrasi.

Olahraga dirumah aja, bisa banget

Mandi dan berpakaian rapi

Setelah berolahraga, badan akan terasa gerah dan penuh dengan keringat. Untuk kembali menyegarkan dirimu, maka kamu perlu mandi. Mandi setelah berolahraga adalah salah satu momen menyegarkan favorit di pagi hari, karena membuat kita merasa lebih siap untuk menjalani hari. Mandi di pagi hari juga menjadi waktu yang tempat untuk mencuci rambut (keramas). Kamu punya cukup waktu untuk membiarkannya kering sendiri tanpa menggunakan hair dryer terus menerus. Hal ini akan mengurangi resiko kerusakan rambut akibat pemakaian hair dryer yang terlalu sering.

Meskipun kamu adalah seorang pekerja yang work-from-home, tak ada salahnya juga untuk tetap berdandan dan berpakaian rapi. Penampilan yang rapi akan membangun suasana yang baik untuk menjadi lebih produktif. Ini juga merupakan salah satu bentuk kamu menghargai dan menyayangi dirimu sendiri, karena kamu berdandan untuk dirimu sendiri dan bukan untuk impresi orang lain.

Baca juga tips WFH ini

Membuat sarapan

Sumber: Pinterest

Tanpa disadari, sarapan menawarkan banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh kita. Mulai dari sebagai sumber energi hingga menurunkan kadar gula darah. Saking pentingnya, banyak pakar gizi yang sangat menyarankan kita untuk tidak melewatkan sarapan apapun yang terjadi. Jadi, setelah mandi dan berpakaian rapi, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat sarapan untuk kemudian disantap sebagai sumber energimu di pagi hari. 

Menu sarapan sendiri sebenarnya sangat bermacam-macam. Setiap negara, bahkan setiap daerah memiliki menu sarapan khas masing-masing. Namun, sebaiknya hindari jenis makanan yang terlalu berat agar tidak menguras terlalu banyak energi dari tubuh untuk mengolahnya. Pilihlah menu sarapan yang simple, sehat, dan mudah dibuat, sehingga tidak memakan banyak waktu. Misalnya oatmeal, roti, french toast, telur, dan lain sebagainya (untuk melihat promo sarapan praktis dan hemat, klik di sini).

Sarapan juga bisa menjadi salah satu momen tepat untuk sedikit bersantai di pagi hari. Jika kamu tinggal bersama orang lain seperti pasangan atau keluarga, sarapan bisa menjadi momen untuk mengobrol bersama mereka. Jika kamu tinggal sendiri, sarapan bisa menjadi moment me time kamu yang sangat berharga sebelum berangkat kerja. 

Plan your day

Selanjutnya, kamu bisa mulai memikirkan dan merencanakan harimu atau banyak yang menyebutnya journaling. Kamu bisa mulai dengan membuat daftar pekerjaan, tugas, atau event yang harus kamu selesaikan atau hadiri di hari itu. Setelah itu, kamu juga perlu mengevaluasi daftar pekerjaan di hari sebelumnya, apakah semuanya sudah selesai atau masih ada yang belum. Mengevaluasi diri dan membuat rencana yang baik dan masuk akal untuk harimu sangatlah bermanfaat untuk manajemen waktu.

Sambil journaling, kamu bisa mendengarkan musik favoritmu. Daripada mendengarkan lagu-lagu ballad, sangat disarankan untuk mendengarkan musik yang lebih ceria dan bersemangat di pagi hari. Lebih bagus lagi jika musik tersebut memberikan afirmasi positif untukmu yang siap menjalani hari. Musik yang ceria akan memberimu power dan semangat untuk menjalani hari dengan lebih bergairah!

Ada banyak hal baik yang bisa kita lakukan setiap pagi untuk meningkatkan mood kita atau menjaganya agar tetap baik agar hari kita juga baik. Jadi, daripada bermalas-masalan atau overthinking tentang apapun dalam hidup, akan jauh lebih baik jika kamu fokus ke hal-hal baik sekecil apapun itu. Apresiasi setiap perubahan sekecil apapun dalam hidup kita. Tentu saja, kadang kala ada momen di mana kita merasa lelah dan hilang arah. Meski sulit diterima namun hal itu sangat wajar kita alami sebagai seorang manusia yang jauh dari kata sempurna. Kita tidak bisa selalu bersyukur, kita tidak bisa menjadi terus positif. Namun, sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang selalu berusaha memperbaiki dirinya setiap hari. 

Dengan menerapkan sebagian atau ketujuh ide morning routine yang bermanfaat di atas bisa menjadi salah satu cara kita menjadi pribadi yang lebih baik. Rutinitas baik yang dijalankan berulang akan memberikan hasil yang baik pula. Tetap semangat sahabat hemat, salam sehat!

 

Referensi:

https://zapier.com/blog/morning-moods-and-productivity/, diakses pada 3 Desember 2020.

Behan, Mollie. 2014. Benefits of Breakfast. https://www.unh.edu/healthyunh/blog/2014/05/benefits-breakfast, diakses pada 3 Desember 2020.